1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

07 Maret 2017

Pengumuman Tentang Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama di Lingkungan Mahkamah Agung RI Tahun 2017

Berdasarkan Memorandum dari Kepala Biro Kepegawaian Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI kepada Kepala Biro Hukum dan Humas Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI,  Perihal : Permohonan Publikasi Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya Dan Pratama Di Lingkungan Mahkamah Agung RI, Tahun 2017, pada website Mahkamah Agung. Dan berdasarkan Surat dari Sekretaris Mahkamah Agung RI (Selaku Ketua Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya Eselon I.a dan Pratama Eselon II.a dan II.b, pada Mahkamah Agung Tahun RI Tahun 2017) dengan Nomor : 01/Pansel/Japati/03/2017 Tanggal 07 Maret 2017. 

Dalam rangka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama pada Mahkamah Agung RI tahun 2017, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2015 tentang Percepatan Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi pada Kementerian/Lembaga, dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor: 13 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka di Lingkungan Instansi Pemerintah, dengan ini Mahkamah Agung Republik Indonesia mengundang Pegawai Negeri Sipil/Prajurit TNI/Anggota Polri yang telah memenuhi syarat untuk mendaftarkan diri melalui seleksi terbuka dengan ketentuan sesuai yang tertera di dalam Surat Pengumuman Nomor : 01/Pansel/Japati/03/2017 Tanggal 07 Maret 2017.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan mengunduh File Pengumuman yang berisi :

  1. Pengumuman Lelang Jabatan Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama; 
  2. Format Surat Lamaran; 
  3. Surat Pernyataan; 
  4. Surat Keterangan Persetujuan Atasan/Pimpinan; 
  5. Surat Pernyataan Tidak Pernah Dijatuhi Hukuman Disiplin Tingkat Berat/Sedang; 
  6. dan Surat Pernyataan Bersedia Alih Status. 

Unduh File Pengumuman melalui tautan berikut : http://www.ditjenmiltun.net/pengumuman_japati_ma_2017.pdf

Unduh File Formulir Daftar Riwayat Hidup melalui tautan berikut : http://www.ditjenmiltun.net/formulir_daftar_riwayat_hidup.doc

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung RI

(@x_cisadane)


07 Maret 2017

Himbauan Modus Penipuan Mengatasnamakan Sekretaris Mahkamah Agung RI 

Berdasarkan Surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor : 91/SEK/HM.00/03/2017 tanggal 3 Maret 2017. Dihimbau kepada para Pejabat Eselon I, Ketua Pengadilan Tingkat Banding dan Ketua Pengadilan Tingkat Pertama agar berhati-hati, waspada dan tidak terpengaruh dengan segala bentuk modus penipuan yang terus berkembang dan berulang dengan mengatas namakan Sekretaris Mahkamah Agung RI. (@x_cisadane) 

Untuk informasi lebih lanjut, dimohon agar mengunduh Surat Pemberitahuan melalui Tautan berikut : http://www.ditjenmiltun.net/surat_pemberitahuan_91sekhm00032017.pdf

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung RI


07 Maret 2017

Pengumuman Seleksi Calon Peserta Diklat Kapita Selekta Sengketa Tata Usaha Negara Tahun 2017

Bersama ini diumumkan bahwa Balitbang Diklat Kumdill Mahkamah Agung RI bekerja sama dengan Proyek EU-UNDP SUSTAIN membuka Seleksi Calon Peserta Diklat Kapita Selekta Sengketa Tata Usaha Negara Untuk Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara Tahun 2017. Diklat akan dilaksanakan dalam 3 gelombang dimana masing-masing gelombang terdiri dari 40 peserta. Ketentuan seleksi silakan unduh surat dibawah ini:

*Suratnya


07 Maret 2017

Rapat Pemantapan Data Dukung Evaluasi Reformasi Birokrasi

Jakarta - ditjenmiltun.net. Pada Hari Selasa Tanggal 7 Maret 2017 Pukul 08.30 WIB bertempat di Ruang Rapat Utama Sekretariat Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara Lantai 9 Gedung Sekretariat Mahkamah Agung Republik Indonesia, Jalan Ahmad Yani Kav.58 Cempaka Putih Timur Jakarta Pusat dilaksanakan Rapat Pemantapan Data Dukung Evaluasi Reformasi Birokrasi. Rapat Koordinasi Pelaksanaan Persiapan Evaluasi Reformasi Birokrasi di Lingkungan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara dipimpin dan dibuka oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara, Ibu Jeanny Hilderia Veronica Hutauruk, S.E., Ak., M.M. Rapat Pemantapan dilaksanakan sebagai rangkaian kegiatan Reformasi Birokrasi yang dilakukan Ditjen Badilmiltun dalam rangka Persiapan Evaluasi Reformasi Birokrasi atau Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Mahkamah Agung Republik Indonesia. 

