1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

07 November 2017

Menemukan Hakim Yang Berakhlak Mulia

Etika atau tatakrama merupakan aturan perilaku yang mengatur pergaulan manusia, sehingga sesama manusia saling menghormati inilah dikenal dengan sopan santun, protokoler dan lain-lain. Sistem ini dapat menjaga kepentingan dan memberikan rasa senang, tenang, tentram, sesuai dengan hak-hak asasi maupun berdemokrasi secara umum. Aturan perilaku yang dijalankan dan dihormati secara konsisten dan konsekuen selanjutnya menjadi adat istiadat (etiket) dalam masyarakat. 

Akhlaq, etika dan moral memiliki persamaan empiris, namun juga memiliki perbedaan. Akhlaq adalah sifat dan watak (pembawaan dari lahir)  yang melekat pada diri seseorang (internal) yang dapat memunculkan atau merefleksikan perbuatan tanpa mempertimbangkan pikiran terlebih dahulu atau tidak dibuat-buat (refleks). Perilaku yang muncul dapat positif / baik, juga dapat menimbulkan perilaku yang tidak baik / menyimpang. Etika adalah aturan perilaku manusia dalam pergaulan antara sesamanya dan menegaskan mana yang baik dan mana yang buruk, baik dan buruknya perilaku manusia menggunakan tolak ukur akal pikiran atau rasio.

Dalam etika mengandung makna adanya tatanan dan tuntunan yang sengaja dibuat oleh manusia (eksternal) agar dipatuhi. Sedangkan moral dan susila merupakan tatanan dan tuntunan perilaku menggunakan tolak ukur norma-norma yang tumbuh dan berkembang serta berlangsung dalam masyarakat (adat istiadat). Baik akhlaq, etika dan moral merefleksikan perilaku yang sama, namun jati dirinya berbeda. Dalam etika dan moral, meskipun mewujudkan perilaku yang sama, namun dapat dilakukan karena keterpaksaan dan jika diukur dengan prinsip kejujuran, maka sebenarnya melakukan kepura-puraan saja.

Baca Selengkapnya


06 Nopember 2017

PENGUMUMAN HASIL RAPIM DAN TPM DI LINGKUNGAN PERADILAN MILITER TAHUN 2017

Diberitahukan dengan hormat bahwa berdasarkan hasil Rapat Pimpinan Mahkamah Agung R.I. dan Rapat Tim Promosi dan Mutasi (TPM) Hakim di Lingkungan Peradilan Militer tanggal 03 Nopember 2017, dengan ini kepada para Kepala agar memerintahkan para personil yang namanya tercantum dalam hasil promosi dan mutasi ini untuk SEGERA / Secepatnya mengirimkan berkas kelengkapan untuk pengurusan biaya pindah melalui :

1.  email ke Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya atau Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya

2.  Jasa titipan kilat yang ditujukan kepada Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara c.q. Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Lingkungan Peradilan Militer, Gedung Sekretariat Mahkamah Agung R.I. Lantai 9-10 Jl.Jenderal A.Yani Kav. 58 by pass Cempaka Putih Timur Jakarta Pusat 10510

Tidak diperkenankan untuk mengirimkan melalui faksimili karena hasilnya kurang jelas. Bagi mereka yang mutasi dan atau promosi, harus SEGERA melaksanakan tugas di tempat atau jabatan yang baru (setelah menerima SK Mutasi dan atau Promosi) sesuai dengan ketentuan Surat Edaran Ketua Mahkamah Agung R.I. Nomor 13 tahun 2009 tanggal 28 September 2009 tentang Promosi dan Mutasi Pegawai.

Untuk lebih jelasnya dapat diunduh pada Surat Dirjen Badilmiltun dibawah ini. Demikian untuk dimaklumi. (drm1075)

Surat Dirjen Badilmiltun No. 1386/DJMT/B/11/2017


06 November 2017

Perpisahan Dirbinganismintun, Yodi Martono Wahyunadi, Dengan Para Pejabat Struktural dan Staf di Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara

Jakarta - Selasa, 6 November 2017, diadakan acara perpisahan  Direktur Binganismin TUN dengan para Pejabat Struktural dan Staf di Lingkungan Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara. Karena pada keesokan harinya, Dr. H. Yodi Martono Wahyunadi, S.H., M.H. sudah dilantik menjadi Hakim Agung dan secara otomatis tidak lagi memimpin Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara. Acara perpisahan tersebut berjalan dengan sederhana dan cukup singkat, namun tidak kehilangan maknanya.

