1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

23 April 2018

Undangan Bimbingan Teknis (Pelatihan/ToT) Sistem Informasi Penelusuran Perkara Sengketa Proses Pemilihan Umum

Sehubungan akan diselenggarakannya kegiatan Bimbingan Teknis (Pelatihan/ToT) Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara versi 3.2.0-3 khusus untuk penyelesaian perkara Sengketa Proses Pemilihan Umum (SPPU), bersama ini Bagian Pengembangan Informatika (Humas - Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung) mengundang Bapak/Ibu, Saudara/Saudari (yang namanya berada dalam lampiran undanganuntuk mengikuti kegiatan tersebut yang akan diselenggarakan pada. 

  • Hari, Tanggal : Rabu - Sabtu (02 - 05 Mei 2018) 
  • Tempat : Balitbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung Republik Indonesia. Jl. Cikopo Selatan, Gadog, Sukamaju, Megamendung, Bogor - Jawa Barat
  • Acara : Jadwal Terlampir

Demi kelancaran kegiatan tersebut, para peserta (yang namanya berada dalam lampiran undangan) diwajibkan untuk memenuhi requirements peserta sebagai berikut : 

  • Membawa Notebook (laptop) dengan spesifikasi processor minimal Core i3; 
  • Memory (RAM) pada Notebook minimal 4GB; 
  • Pada Notebook yang digunakan, peserta wajib melakukan instalasi Virtualbox (atau aplikasi sejenisnya), kemudian melakukan instalasi Sistem Operasi Linux Centos 7 (tanpa harus GUI Mode). 

Selanjutnya melakukan installasi package-package yang dibutuhkan untuk menjalankan Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara misalnya seperti Apache, MariaDB, PHP, LibreOffice.

Selain itu peserta diwajibkan melakukan konfigurasi Sistem Operasi CentOS 7, Apache, MariaDB, PHP dan service soffice (converter).

Dan terakhir, peserta diwajibkan menyalin file-file Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara dari server satuan kerja masing-masing peserta, dan juga merestore/menyalin database Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara dari server satuan kerja masing-masing peserta.

Peserta tidak perlu melakukan konfigurasi jaringan static pada Sistem Operasi Centos 7;

  • Menyalin file sinkronisasi SIPP MA versi terbaru (versi 3.2.0-3) dan juga file sinkronisasi ke SIPP Web ke dalam notebook
  • Pada notebook yang digunakan, peserta wajib melakukan instalasi software-software pendukung, seperti SQLYog, WinSCP/FileZilla, Putty dan Notepad++/Sublimetext/EditPlus;
  • Opsional : Memiliki ethernet port (LAN cable port).

Catatan : 

  1. Dalam praktik kegiatan Bimtek (Pelatihan/ToT) ini Tidak menggunakan XAMPP; 
  2. Panitia dan narasumber tidak mentolerir apabila peserta belum memenuhi requirements saat kegiatan Bimtek (Pelatihan/ToT) berlangsung.

Segala biaya akomodasi peserta dibebankan pada DIPA Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung T.A. 2018. Untuk konfirmasi keikutsertaan, kehadiran dan untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi contact person berikut :  

  • Affan Ahmad, S.Kom., S.H. selaku Kepala Sub Bagian Bimbingan Teknis Bagian Pengembangan Sistem Informatika : 081328567462 
  • Ikha Tantri Ariani, S.Sos., M.H selaku Staff Kasubag Bimbingan Teknis Bagian Pengembangan Sistem Informatika : 089688970558

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunduh Undangan beserta Lampiran Jadwal Kegiatan melalui tautan berikut : 

(@x_cisadane)


23 April 2018

HASIL RAPAT PIMPINAN (TPM)

Jakarta - Senin, 23 April 2018. Berikut disampaikan Hasil Rapat Pimpinan (Tim Promosi Mutasi) Hakim di Lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara Mahkamah Agung RI.