Dalam Rapat Pemantapan Data Dukung Evaluasi Reformasi Birokrasi di Lingkungan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara dihadiri oleh Pejabat Eselon II, Pejabat Eselon III dan Pejabat Eselon IV beserta Staff yang merupakan Tim Reformasi Birokrasi Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara, dibahas mengenai penilaian 8 Area Reformasi Birokrasi, selain itu pula di inventarisasi data dukung sebagai evidence dalam Penilaian Reformasi Birokrasi di Mahkamah Agung Republik Indonesia khususnya pada Lingkungan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara.


06 Maret 2017

KA BUA MA RI Buka Rapat Evaluasi Penyerapan Anggaran Mahkamah Agung T.A. 2016 

Kepala Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung Aco Nur, mengadakan rapat koordinasi evaluasi penyerapan anggaran MA tahun 2016 dan persiapan pelaksanaan penyerapan anggaran MA tahun 2017. Hadir dalam rapat ini para Kepala Biro, para Kepala Bagian, para Kasubbag di lingkungan Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung, bertempat diruang Wiryono. 

Dalam pembukaannya Aco Nur menyatakan bahwa Mahkamah Agung Kembali meraih penghargaan dari Kemeterian Keuangan dalam hal penyerapan anggaran tahun 2016 peringkat ke 3 dari 5 besar dari kualifikasi anggaran sedang, yang telah diterima Mahkamah Agung pada hari Selasa lalu 28/2/2017, Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Sekretaris Mahkamah Agung RI dari Menteri Keuangan pada acara forum Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pelaksanaan Anggaran Kementerian/Lembaga Tahun 2017 di Aula Dhanapala Kemenkeu, dihadiri oleh Sekretaris Jenderal / Sekretaris / Sekretaris Utama, Kepala Biro Keuangan, Kepala Biro Perencanaan Kementerian / Lembaga. bertempat di gedung Dhanapala Kementerian Keuangan. (@x_cisadane) 

Berita ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung RI


06 Maret 2017

Sekretaris Mahkamah Agung Buka Rapat Program Kerja Tim Reformasi Birokrasi Mahkamah Agung

Sekretaris Mahkamah Agung Achmad Setyo Pudjoharsoyo, SH.,M.Hum, Dirjen Badilag, Kabua serta para Pejabat Eselon II memberikan pengarahan serta program kerja Tim reformasi Birokrasi Mahkamah Agung kepada kepala kordinator dan anggota Area 1 sampai Area 8 Tim Reformasi Birokrasi Mahkamah Agung, bertempat diruang Wiryono. (@x_cisadane) 

Berita ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung RI


06 Maret 2017

Acara Penutupan Bimbingan Teknis Panitera dan Jurusita Pengganti dan Sosialisasi Reformasi Birokrasi

Jakarta - Bimbingan Teknis Panitera dan Jurusita Pengganti di Lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara yang dilaksanakan di Hotel Inna Muara Padang tanggal 1 - 3 Maret 2017 telah selesai dilaksanakan dan ditutup secara resmi oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara, Dr. H. Yodi Martono Wahyunadi, S.H., M.H. Dalam pengarahannya Direktur memberikan motivasi kepada seluruh peserta agar mau terus belajar dan meningkatkan kemampuan diri agar dapat mengikuti perkembangan jaman di era teknologi informasi ini, tidak ada kata tidak bisa bagi yang mau berusaha.

Sebelum acara penutupan dilaksanakan, sebelumnya dilaksanakan Sosialisasi Reformasi Birokrasi oleh Jeanny H.V. Hutauruk, S.E., S.K., M.M., C.A., Ketua Tim Reformasi Birokrasi MARI yang juga menjabat Sekretaris Ditjen Badilmiltun. Dalam sosialisasi tersebut para peserta kembali mendapatkan pengarahan mengenai apa dan bagaimana pelaksanaan Reformasi Birokrasi serta kendala-kendala yang dihadapi. Sekretaris Ditjen juga melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan Reformasi Birokrasi kepada pera peserta untuk menguji kemampuan para peserta sekaligus untuk mengingatkan kembali para peserta lainnya. (ns)


06 Maret 2017

Bimbingan Teknis Bagi Para Jurusita Pengganti PERATUN: Pembuatan Surat Pemanggilan, Pemberitahuan dan Eksekusi

