1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

22 Agustus 2017

Pemberitahuan Kepada Pelamar Calon Hakim di Lingkungan MA

Untuk Segera Mengirimkan Berkas Kelengkapan Administrasi

Sehubungan dengan Surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor : 02/Pansel/MA/08/2017 mengenai kelengkapan berkas administrasi Calon Hakim di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia Tahun 2017, maka dengan ini disampaikan Surat Sekretaris Mahkamah Agung tersebut. 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunduh Surat Sekretaris Mahkamah Agung Nomor : 02/Pansel/MA/08/2017 melalui tautan berikut : http://www.ditjenmiltun.net/02_pansel_ma_08_2017.pdf

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia 

(@x_cisadane)


22 Agustus 2017

Koreksi Beban di LO Tahun 2017 

Berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan BPK RI atas Laporan Keuangan Mahkamah Agung RI Tahun 2016 Nomor : 45B/LHP/XVI/05/2017 tanggal 18 Mei 2017 tentang laporan Hasil Pemeriksaan atas Sistem Pengendalian Intern, dengan ini disampaikan kepada seluruh satuan kerja untuk melakukan verifikasi dan telaah data akrual belanja yang masih harus dibayar (utang pihak ketiga) akhir tahun 2016 dan telah dibayarkan oleh Bendahara Pengeluaran satuan kerja pada awal tahun 2017 kepada pihak-pihak terkait yang dimintakan kepada KPPN melalui mekanisme pengajian SPM. 

Bersama ini diminta kepada Bagian Keuangan Koordinator Wilayah DIPA 01 untuk menghimpun, mendata, dan mengisi formulir berupa Tabel Telaah Jurnal dan Realisasi Anggaran per-Januari/Februari 2017 atas Belanja yang masih harus dibayar (utang pihak ketiga) pada satuan kerja yang berada di wilayah masing-masing untuk hal-hal terkait seperti susulan/kekurangan belanja pegawai tahun 2016 yang dibayarkan pada awal tahun 2017 dan tagihan listrik, tagihan air, tagihan telepon, tagihan speedy (internet) yang dibayarkan di awal tahun 2017 yang merupakan beban tahun 2016 pada laporan operasional laporan keuangan.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunduh Surat Pemberitahuannya melalui tautan berikut : http://www.ditjenmiltun.net/809_sek_ku_00_08_2017.pdf

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia 

(@x_cisadane)


21 Agustus 2017

MA Mengapresiasi dan Berterima Kasih Kepada Pihak yang Telah Membantu Membersihkan Tubuh Peradilan 

Kepala Biro Hukum dan Humas, Dr. Abdullah, S.H., M.S. menyampaikan klarifikasi terkait dengan operasi tangkap tangan yang dilakukan oleh KPK (Komisi Pemberantas Korupsi) terhadap Pejabat Panitera Pengganti berinisial "T" dan pegawai honorer berinisial "T" di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang terjadi pada tanggal 21 Agustus 2017 pukul 13.00 WIB, terkait dengan permasalahan yang belum jelas dan sedang menunggu informasi serta  perkembangan lebih lanjut, Mahkamah Agung pada prinsipnya memberikan apresiasi dan berterima kasih serta akan selalu bekerja sama dengan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) dalam upaya memberantas praktik Korupsi, Kolusi dan Nepotisme serta membersihkan aparatur nakal yang mencederai dunia peradilan. Dalam hal ini Mahkamah Agung tidak memberikan toleransi dan tetap berkomitmen serta tidak akan melindungi oknum aparat peradilan yang melakukan tindakan tercela. Mahkamah Agung akan segera menjatuhkan sanksi pemberhentian sementara kepada aparatur yang melanggar hukum setelah Mahkamah Agung menerima surat perintah penahanan.

Berita ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung 

(@x_cisadane)


21 Agustus 2017

Pengumuman Kelulusan Seleksi Tertulis Calon Hakim Ad Hoc Tipikor Tahap IX Tahun 2017 


Bersama ini disampaikan para peserta Calon Hakim Ad-Hoc Pengadilan Tindak Pidana Korupsi tahap IX tahun 2017 yang dinyatakan lulus berdasarkan berita acara kelulusan hasil seleksi tertulis pada hari Selasa 15 Agustus 2017 pukul 15.30 WIB di Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI. 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunduh Lampiran Daftar Nama melalui tautan berikut : http://www.ditjenmiltun.net/lampiran_pengumuman_ujian_tertulis_TAHAP_IX.pdf

