Jakarta, 3 November 2020 bertempat di gedung Sekretariat Mahkamah Agung RI lt. 9, Ditjen Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara telah melaksanakan Acara Pembukaan secara virtual dan gabungan antara dua kegiatan Bimbingan Teknis yaitu Kegiatan Bimbingan Teknis Keuangan Perkara bagi Para Panitera Muda Perkara dan Bendahara Keuangan Perkara serta  Kegiatan Bimbingan Teknis Pemeriksaan Alat Bukti Elektronik di Lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara Tahun Anggaran 2020. Kegiatan diawali dengan laporan oleh Bapak Sudiyono, SH., MH. (Kasubdit Binmin Diltun) dan dilanjutkan dengan pengarahan oleh Ibu Hj. Lulik Tri Cahyaningrum, S.H., M.H. (Dirjen Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara).

Sebelum memberikan arahan, Dirjen Badilmiltun MA RI terlebih dahulu melakukan pengecekan kehadiran daripada peserta kegiatan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan para peserta kegiatan Bintek dalam mengikuti acara ini secara khitmat dan dapat menerima materi lebih maksimal. Dirjen menekankan agar peserta mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh serta mampu meningkatkan lagi kompetensinya,  menambah pengetahuan dan mampu bersaing dalam meningkatkan kompetensi, mengingat kedepan akan lebih besar lagi tantangan dalam pelaksanaan pekerjaan. “Jabatan adalah amanah, integritas seseorang sangat berpengaruh penting”, ucap Ibu Dirjen.

Setelah para peserta menerima pengarahan dari Dirjen, acara kemudian dilanjutkan di Kelas virtual masing-masing. Kegiatan Bimbingan ini dijadwalkan akan terlaksana  selama 3 hari, mulai dari tanggal 3 sampai dengan 5 November 2020.

Bintek TUN Tahun 2020

Jakarta 17 September 2020, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Badan Peradilan Tata Usaha Negara telah melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Persidangan Secara Elektronik  (E-Court) bagi Para Hakim di Lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara yang dilaksanakan secara online/daring. Kegiatan Bimbingan Teknis ini dilaksanakan mulai tanggal 14 s.d 17 September Tahun 2020 bertempat di Gedung Sekretariat Mahkamah Agung RI lt. 9 di ruang Rapat Besar dan dihadiri oleh 80 peserta.

Acara dibuka oleh ibu H. Lulik Tri Cahyaningrum, SH., MH. (Dirjen Badilmiltun MA RI). Dalam sambutannya belau menyampaikan harapanya agar kegiatan bimbingan teknis ini dapat berlangsung lancar dan materi yang disampaikan dapat diterapkan di satker masing-masing secara maksimal. Mengingat Persidangan secara Elektronik (E-Court) merupakan produk unggulan Mahkamah Agung RI, yang bila diterapkan sangat sesuai dengan kondisi saat ini. Selain itu E-Court merupakan upaya dalam mewujudkan kemudahan beracara di pengadilan.

Narasumber dalam kegiatan Bintek ini adalah Bapak Arya Suyudi, SH., LLM. , Bapak Heri Abduh, SH., MH., Bapak Yuliant Prajaghupta, SH., dan Bapak Dikdik Somantri, SH., S.Ip., MH. Acara ditutup kembali oleh Ibu Dirjen Badilmiltun pada hari Kamis, 17 September 2020 di Gedung Sekretariat Mahkamah Agung RI

pembukaan bimtek 21juli2020 

Jakarta – ditjenmiltun.mahkamahagung.go.id. Telah dilaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Penyelesaian Sengketa Pilkada Bagi Hakim dan Panitera Pengadilan Tata Usaha Negara secara daring menggunakan aplikasi Video Conference.

Kegiatan Bimtek ini dimulai dengan acara pembukaan oleh Bapak Didik Andy Prastowo, S.H.,M.H. selaku Plt. Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Tata Usaha Negara pada hari Selasa tanggal 21 Juli 2020 di Ruang Rapat Besar Direktorat Jenderal Badan Peradilan MIliter dan Peradilan Tata Usaha Negara lengkap dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung dengan penuh rasa hikmat.

Bimbingan Teknis Penyelesaian Sengketa Pilkada diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan, pengetahuan, wawasan dan profesionalitas para Hakim dan Panitera di Pengadilan Tata Usaha Negara didalam memeriksa, memutus dan menyelesaikan sengketa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara transparan dan akuntabilitas sehingga memenuhi rasa keadilan masyarakan dan kepastian hukum.

bimtek lagu 21juli2020res

Kegiatan Bimtek dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 21 sampai 23 Juli 2020 dan diikuti oleh 44 Hakim, 3 Panitera, 2 Panitera Pengganti dan 1 Panmud Hukum. Para peserta hadir mengikuti acara di satker masing-masing karena kegiatan dilakukan secara daring. Begitupun untuk narasumber yang yang berasal dari instansi lain, menyampaikan materinya dari tempat masing-masing dan tentu saja pelaksanaan Bimtek ini dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk menghindari penyebaran covid-19.