Tautan unduhan : http://www.ditjenmiltun.net/omsteevee/tpm_senin_23_april_2018.pdf


Ditulis oleh STM 22 April 2018

BIMBINGAN TEKNIS PEMBERKASAN PERKARA TATA USAHA NEGARA TAHUN 2018


Batam - Direktorat Pranata dan Tata Laksana Perkara Tata Usaha Negara Kembali mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Pemberkasan Perkara Kasasi, Peninjauan Kembali Tata Usaha Negara, Hak Uji Materiil dan Sengketa Pajak bagi Panitera Muda Perkara Peradilan Tata Usaha Negara dan Pengadilan Pajak seluruh Indonesia. Kegiatan dilaksanakan tanggal 18 s/d 20 April 2018 di Hotel Nagoya Hill Batam.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara Dr. Mulyono, SH.,S.IP., MH. Dalam sambutannya Dr. Mulyono, SH.,S.IP., MH menekankan bahwa ketatalaksanaan merupakan salah satu area  perubahan dalam reformasi birokrasi yaitu untuk mewujudkan system, proses dan prosedur kerja yang jelas, efektif, efisien, terukur dan sesuai denan prinsip-prinsip good government. Selain itu kemajuan teknologi dan informasi juga menjadi pendorong untuk malakukan perubahan ketatalaksanaan yang berorientasi pada system yang berbasis komputerisasi sehingga lebih mudah untuk diakses. Upaya untuk mewujudkan pelayanan yang berkualitas merupakan kewajiban seluruh aparatur peradilan untuk memahami dan bekerja sesuai dengan Standar Oprasional Prosedur sebagai pedoman bagi para aparatur peradilan dalam melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan dengan demikian dapat dihindarkan tumpang tindih tanggung jawab dan kesalahan prosedur serta menguragi kesalahan atau kelalaian dalam melaksanakan tugas. Dengan demikian penyelesain perkara dengan sederhana, cepat dan biaya ringan dapat tercapai. Selaian itu dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses minutasi berkas perkara serta menunjang pelaksanaan transparansi dan akuntanbilitas serta pelayanan publik pada Mahkamah Agung dan Peradilan dibawahnya maka dipandang perlu untuk menata pemanfaatan kemajuan teknologi dan informasi sebagai sarana dalam meningkatkan kualitas maupun kuantitas suatu pelayanan publik dan mempermudah untuk mendapatkan informasi serta menjadikannya sebagai bagian dari prosedur tetap dalam penanganan perkara sehingga upaya penyempurnaan terus menerus yang dilakukan oleh lembaga peradilan bisa dapat terwujud. Dr. Mulyono, SH.,S.IP., MH juga berharap dengan diadakannya kegiatan bimbingan teknis ini maka berkas perkara yang dikirim ke Mahkamah Agung lengkap tidak lagi ada kekurangan sehingga dapat penyelesaian perkara dengan sederhana, cepat dan biaya ringan dapat tercapai.

Seperti pada kegiatan bimbingan teknis sebelumnya, Direktorat Pranata dan Tata Laksana Perkara Tata Usaha Negara selaku penyelenggara kegiatan yang diwakili oleh Sekretaris Ditjen Badilmiltun Jeanny H. V. Hutauruk, SE., AK. MM memberikan apresiasi kepada PTUN maupun PT.TUN  yang selama ini dinilai bagus kinerjanya dalam proses pemberkasan sampai dengan pengajuan perkara ke Mahkamah Agung. Diharapkan dengan apresiasi ini  menjadi pemicu bagi peserta yang lain untuk lebih meningkatkan kinerjanya.    