Jakarta - Bersamaan dengan Kegiatan Bimbingan Teknis Panitera pada tanggal 2 Maret 2017 di Hotel Inna Muara Padang, dilaksanakan juga Bimbingan Teknis bagi Jurusita Pengganti yang bertempat di ruangan yang berbeda. Bimbingan teknis ini merupakan bimbingan teknis pertama yang dilaksanakan bagi Jurusita Pengganti sejak Ditjen Badilmiltun berdiri, sehingga bimbingan teknis ini sangat dinantikan oleh para jurusita pengganti di lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara. Tema yang diambil adalah mengenai teori dan simulasi pembuatan surat pemanggilan/pemberitahuan sidang dan eksekusi. Adapun narasumber yang dihadirkan adalah Sudarto Radyosuwarno, S.H. (dahulu Ketua PTTUN Jakarta), M. Ari Sultoni, S.H., M.H. (Panitera Pengganti pada Pengadilan Negeri Padang) dan Hengki Andora, S.H., L.L.M (Dosen Fakultas Hukum Universitas Andalas).

Dengan teknis pelaksanaan yang sama, para peserta bimbingan teknis juga harus mengerjakan pre-tes untuk mengukur kemampuan sebelum mendapatkan pemaparan materi dari narasumber, dan setelahnya juga diminta mengerjakan post test untuk mengukut peingkatan pengetahuan yang diperoleh oleh para peserta.

Narasumber pertama, Sudarto Radyosuwarno, S.H. memberikan materi mengenai tugas pokok dan fungsi Jurusita/Jurusita Pengganti di Peradilan Tata Usaha Negara dan simulasi pembuatan surat pemangilan maupun pemberitahuan menggunakan template yang telah disediakan.

Narasumber kedua, M. Ari Sultoni, S.H., M.H. memberikan materi mengenai teknis pemangilan secaa langsung yang dilakukan oleh Jurusita/Jurusita Pengganti di Peradilan Tata Usaha Negara.

Narasumber ketiga, Hengki Andora, S.H., L.L.M memberikan meteri mengenai Kode Etik Jurusita/Jurusita Pengganti, yaotu apa yang dimaksud kode etik jurusita, apa saja kode etik tersebut, landasan hukum penerapannya, sanksi bagi pelanggaran kode etik, jenis-jenis hukuman dan hukuman disiplin bagi pelanggaran kode etik.

Kegiatan Bimbingan Teknis Jurusita/Jurusita Pengganti ini berakhir pada pukul 17.00 WIB. (ns)


06 Maret 2017

Bimbingan Teknis Administrasi dan Pelayanan Peradilan Bagi Para Panitera PERATUN di Padang

Jakarta - Setelah acara pembukaan digelar pada malam tanggal 1 Maret 2017, keesokan paginya dilaksanakan kegiatan inti bimbingan teknis yang dibagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas Panitera dan kelas Jurusita. Kelas Panitera mengambil tema BImbingan Teknis Administrasi dan Pelayanan Peradilan dengan menghadirkan 3 narasumber, yaitu Dr. Ridwan Mansyur, S.H., M.H. (Kabiro Humas MARI), Drs. H. Arifin Samsurijal, S.H., M.H. (Kabag Ortala Biro Perencanaan dan Organisasi  MARI), dan Dr. Yuslim, S.H., M.H. (Dosen Fakultas Hukum Universitas Andalas). Sebelum pemberian materi, para peserta mendapatkan pre-test berupa kuesioner yang harus diisi yng berkaitan dengan materi-materi yang akan diberikan, adapun tujuannya adalah untuk mengukur sejauh mana kemampuan para peserta sebelum mendapatkan pemaparan materi dari para narasumber. Selain itu, pre-test ini diberikan dalam bentuk softcopy dan harus dikirimkan melalui email sebelum waktu yang diberikan untuk mengerjakan soal habis, hal ini dilakukan untuk mendorong dan membiasakan peserta menggunakan teknologi informasi.

Narasumber pertama, Dr. Ridwan Mansyur, S.H., M.H. memberikan materi mengenai pelayanan Pengadilan dan Mahkamah Agung, terutama pelayanan informasi kepada publik, yaitu bagaimana perkembangan pelayanan Pengadilan dan Mahkamah Agung itu sendiri, kebijakan-kebijakan Mahkamah Agung, perkembangan teknologi yang mendukung keterbukaan informasi dan bagaimana menyikapi banyaknya informasi yang masuk di era keterbukaan informasi ini dengan bijak.