 

Materi Bimbingan Teknis

Beberapa materi dibawakan oleh beberapa narasumber yang berbeda pula seperti dibawah ini:

  1. Materi              : Tugas dan Wewenang Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia didalam melaksanakan Pengawasan Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah
    Narasumber    : Rahmat Bagja, S.H.,LL.M. (komisioner Bawaslu RI)
  2. Materi              : Pelaksanaan Kewenangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam Pilkada yang Cenderung Menimbulkan Sengketa
    Narasumber    : Hasyim Asy'ari, S.H.,M.Si.,Ph.D. (komisioner KPU RI)
  3. Materi              : - Sengketa Pelanggaran Administrasi Pilkada dan Tata Cara Penyelesaian Sengketa Proses Pilkada di PTTUN                     
                             - Prosedur dan Hukum Acara didalam Memeriksa, Memutus dan Menyelesaikan Sengketa Pilkada
    Narasumber   : Dr. Istiwibowo, S.H.,M.H. (KPT TUN Surabaya)
  4. Materi             : Study Kasus Sengketa Pilkada
    Narasumber   : Dr. Arifin Marpaung, S.H.,M.Hum. (Waka PTTUN Medan)

 

Kegiatan Bimbingan Teknis Penyelesaian Sengketa Pilkada Bagi Hakim dan Panitera Pengadilan TUN akhirnya ditutup oleh Plt. Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Tata Usaha Negara setelah laporan kegiatan dituturkan oleh Ketua Panitia Kegiatan, Sudiyono, S.H.,M.H. pada hari Kamis tanggal 23 Juli 2020 pukul 16:00.

Berita Duka 

Segenap keluarga besar Direktorat Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya Ibu Aida Zuraida, S.H., M.Si. Kasubbag Dokumentasi dan Informasi pada Ditjen Badilmiltun MA RI, semoga Allah SWT menerima amal kebaikannya dan mengampuni dosa-dosanya. Bagi keluarga yang ditinggalkan semoga diberi kesabaran. Amiin.


Bimbingan Teknis Implementasi Tanda Tangan Elektronik (Salinan Putusan) Bagi Para Panitera Di Lingkungan Peradilan TUN

Pada tanggal 17 s.d. 19 Februari 2020, Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara menyelenggarakan “Bimbingan Teknis Implementasi Tanda Tangan Elektronik (Salinan Putusan) Bagi Para Panitera  Di Lingkungan Peradilan TUN ”. Bintek yang diadakan di Hotel Mercure Jakarta Kota ini diikuti oleh 47 peserta yang terdiri dari para Panitera dan beberapa Admin IT di Lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara (TUN) se-Indonesia.

Bintek dibuka oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan TUN Mahkamah Agung RI, Ibu Hj. Lulik Tri Cahyaningrum S.H., M.H.  Dalam Pembukaan tersebut, Ibu Dirjen menyampaikan apresiasi dan harapan berkaitan dengan pemanfaatan teknologi informasi dalam pelaksanaan tugas-tugas peradilan yang sedang digalakkan oleh Mahkamah Agung, beliau meminta agar semakin menyiapkan diri dengan belajar dan bekerja lebih giat agar peradilan berbasis elektronik dapat diimplementasikan dengan baik  di lingkungan Peradilan TUN.

Hari kedua kegiatan dimulai dengan pemberian materi oleh narasumber dari Bapak Aria Suyudi SH, LLM, Tim Asistensi Pembaruan Peradilan Mahkamah Agung RI. Beliau menyampaikan materi mengenai latar belakang, pengertian dan keabsahan tanda tangan elektronik pada Salinan Putusan Elektronik dalam konteks E-Court. Pengertian dari salinan putusan elektronik sendiri merupakan salinan putusan yang disampaikan secara elektronik kepada para pihak melalui Aplikasi e-Court. Kemudian pada sesi selanjutnya materi kedua disampaikan oleh narasumber dari Badan Siber dan Sandi Negara  (BSSN). Materi yang disampaikannya yaitu mengenai Keamanan , Regulasi dan Efisiensi dalam penggunaan Tanda Tangan secara Digital. Selanjutnya pada sesi ketiga yang dilaksanakan setelah ishoma yaitu praktek implementasi tanda tangan elektronik (Salinan Putusan) yang di mentori oleh Stefanus Dwi Putra Medisa, S.Kom. dan Didik Irfan Setiawan, Amd.Kom. dari Tim Pengembangan IT MA RI. Tampak sekali antusias dari para peserta hingga kegiatan pun tetap dilanjutkan hingga malam harinya.

Kegiatan Bimtek yang berlangsung selama 3 hari ini diakhiri dengan acara penutupan pada hari rabu pukul 7.30. Acara ini ditutup oleh plt. Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administasi peradilan Tata Usaha Negara, bapak Didik Andy Prastowo, S.H., M.H. Diharapkan semua peserta dapat menguasai materi yang telah diberikan selama kegiatan berlangsung dan dapat menerapkannya nanti dengan baik dan efisien di satker masing-masing.

HUBUNGI KAMI

Ditjen Badilmiltun

Sekretariat Mahkamah Agung RI Lt. 9-10

Jl. A. Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat 10510

Telp. 021 - 29079177

Fax. 021 - 3505193

Email. This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Statistik Pengunjung

Hari Ini1355
Kemarin2131
Total Pengunjung555287

Informasi Pengunjung

  • Alamat IP Anda 3.219.31.204
  • Browser: Unknown
  • Browser Version:
  • Operating System: Unknown

9
Online

Login