Dalam Kesempatan itu juga diberikan pembekalan materi yang terkait dengan pemberkasan perkara Kasasi dan Peninjauan Kembali  Tata Usaha Negara, Hak Uji Materiil dan Sengketa Pajak dari para narasumber diantaranya Panitera Muda Perkara Tata Usaha Negara H. Ashadi, SH, Hakim Yustisial pada kepaniteraan Mahkamah Agung Asep Nursobah, S.Ag., MH serta Kepala Subdirektorat Akuisisi Arsip II Drs. Hilman Rosmana, M.Hum dengan dimoderatori oleh Priyono Anggraito, SH., MH Kasubdit Perkara PK Tata Usaha Negara. Para peserta yang terdiri dari Panitera Muda Perkara Peradilan Tata Usaha Negara dan Pengadilan Pajak serta beberapa staf pelaksana tampak antusias mengikuti materi yang dipaparkan oleh para narasumber. Hal itu terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan para peserta kepada narasumber. Kegiatan ditutup secara resmi oleh Sekretaris Ditjen Badilmiltun Jeanny H. V. Hutauruk, SE., AK. MM. (stm)

FOTO KEGIATAN


KEGIATAN BIMBINGAN TEKNIS PANITERA DI LINGKUNGAN PERADILAN MILITER T.A 2018 DI SURABAYA


 

 

Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer menyelenggarakan Bimbingan Teknis Panitera di Lingkungan Peradilan Militer pada tanggal 11 sd 13 April 2018 dengan tema ”Melalui Bimtek Kita Tingkatkan Kompetensi Panitera Militer Menuju Peradilan Militer Yang Agung. Bimtek yang diadakan di Java Paragon Hotel Surabaya ini diikuti oleh 32 peserta yang terdiri dari Panitera, Panitera Pengganti, Panitera Muda Hukum dan Panitera Muda Pidana di Lingkungan Peradilan Militer se-Indonesia.

Bimtek ini dibuka oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara Mahkamah Agung RI, Dr. Mulyono, S.H., S.IP., M.H.  Dalam pidato pembukaannya, Dirjen menyampaikan bahwa Pembinaan Teknis Panitera merupakan salah satu upaya Mahkamah Agung untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas dan profesional di lingkungan Peradilan. Maksud dan tujuan dari Bimtek ini adalah untuk memberi pengetahuan kepada para Panitera Militer tentang perkembangan di lingkungan Peradilan. Selain itu, juga untuk meningkatkan kemampuan para Panitera Militer dalam teknik pembuatan Berita Acara Sidang dan  Produk-Produk Kepaniteraan, sehingga dapat menjadi Panitera yang profesional.

Saat ini masih ditemukan adanya kesalahan maupun keterlambatan   admnistrsi di bidang kepaniteraan, hal ini  disebabkan karena manajemen yang kurang baik, mulai dari perencanaan sampai kepada implementasi dan pengawasan di lapangan, demikian pula adanya kesalahan-kesalahan yang bersifat non teknis yang justru bersumber dari aspek mentalitas individu. Oleh sebab itu, bimtek yang akan dilaksanakan ini diberikan kepada para Panitera Militer, baik Panitera Militer pada lingkungan Peradilan Militer tingkat banding maupun pada tingkat pertama dengan harapan agar penyelenggaraan kegiatan bimtek ini dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan Panitera Militer dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sehingga dapat terwujud  peradilan yang berwibawa, mandiri dan dihargai. Selain itu juga untuk membangun mentalitas Panitera Militer agar  dapat menjaga kehormatan dan keluhuran martabat sebagai Panitera Militer sehingga dapat memberikan pelayanan yang prima dan adil kepada masyarakat pencari keadilan.

Materi-materi serta narasumber dalam kegiatan bimtek Panitera Militer tahun 2018 :

1.  Teknik Pembuatan BAS dan produk-produk kepaniteraan dengan narasumber Brigjen TNI (purn) Anthon R. Saragih, S.H., M.H., Hakim Tinggi Tipikor pada Pengadilan Tinggi Jakarta;

2.  Pedoman Penyusunan Putusan di lingkungan Peradilan Militer menurut Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dengan Narasumber Dr. Ninuk Lustyantie, M.Pd., Pengajar Program Studi Pendidikan Bahasa pada Universitas Negeri Jakarta.