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia 

(@x_cisadane)


18 Agustus 2017

Rapat Lanjutan Pembahasan Panjar Biaya Perkara Berbasis Elektronik (E-SKUM)

Jakarta, bertempat di Ruang Rapat Besar Lantai 9 Gedung Sekretariat Mahkamah Agung Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara bersama-sama dengan Biro Perencanaan dan Organisasi Mahkamah Agung RI dan Tim dari PTTUN Jakarta dan PTUN Jakarta kembali melaksanakan rapat pembahasan tentang panjar biaya perkara berbasis elektronik (E-SKUM). Rapat E-SKUM sebelumnya telah dilaksanakan pada bulan Mei. Rapat lanjutan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan dari aplikasi E-SKUM untuk peradilan di lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara.

Rapat dibuka oleh Direktur Binganismin Diltun MA RI (Dr. H. Yodi Martono Wahyunadi , S.H., M.H). Kemudian dilanjutkan paparan oleh bapak Juwan J. Alfauz (Kasub Pelaksanaan Anggaran IA) sekaligus developer aplikasi ini. Dalam paparannya disampaikan bahwa aplikasi E-SKUM untuk wilayah Peradilan Tata Usaha Negara telah selesai dibangun namun belum bisa digunakan dikarenakan dalam penghitungan panjar biaya perkara masih mengacu pada SK Ketua masing-masing satker dan terdapat kekhususan pada peradilan TUN dalam penghitungan biaya panjar tersebut. "Diharapkan kedepan, diadakan kerjasama antara Mahkamah Agung dengan POS Indonesia untuk kesempurnaan aplikasi E-SKUM ini", ucap bapak Juwan J. Alfauz(16/08/2017). Dalam kesempatan ini, beliau juga mempraktekkan penggunakaan aplikasi E-SKUM di depan peserta rapat yang hadir di ruang tersebut. Direncanakan aplikasi E-SKUM akan segera diberlakukan di lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara.(hr)



18 Agustus 2017

Pelaksanaan Pengambilan Data dan Perhitungan Analisa Beban Kerja 

Sehubungan dengan telah dilaksanakannya Pelatihan Analisa Beban Kerja Mahkamah Agung RI Tahun 2017 pada tanggal 19 s.d 21 Juli 2017 di Pusdiklat Balitbangdiklatkumdil Mahkamah Agung RI , maka dengan ini disampaikan Surat Pemberitahuan terkait Pelaksanaan Pengambilan Data Perhitungan Analisis Beban Kerja yang ditujukan Kepada Yang Terhormat Para Ketua/Kepala Pengadilan Tingkat Banding pada 4 (empat) Lingkungan Peradilan

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunduh Surat Pemberitahuannya melalui tautan berikut : http://www.ditjenmiltun.net/371_bua_2_07_8_2017.pdf

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung RI 

(@x_cisadane)


17 Agustus 2017

Ketua MA Pimpin Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-72 















Ketua Mahkamah Agung RI, Prof. DR. H. Muhammad Hatta Ali, S.H., M.H. menjadi Pembina Upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Negara Republik Indonesia ke-72 dengan mengusung tema "Indonesia Kerja Bersama" di Halaman Depan Gedung Mahkamah Agung RI, Jakarta pada Hari Senin tanggal 17 Agustus 2017 pukul 07.30 WIB. Upacara tersebut diikuti oleh para Pimpinan, Hakim Agung, para Pejabat Eselon I sampai IV dan seluruh pegawai pada lingkungan Mahkamah Agung serta Pengurus dan anggota Dharmayukti Karini Mahkamah Agung RI. Prosesi upacara diawali dengan penghormatan umum kepada Pembina Upacara kemudian laporan Pemimpin Upacara kepada Pembina Upacara di lanjutkan dengan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera.

Mengheningkan cipta di pimpin oleh Pembina Upacara, dilanjutkan dengan pembacaan naskah Pancasila oleh Pembina Upacara yang diikuti oleh seluruh peserta upacara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 dan Panca Prasetya Korpri. Kepala Biro Kepegawaian Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung Drs. Agus Zainal Mutaqien, S.H., M.H. membacakan Surat Keputusan dari Presiden Republik Indonesia dan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia perihal Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalencana Karya Satya dan Sewindu. 