Narasumber kedua, Drs. H. Arifin Samsurijal, S.H., M.H. memberikan materi yang berkaitan dengan tata kelola peradilan, terutama yang berkaitan dengan tata kelola sarana dan prasarana pelayanan publik di pengadilan. Selain itu diberikan juga pengajaran mengenai cara pembuatan IKU (Indikator Kinerja Utama) kepada para Panitera agar tidak kesulitan nantinya saat mengerjakannya karena harus segera dikirimkan hasilnya ke Mahkamah Agung RI. 

Narasumber ketiga, Dr. Yuslim, S.H., M.H. memberikan materi mengenai Etike Pelayanan Peradilan yang Baik, apakah aparatur pelayanan peradilan telah mengambil keputusan dan berperilaku yang dapat dibenarkan dalam sudut  pandang etika, yaitu apakah sudah mempertimbangkan cara yang tepat untuk bertindak bagi pegawai negeri sebagai ”palayan publik” dalam berbagai situasi pelayanan peradilan.

Setelah semua materi diberikan, peserta kembali mendapatkan post-test berupa kuesioner yang berisi pertanyaan-pertanyaan sesuai dengan materi yang telah diberikan, hal ini dilakukan untuk mengukur pengaruh bimbingan teknis tersebut terhadap peningkatan pengetahuan para peserta. Dan sesampainya para peserta di satker pengadilannya masing-masing nanti mereka bertugas untuk memberikan sosialisasi dan mengirimkan tugas akhir kepada Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan TUN untu kmendapatkan sertifikat Bimbingan Teknis. Kegiatan bimbingan teknis bagi para Panitera ini berakhir sore hari pada pukul 17.00 WIB. (ns)


02 Maret 2017

Ketua Mahkamah Agung RI Menerima Kunjungan Ketua Mahkamah Konstitusi RI 

Ketua Mahkamah Agung RI Prof.Dr.H.M. Hatta Ali, SH., MH, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial dan Non Yudisial, para Ketua Kamar beserta Eselon I menerima kunjungan Ketua Mahkamah Konstitusi Prof.Dr.Arief Hidayat, SH.,M.S, Wakil Ketua MK beserta Hakim Konstitusi bertempat diruang rapat Ketua Mahkamah Agung. (@x_cisadane)

Berita ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung RI



JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL


Karya Tulis
Makalah

Tulisan dan Artikel warga Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara ( kirimkan tulisan anda pada kami melalui email ke redaksi@ditjenmiltun.net)

>> Klik disini <<

 
Serba Serbi
 
 
 
Aplikasi MA-RI
SIKEP MA-RI

Why IceTheme Club System Informasi Kepegawaian Online Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses oleh seluruh Pegawai Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Indonesia.

 
Keuangan Perkara

Why IceTheme Club Pelaporan Keuangan Perkara Online berbasis SMS yang bisa diakses dalam interface website ini berguna agar pelaporan keuangan perkara pengadilan ke Mahkamah Agung dapat terupdate secara cepat dan akurat.

 
Kumpulan Putusan

Easy Setup Kumpulan Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses secara online di Portal Mahkamah Agung, modul putusan ini adalah program pelayanan Mahkamah Agung agar masyarakat dapat secara cepat mengetahui putusan yang sudah berkekuatan hukum tetap.

 
 
 
Berita Video

SELAMAT IDUL FITRI 1433H

Lihat Video Lainnya

 
Polling

Bagaimana dengan website kami

 

 

 

  Hasil

 
 

  • a ucapan selamat doktor.jpg
  • banner1.jpg
  • banner2.jpg
  • banner3.jpg
  • banner4.png
  • banner5.png
  • banner6.png
  • banner selamatan pelantikan.jpg

informasi Terkini

Transparansi Kami

Keuangan


Seputar Informasi Keuangan Ditjen Badilmiltun

Read more ...

Link Pengadilan dan Instansi Terkait

Informasi Alamat dan Link Website Pengadilan Militer dan Pengadilan Tata Usaha Negara.

Read more ...

Dapur Redaksi

REDAKSI

Read more ...

Kontak Kami & Pengaduan

Email Peradilan Militer

Email Peradilan TUN

Makalah & Artikel

Serba - Serbi

Blog Kami

WEB LINK


User Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday2889
mod_vvisit_counterYesterday4529
mod_vvisit_counterThis week23466
mod_vvisit_counterAll days4500028

We have: 84 guests online
Your IP: 54.92.190.84
 , 
Today: Apr 27, 2017

peraturan-button