3.  Kode Etik Panitera dengan Narasumber H. Tavip Dwiyatmiko, S.H., M.H., Panitera pada Pengadilan Negeri Jakarta Barat

Penyajian materi secara menarik dan adanya diskusi yang komunikatif antara narasumber dengan peserta menjadikan Bimtek ini berlangsung baik, terbukti dengan antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan Bimtek ini dan disepakatinya beberapa point rumusan hasil Bimtek serta diperoleh 3 (tiga) orang Peserta terbaik yang dinilai dari penilaian Pre Test, Post Test serta keaktifan bertanya dalam proses kegiatan Bimtek.

Selanjutnya Penutupan Bimtek dilakukan oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer Bapak Brigadir Jendera TNI Agung Iswanto, S.H., M.H. (drm)


19 April 2018

Pengumuman Tentang Jadwal dan Pengisian Formulir Pelaksanaan Assesment Test Seleksi Terbuka Pengisian Japati Pratama MA RI Tahun 2018 

Senin 16 April 2018, berdasarkan Surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor : 04/Pansel/Japati/04/2018 tanggal 18 April 2018 tentang Pengumuman Jadwal Dan Pengisian Formulir Pelaksanaan Assesment Test Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JAPATI) Pratama pada Mahkamah Agung RI Tahun 2018 dan berdasarkan Pengumuman Nomor : 03/Pansel/Japati/04/2018 tanggal 16 April 2018 tentang tanggal Pelaksanaan Assesment Test Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JAPATI) Mahkamah Agung RI Tahun 2018. 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunduh file-file di bawah ini : 

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia 

(@x_cisadane)


19 April 2018

Pelaksanaan Ujian Dinas Elektronik (e-Exam) pada Mahkamah Agung RI Tahun 2018 

Berdasarkan Surat Kepala Biro Kepegawaian Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI Nomor : 28/Bua.2/Kp.04.1/4/2018 tanggal 10 April 2018 tentang Pelaksanaan Ujian Dinas Elektronik (E-Exam) pada Mahkamah Agung RI tahun 2018, maka dengan ini disampaikan Surat Pemberitahuan yang ditujukan Kepada Yang Terhormat Para Sekretaris Eselon I di Lingkungan Mahkamah Agung RI, Para Kepala Biro di lingkungan Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI, Para Ketua/Kepala Pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama pada 4 (Empat) Lingkungan Peradilan. 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunduh Surat Pemberitahuannya melalui tautan berikut : http://www.ditjenmiltun.net/pelaksanaan_ujian_dinas_elektronik2018_e-exam).pdf

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia 

(@x_cisadane)


16 April 2018

Pengumuman Jadwal Pelaksanaan Assesment Test Seleksi Terbuka Pengisian Japati Pratama pada Mahkamah Agung RI T.A. 2018 

Berdasarkan Surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor : 03/Pansel/Japati/04/2018 tanggal 16 April 2018 tentang Pengumuman Jadwal Pelaksanaan Assesment Test Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama pada Mahkamah Agung RI Tahun 2018 dan berdasarkan Pengumuman Nomor : 02/Pansel/Japati/04/2018 tanggal 10 April 2018 tentang Hasil Seleksi Administrasi Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Mahkamah Agung RI Tahun 2018, maka dengan ini disampaikan pengumuman jadwal pelaksanaan Assesment Test Seleksi Terbuka pengisian Japati Pratama pada Mahkamah Agung RI Tahun 2018. 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunduh Pengumumannya melalui tautan berikut : http://www.ditjenmiltun.net/03_pansel_japati_04_2018.pdf

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia 

(@x_cisadane)


16 April 2018

Pemberitahuan Batas Waktu Pendaftaran Calon Panitera dan Panitera Muda Tk. I di Lingkungan Peradilan TUN Tahun 2018

Sehubungan dengan adanya formasi jabatan Panitera dan Panitera Muda Pengadilan Tata Usaha Negara. Direktorat Jenderal Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara akan melaksanakan Tes Kemampuan Teknis Hukum dan Penilaian Profil  (profile assessment) bagi Wakil Panitera , Panitera Muda dan Panitera Pengganti. Bersama ini kami beritahukan bahwa batas terakhir pendaftaran yaitu pada tanggal 17 April 2018 pukul 24.00 WIB

NB: Surat permohonan mengikuti kegiatan tersebut diketahui dan ditandatangani oleh pimpinan pada satker masing-masing.