  1. Keputusan Presiden Republik Indonesia dengan Nomor : 61/TK/Tahun 2016 tanggal 09 Agustus 2017 Tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalencana Karya Satya. Tanda Kehormatan yang Dianugerahkan Satyalencana Karya Satya Tiga Puluh Tahun Kepada Drs. Muhamad Ashar, S.H., M.H. (Kepala Biro Perlengkapan), Tanda Kehormatan yang dianugerahkan Satyalencana Karya Satya Dua Puluh Tahun Kepada Drs. H.M. Fauzi, M.H. (Kepala Bagian Mutasi II Biro Kepegawaian). Dan Tanda Kehormatan Satyalencana Karya Satya Sepuluh Tahun Kepada Emie Yuliati, S.E., M.E. (Kepala Sub Bagian Data Bagian Perencananaan dan Program Biro Perencanaan dan Organisasi).
  2. Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia dengan Nomor : 91/KMA/SK/V/ 2017 tentang Penganugerahan Piagam Satya Karya kepada Sri Misgianti, S.E., M.M. sebagai Pengadministrasi Umum pada Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI dengan Tanda Kehormatan yang Dianugerahkan Piagam Satya Karya Sewindu, dan Kepada Sri Misgianti, S.E., M.M dengan Kehormatan yang Dianugerahkan Piagam Satya Karya Dewindu.


Pada kesempatan ini, Ketua Mahkamah Agung Prof. DR. H. Muhammad Hatta Ali, S.H., M.H. secara simbolis menyematkan tanda jasa “Satyalancana Karya Satya" 30 tahun Kepada Drs. Muhamad Ashar, S.H., M.H. (Kepala Biro Perlengkapan), Satyalancana Karya Satya 20 tahun kepada Satyalancana Karya Satya XX tahun Drs. H.M. Fauzi, M.H. (Kepala Bagian Mutasi II Biro Kepegawaian) dan Satyalancana Karya Satya 10 Tahun Kepada Emie Yuliati, S.E., M.E. (Kepala Sub Bagian Data Bagian Perencananaan dan Program Biro Perencanaan dan Organisasi). Ketua MA juga memberikan Piagam "Satya Karya” Sewindu kepada Sri Misgianti, S.E., M.M. sebagai Pengadministrasi Umum pada Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, dan “satya Karya" Dwiwindu kepada Sri Misgianti, S.E., M.M. sebagai Pengadministrasi Umum pada Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI. Pemberian penghargaan tersebut sebagai bentuk kesetiaan dan ketekunan dalam melaksanakan tugas sebagai Pejabat dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Mahkamah Agung, sehingga dapat dijadikan tauladan bagi pegawai lainnya. Usai penyematan prosesi upacara ditutup dengan pembacaan do’a dan foto bersama. 

Berita ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia 

(@x_cisadane)


16 Agustus 2017

Pengadilan Militer III-14 Denpasar

Meraih Sertifikasi ISO 9001:2015 


Selasa - 15 Agustus 2017 bertempat di ruang aula sidang Pengadilan Militer III-14 Denpasar pukul 17.45 Wita dilaksanakan kegiatan penyerahan secara simbolis Sertifikat ISO 9001:2015 oleh Team Audit ISO yang dipimpin oleh Bapak Subandi kepada Kepala Pengadilan Militer III-14 Denpasar Bapak Kolonel Chk Suwignyo Heri Prasetyo, S.H., M.H. Gegap gempita seluruh keluarga besar personil Pengadilan Militer III-14 Denpasar bersorak-sorai dengan semangat kebanggaan menyambut keberhasilan dalam meraih Sertifikat ISO dan pernyataan kelayakan (lulus) yang dikemukakan oleh Ketua Team Audit ISO Bapak Subandi.

Segala kerja keras, jerih payah, upaya dan kerjasama telah dilakukan selama sebulan penuh dengan solid untuk mencapai target terhadap tugas yang dilimpahkan kepada seluruh personil, mulai dari honorer hingga unsur pimpinan Kepala Pengadilan Militer, riuh gema sorakan yel-yel Moto Pengadilan Militer III-14 Denpasar yaitu INDRA (Inisiatif, Netral, Dedikasi, Responsif dan Adil) sebagai moto pendorong semangat bahagia telah dicapai selama sebulan bekerja penuh untuk meraih Sertifikasi ISO. Dipenghujung Acara pengukuhan Kelulusan ISO dilaksanakan pemotongan tumpeng sebagai simbol wujud syukur oleh Bapak Kepala Pengadilan Militer dan diserahkan kepada Team Audit yang kemudian diikuti dengan sesi foto bersama seluruh personil Pengadilan Militer III-14 Denpasar. 