Selamat dan sukses kepada Bapak Dr. H. Yodi Martono Wahyunadi, S.H., M.H., selamat menjalankan tugas sebagai Hakim Agung, terimakasih atas bimbingan selama di Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Tata Usaha Negara, teriring doa kami dari segenap keluarga besar Badan Peradilan Militer dan Tata Usaha Negara. (ns)


06 November 2017

Kegiatan FGD Pengembangan Modul Monitoring dan Evaluation Pelatihan Berkelanjutan untuk Hakim TUN Putaran Kedua

Jakarta, selama dua hari (2–3 November 2017) bertempat di Hotel Akmani, Jl. KH. Wahid Hasyim No. 91, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat diadakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan Modul Monitoring dan Evaluation (monev) Pelatihan Berkelanjutan untuk Hakim dan Panitera PTUN. Maksud dan tujuan utama dari kegiatan monev yang akan dilakukan pada tahun 2018 nanti adalah untuk mengukur bagaimana efektifitas berbagai pelatihan yang telah diadakan selama kurun waktu tahun 2017, termasuk Diklat Sengketa TUN khusus bagi para Panitera PTUN pada Oktober 2016 lalu. Kegiatan FGD ini dimulai pukul 19.30 WIB (Kamis, 2 November 2017) dan sekaligus dibuka oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara Ditjenmiltun, Dr. H. Yodi Martono Wahyunadi, S.H., M.H. Kegiatan ini dihadiri oleh Dr. Arifin Marpung, S.H., M.Hum. (Wakil Ketua PTTUN), H. Lulik Tri Cahyaningrum (Hakim Tinggi Bawas MARI), Ujang Abdullah, S.H., M.Si (Ketua PTUN Jakarta), Sudarsono, S.H., M.H. (Hakim Yustisal Ditjenmiltun) dan Enrico Simanjuntak, S.H., M.H. (Hakim Yustisial Ditjenmiltun). Sedangkan dari pihak EU-Sustain-UNDP diwakili oleh Bpk. Robby Rahman, Bernadeta Yuni, Tyas Purbasari, Adinda Sekar Prastantri. Dalam arahannya Dirbinganismin Diltun, menyampaikan agar materi Monev yang akan disusun selama dua hari ini mampu mengarahkan dan mengembangkan sepenuhnya bagaimana kemampuan kepemimpinan (leadership) dari para Ketua PTUN dan para Hakim Peratun. Selain itu, materi Monev yang akan disusun diharapkan sekaligus mampu untuk menangkap dan mengidentifikasi manfaat nyata yang berdampak bagi peningkatan kualitas pelayanan organisasi kepada publik dari setiap kegiatan Diklat yang diadakan oleh Ditjenmiltun bekerjasama dengan EU SUSTAIN UNDP selama tahun 2017 ini. Materi pertanyaan yang akan disusun nantinya akan ditindaklanjuti dengan kunjungan langsung (on the spot) ke 5 (lima) sampel PTUN yang sebagai representasi unit kerja yang akan dilakukan monitoring dan evaluation.(enrico/ns)


03 November 2017

Daftar Hasil Rapat Promosi/Mutasi Tenaga Kesekretariatan Tanggal 30 Oktober 2017

Berdasarkan Hasil Rapat Promosi/Mutasi Tenaga Kesekretariatan pada tanggal 30 Oktober 2017, dengan ini disampaikan Daftar Hasil Rapat Promosi/Mutasi Tenaga Kesekretariatan pada 4 (empat) Lingkungan Peradilan (Peradilan Umum, Peradilan Agama, Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara) di Lingkungan Mahkamah Agung RI. 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunduh Lampiran Daftar Nama melalui tautan berikut : http://www.ditjenmiltun.net/promosi_mutasi_kesekretariatan30okt2017.pdf