12 April 2018

Permintaan Koreksi dan Informasi Daerah Hukum 

Sehubungan dengan rencana akan dioperasikan dan diresmikannya Pengadilan baru oleh Ketua Mahkamah Agung, perlu diterbitkan Peraturan Mahkamah Agung tentang Daerah Hukum Pengadilan Tingkat Pertama dan Pengadilan Tingkat Banding pada 4 (empat) Lingkungan Peradilan sebagai dasar pelaksanaan atas Keputusan Presiden. Berikut permintaan koreksi dan informasi daerah hukum. 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunduh Surat Pemberitahuannya melalui tautan berikut : http://www.ditjenmiltun.net/68_tuakabin_iv_2018.pdf

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia 

(@x_cisadane)


12 April 2018

Daftar Hasil Rapat Promosi/Mutasi, Pindah Tugas dan Pindah Melimpah Tenaga Kesekretariatan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya Wilayah Mutasi I 

Berdasarkan Surat dari Kepala Biro Kepegawaian dengan Nomor : 71/Bua.2/MTS.06.1/4/2018 perihal Hasil Rapat Promosi Mutasi, Pindah Tugas Tenaga Kesekretariatan dan Pindah Melimpah di lingkungan Mahkamah Agung RI. Maka dengan ini disampaikan Surat Pemberitahuan dan Lampirannya. 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunduh Surat Pemberitahuan dan Lampirannya melalui tautan berikut : http://www.ditjenmiltun.net/hasil_promosi_mutasi27-28maret2018.pdf

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia 

(@x_cisadane)



JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL


Karya Tulis
Makalah

Tulisan dan Artikel warga Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara ( kirimkan tulisan anda pada kami melalui email ke redaksi@ditjenmiltun.net)

>> Klik disini <<

 
Serba Serbi
 
 
 
Aplikasi MA-RI
SIKEP MA-RI

Why IceTheme Club System Informasi Kepegawaian Online Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses oleh seluruh Pegawai Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Indonesia.

 
Keuangan Perkara

Why IceTheme Club Pelaporan Keuangan Perkara Online berbasis SMS yang bisa diakses dalam interface website ini berguna agar pelaporan keuangan perkara pengadilan ke Mahkamah Agung dapat terupdate secara cepat dan akurat.

 
Kumpulan Putusan

Easy Setup Kumpulan Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses secara online di Portal Mahkamah Agung, modul putusan ini adalah program pelayanan Mahkamah Agung agar masyarakat dapat secara cepat mengetahui putusan yang sudah berkekuatan hukum tetap.

 
 
 
Berita Video

SELAMAT IDUL FITRI 1433H

Lihat Video Lainnya

 
Polling

Bagaimana dengan website kami

 

 

 

  Hasil

 
 

  • banner0.jpg
  • banner 1.jpg
  • banner 2.jpg
  • banner 3.jpg
  • banner 4.jpg
  • banner 5.jpg

informasi Terkini

Transparansi Kami

Keuangan


Seputar Informasi Keuangan Ditjen Badilmiltun

Read more ...

Link Pengadilan dan Instansi Terkait

Informasi Alamat dan Link Website Pengadilan Militer dan Pengadilan Tata Usaha Negara.

Read more ...

Dapur Redaksi

REDAKSI

Read more ...

Kontak Kami & Pengaduan

Email Peradilan Militer

Email Peradilan TUN

Makalah & Artikel

Serba - Serbi

Blog Kami

WEB LINK


User Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday155
mod_vvisit_counterYesterday2705
mod_vvisit_counterThis week7728
mod_vvisit_counterAll days6647446

We have: 67 guests online
Your IP: 54.92.153.90
 , 
Today: Jun 26, 2018

peraturan-button