Sebagai informasi, International Standardization Organization 9001 (ISO 9001) merupakan model sistem jaminan kualitas dalam desain/pengembangan, produksi, instalasi, dan pelayanan atau sering disebut dengan istilah Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001 (M.N. Nasuton, 2001). Atau dengan kata lain ISO 9001 adalah merupakan standar internasional yang mengatur tentang Sistem Manajemen Mutu (Sugeng Listyo Prabowo, 2009). Sehingga dari pengertian tersebut dapat dipahami bahwa Sistem Manajemen Mutu adalah kemampuan suatu institusi (perusahaan/badan/lembaga/instansi) sebagai penyedia layanan kepada masyarakat atau jasa maupun produk dalam menjaga kualitas mutu atas layanan, produk maupun jasa yang dihasilkan oleh suatu institusi. Jika suatu institusi telah memiliki sertifikasi ISO 9001, maka dapat dikatakan bahwa layanan, produk maupun jasa yang ditawarkan sudah tentu memiliki mutu yang terjamin. 

Dikutip dari Situs Resmi Pengadilan Militer III-14 Denpasar dengan penambahan seperlunya. 

(@x_cisadane)


16 Agustus 2017

Ketua Mahkamah Agung Menghadiri Acara Pidato Presiden Pada Sidang Tahunan MPR Tahun 2017


Ketua Mahkamah Agung RI Prof. Dr. H. M. Hatta Ali, S.H., M.H. bersama para pimpinan Mahkamah Agung RI dan Sekretaris Mahkamah Agung menghadiri acara pidato Presiden pada sidang tahunan MPR. Dalam pidatonya, Presiden RI Joko Widodo mengapresiasi Mahkamah Agung yang terus berupaya mempermudah masyarakat dalam pengelolaan keadilan dan layanan publik. Pada semester pertama tahun 2017, Mahkamah Agung juga telah berhasil menerapkan inovasi melalui Sistem Audio Text Recording (ATR) dan mekanisme perhitungan biaya perkara sendiri secara elektronik (E-SKUM) guna memudahkan layanan Peradilan. Selain itu, Mahkamah Agung memperluas layanan masyarakat di wilayah terpencil melalui program sidang keliling dan sidang di luar gedung pengadilan yang berdampak mudahnya akses untuk memperoleh keadilan. Peningkatan layanan publik dilakukan Mahkamah Agung dengan melanjutkan Akreditasi Penjaminan Mutu Badan Peradilan. Hingga bulan Juni 2017, telah berhasil mengakreditasi 186 (seratus delapan puluh enam) Pengadilan. Selain itu, Ketua Mahkamah Agung juga menghadiri pidato kenegaraan Presiden di depan sidang bersama DPD RI dan DPR RI, dan Pidato Presiden tentang Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2018 beserta nota keuangan di depan Rapat Paripurna DPR RI. Acara yang berlangsung pada hari Rabu, 16/8/2017,  bertempat di Gedung DPR Senayan dihadiri oleh Wakil Presiden RI, para Ketua Lembaga Negara dan Kementerian.

Berita ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia 

(@x_cisadane)


16 Agustus 2017

Kegiatan Pelatihan Pengelolaan Jaringan dan Protokol Keamanan Internet 

di Lingkungan Ditjen Badilmiltun 


Jakarta - ditjenmiltun.net. Rabu, 16 Agustus 2017 bertempat di Ruang Data Center Ditjen Badilmiltun Lantai 9 Gedung Sekretariat Mahkamah Agung RI, Jalan Ahmad Yani Kav 58 Cempaka Putih Timur Jakarta Pusat, dilaksanakan Kegiatan Pelatihan Pengelolaan Jaringan dan Protokol Keamanan Internet. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana Ditjen Badilmiltun Widiyanti, S.H., M.H. (selaku Koordinator Bagian Teknologi Informatika/IT Ditjen Badilmiltun) mewakili Sekretaris Ditjen Badilmiltun Jeanny H. V. Hutauruk, S.E., A.k., M.M. Dalam sambutannya, Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana Ditjen Badilmiltun menyatakan bahwa Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kemampuan sumber daya manusia dibidang teknologi informatika (TI) khususnya bagi para pegawai yang berlatarbelakang pendidikan Sarjana Komputer dan tentunya sangat bermanfaat untuk menambah wawasan terkait perkembangan teknologi jaringan komputer dan ancaman terhadap keamanan internet.