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia 

(@x_cisadane)


03 November 2017

Pengumuman Kelulusan Akhir Seleksi Calon Hakim di Lingkungan Mahkamah Agung RI T.A. 2017

Mahkamah Agung RI, Mengumumkan Kelulusan Akhir Seleksi Calon Hakim di Lingkungan Mahkamah Agung RI tahun Anggaran 2017. Berdasarkan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi selaku Ketua Tim Pengarah (Panselnas) Nomor : B/554/S.SM.01.00/2017 tanggal 3 November 2017, bersama ini disampaikan pengumuman perihal peserta yang dinyatakan lulus Seleksi Calon Hakim Mahkamah Agung RI tahun Anggaran 2017 (sebagaimana tercantum dalam kolom keterangan dengan tanda L dan L-9, lampiran I).

Untuk informasi lebih lanjut silahkan mengunduh : 

  1. Surat SekMA : http://www.ditjenmiltun.net/11_pansel_ma_11_2017.pdf
  2. Lampiran I Peradilan Umum : https://www.mahkamahagung.go.id/media/4314
  3. Lampiran I Peradilan Agama : http://www.ditjenmiltun.net/lampiran_1_peradilan_agama.pdf
  4. Lampiran I Peradilan TUN : http://www.ditjenmiltun.net/lampiran_1_peradilan_tun.pdf
  5. Lampiran II Persyaratan Registrasi : http://www.ditjenmiltun.net/lampiran_2_persyaratan_registrasi.docx
  6. Lampiran III Surat Lamaran : http://www.ditjenmiltun.net/lampiran_3_surat_lamaran.docx
  7. Lampiran IV Daftar Riwayat Hidup : http://www.ditjenmiltun.net/lampiran_4_daftar_riwayat_hidup.pdf
  8. Lampiran V Surat Pengunduran Diri : http://www.ditjenmiltun.net/lampiran_5_surat_pengunduran_diri.doc

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia 

(@x_cisadane)


03 November 2017

Hasil Rapat Pimpinan dan Rapat TPM Hakim Peratun November 2017

Berikut diumumkan hasil Rapat Pimpinan dan Rapat TPM Hakim di lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara yang telah dilaksanakan pada hari Jum'at tanggal 03 November 2017 :

Pengumuman Hasil TPM Hakim Peradilan TUN 2017

(hr)



03 November 2017

Ralat Undangan Pelantikan / Pengucapan Sumpah 5 (Lima) Hakim Agung

Serta Pembinaan dan Pengawasan oleh Y.M. Ketua Mahkamah Agung

Sekretaris Mahkamah Agung meralat surat undangan Nomor : 957/SEK/PP.00.3/11/2017 tanggal 1 November 2017 perihal sebagaimana tersebut pada pokok surat, bahwa pada paragraph pertama baris ke lima telah tertulis sebagai berikut : 

"Kepada para wakil Ketua Pengadilan Tingkat Banding yang telah ditetapkan/mendapat Promosi sebagai Ketua/Wakil Ketua Pengadilan Tingkat Banding dalam Rapat Pimpinan/TPM terakhir."

Yang benar adalah : 

"Kepada para Wakil Ketua Pengadilan Tingkat Banding yang telah ditetapkan/mendapat Promosi sebagai Ketua Pengadilan Tingkat Banding dalam Rapat Pimpinan/TPM terakhir."

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunduh Surat Pemberitahuannya melalui tautan berikut : http://www.ditjenmiltun.net/959_sek_hm_00_11_2017.pdf

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia 

(@x_cisadane)


02 November 2017

Rapat Evaluasi Materi dan Kegiatan Pelaksanaan Akreditasi Penjaminan Mutu Peradilan Tata Usaha Negara Tahun 2017