Kegiatan ini dihadiri oleh 17 (tujuh belas) peserta diantaranya 1 (satu) orang Pejabat Eselon II, 1 (satu) orang Pejabat Eselon III, 3 (tiga) orang Pejabat Eselon IV dan 12 (dua belas) orang staff. Adapun narasumber pada Kegiatan Pelatihan Pengelolaan Jaringan dan Protokol Keamanan Internet ini adalah Yogi Kristiyanto, S.Kom., M.MSi. Kegiatan ini terbagi ke dalam 2 (dua) sesi, dimana pada sesi pertama membahas hal-hal teoritis mengenai Keamanan Komputer dan Jaringan Dalam Penerapan Strategis SI/IT, dan kemudian pada sesi kedua membahas mengenai praktik terkait teknik-teknik pengamanan jaringan komputer melalui perangkat Mikrotik, Firewall (Hillstone) dan Akses Point (Ubiquiti). Dalam paparan sesi pertama, narasumber membahas hal-hal terkait Keamanan Sistem Informasi, Teknik Pengamanan Sistem Informasi, Keamanan Email (mail security), Keamanan Website (web security), Eksploitasi Keamanan, Cyber Law dan Keamanan Sistem Jaringan Wireless (wireless security).

Selanjutnya pada sesi kedua, narasumber melakukan demonstrasi dengan mempraktikan beragam teknik dalam mengamankan jaringan komputer melalui perangkat-perangkat pengatur jaringan komputer, seperti : router, firewall dan access point. Terkait pengamanan jaringan komputer melalui perangkat router (Mikrotik), ada beberapa hal yang patut menjadi perhatian utama, antara lain : pengelolaan terhadap pengaturan pemakaian bandwidth, penanganan access list terhadap akses web, penanganan access list port. Selain itu narasumber juga memaparkan mengenai fungsi dari OpenDNS sebagai pengatur content filtering dan restriksi terhadap akses konten-konten yang ada di dunia maya. Tidak lupa juga pembahasan mengenai pengaturan keamanan access point (ubiquiti), manajemen dan troubleshoot jaringan. Dan terakhir, narasumber juga mendemonstrasikan pengamanan jaringan komputer dari ancaman keamanan IT melalui perangkat firewall

(@x_cisadane)



JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL


Karya Tulis
Makalah

Tulisan dan Artikel warga Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara ( kirimkan tulisan anda pada kami melalui email ke redaksi@ditjenmiltun.net)

>> Klik disini <<

 
Serba Serbi
 
 
 
Aplikasi MA-RI
SIKEP MA-RI

Why IceTheme Club System Informasi Kepegawaian Online Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses oleh seluruh Pegawai Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Indonesia.

 
Keuangan Perkara

Why IceTheme Club Pelaporan Keuangan Perkara Online berbasis SMS yang bisa diakses dalam interface website ini berguna agar pelaporan keuangan perkara pengadilan ke Mahkamah Agung dapat terupdate secara cepat dan akurat.

 
Kumpulan Putusan

Easy Setup Kumpulan Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses secara online di Portal Mahkamah Agung, modul putusan ini adalah program pelayanan Mahkamah Agung agar masyarakat dapat secara cepat mengetahui putusan yang sudah berkekuatan hukum tetap.

 
 
 
Berita Video

SELAMAT IDUL FITRI 1433H

Lihat Video Lainnya

 
Polling

Bagaimana dengan website kami

 

 

 

  Hasil

 
 

  • banner1.jpg
  • banner2.jpg
  • banner3.jpg
  • banner4.png
  • banner5.png
  • banner6.png

informasi Terkini

Transparansi Kami

Keuangan


Seputar Informasi Keuangan Ditjen Badilmiltun

Read more ...

Link Pengadilan dan Instansi Terkait

Informasi Alamat dan Link Website Pengadilan Militer dan Pengadilan Tata Usaha Negara.

Read more ...

Dapur Redaksi

REDAKSI

Read more ...

Kontak Kami & Pengaduan

Email Peradilan Militer

Email Peradilan TUN

Makalah & Artikel

Serba - Serbi

Blog Kami

WEB LINK


User Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday834
mod_vvisit_counterYesterday4733
mod_vvisit_counterThis week5567
mod_vvisit_counterAll days5517783

We have: 74 guests, 7 bots online
Your IP: 54.162.105.241
 , 
Today: Okt 22, 2017

peraturan-button