Jakarta - Pada hari Rabu, 1 November 2017, Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara menyelenggarakan Rapat Evaluasi Bahan dan Kegiatan Pelaksanaan Akreditasi Peratun Tahun 2017 yang dihadiri oleh para Assessor dari Ditjen Badilmiltun. Rapat dipimpin oleh Boy Mirwadi, S.H., M.H, Hakim Tinggi PTTUN Jakarta mengantikan Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi yang berhalangan hadir karena harus menghadiri agenda rapat lainnya. Didalam rapat tersebut dibahas mengenai masukan-masukan dan koreksi terhadap materi Akreditasi, termasuk juga menelaah/membandingkan Akreditasi Peratun dengan konsep penjaminan mutu dari ICCE (International Consortium for Court Excellent) dan ICPE (Indonesian Court Performance Excellent). Selain itu dibicarakan juga mengenai kekurangan-kekurangan dalam pelaksanaan akreditasi, yaitu pada saat Tim Assessor turun ke lapangan (ke satker Pengadilan). Diharapkan dengan adanya evaluasi ini, pada Akreditasi Peratun Tahun 2018 akan menjadi lebih baik lagi. Hasil rapat kemudian akan dilaporkan kepada Direktur untuk mendapatkan arahan selanjutnya. (ns)


01 November 2017

Undangan Pelantikan 5 Hakim Agung Untuk Ketua dan Wakil Pengadilan Tingkat Banding

Menyusuli surat Sekretaris Mahkamah Agung Nomor : 954/SEK/PP.00.1/10/2017 tanggal 30 Oktober 2017 perihal Undangan Pelantikan/Pengucapan 5 (lima) orang Hakim Agung. Bahwa sesuai dengan perintah Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung, kepada seluruh Ketua Pengadilan Tingkat Banding pada 4 (empat) lingkungan peradilan, termasuk kepada para Wakil Ketua Pengadilan Tingkat Banding yang telah ditetapkan (mendapat) Promosi sebagai Ketua/Wakil Ketua Pengadilan Tingkat Banding dalam Rapat Pimpinan TPM Terakhir, dimohon kehadirannya pada acara pelantikan dimaksud. 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunduh Surat Pemberitahuannya melalui tautan berikut : http://www.ditjenmiltun.net/undangan_kpt_wkpt_pelantikan_5ha.pdf

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia 

(@x_cisadane)



JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL


Karya Tulis
Makalah

Tulisan dan Artikel warga Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara ( kirimkan tulisan anda pada kami melalui email ke redaksi@ditjenmiltun.net)

>> Klik disini <<

 
Serba Serbi
 
 
 
Aplikasi MA-RI
SIKEP MA-RI

Why IceTheme Club System Informasi Kepegawaian Online Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses oleh seluruh Pegawai Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Indonesia.

 
Keuangan Perkara

Why IceTheme Club Pelaporan Keuangan Perkara Online berbasis SMS yang bisa diakses dalam interface website ini berguna agar pelaporan keuangan perkara pengadilan ke Mahkamah Agung dapat terupdate secara cepat dan akurat.

 
Kumpulan Putusan

Easy Setup Kumpulan Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses secara online di Portal Mahkamah Agung, modul putusan ini adalah program pelayanan Mahkamah Agung agar masyarakat dapat secara cepat mengetahui putusan yang sudah berkekuatan hukum tetap.

 
 
 
Berita Video

SELAMAT IDUL FITRI 1433H

Lihat Video Lainnya

 
Polling

Bagaimana dengan website kami

 

 

 

  Hasil

 
 

  • banner1.jpg
  • banner2.jpg
  • banner3.jpg
  • banner4.png
  • banner5.png
  • banner6.png

informasi Terkini

Transparansi Kami

Keuangan


Seputar Informasi Keuangan Ditjen Badilmiltun

Read more ...

Link Pengadilan dan Instansi Terkait

Informasi Alamat dan Link Website Pengadilan Militer dan Pengadilan Tata Usaha Negara.

Read more ...

Dapur Redaksi

REDAKSI

Read more ...

Kontak Kami & Pengaduan

Email Peradilan Militer

Email Peradilan TUN

Makalah & Artikel

Serba - Serbi

Blog Kami

WEB LINK


User Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1922
mod_vvisit_counterYesterday6013
mod_vvisit_counterThis week34722
mod_vvisit_counterAll days5742064

We have: 25 guests, 1 bots online
Your IP: 54.162.139.105
 , 
Today: Nov 25, 2017

peraturan-button