Peringatan Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung RI yang Ke-74 

Menyusul Surat Sekretaris Mahkamah Agung Nomor : 1131/SEK/HM.01.2/7/2019 tanggal 26 Juli 2019 Perihal Peringatan Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung yang Ke-74, maka dengan ini disampaikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Tema HUT ke-74 Mahkamah Agung RI tahun 2019 adalah "Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi untuk Melayani"
  2. Upacara Bendera HUT ke-74 Mahkamah Agung RI dilaksanakan pada pukul 07.30 waktu setempat. 
  3. Ketua/Kepala Pengadilan Tingkat Banding pada 4 (empat) Lingkungan Peradilan mengikuti Upacara HUT ke-74 Mahkamah Agung RI di Gedung Mahkamah Agung RI.
  4. Upacara HUT ke-74 Mahkamah Agung RI pada 4 (empat) Lingkungan Peradilan Tingkat Provinsi dipusatkan di Kantor Pengadilan Tingkat Banding dan bagi Pengadilan Tingkat Pertama yang terletak jauh dari Ibu kota Provinsi/dari Kantor Pengadilan Tingkat Banding atau karena kesulitan transportasi, Upacara dilaksanakan pada salah satu kantor Pengadilan Tingkat Pertama di Kabupaten/Kota, sesuai dengan situasi dan kondisi. 
  5. Wakil Ketua/Wakil Kepala Pengadilan Tingkat Banding/Hakim Tinggi Senior bertindak selaku Inspektur Upacara HUT ke-74 Mahkamah Agung RI Tingkat Provinsi. 
  6. Bagi Hakim dan Aparatur/Pegawai yang sedang menjalankan cuti atau tugas dapat mengikuti Upacara di satuan kerja terdekat sesuai keberadaan Hakim dan Aparatur/Pegawai bersangkutan, dan wajib melapor kepada pimpinan satuan kerja masing-masing dan pimpinan satuan kerja tempat melaksanakan Upacara (format terlampir). 
  7. Inspektur Upacara membacakan amanat Ketua Mahkamah Agung RI (naskah amanat menyusul). 
  8. Pakaian Upacara :
  • Pimpinan Pengadilan/Inspektur Upacara, Hakim, Panitera dan Sekretaris mengenakan Pakaian Sipil Lengkap (PSL). 
  • Militer mengenakan Pakaian Dinas Upacara (PDU) IV. 
  • Pegawai mengenakan seragam KORPRI lengkap dengan memakai peci warna hitam polos
  • Anggota Dharmayukti Karini menggunakan seragam Dharmayukti. 
  • Para Purnabhakti menyesuaikan/mengenakan batik lengan panjang.
9. Pelaksanaan Upacara HUT ke-74 Mahkamah Agung RI mengikuti tata tertib upacara yang telah ditetapkan (terlampir).

Disampaikan, bahwa rangkaian Peringatan HUT ke-74 Mahkamah Agung RI setelah pelaksanaan Upacara dilanjutkan dengan kegiatan internal di lingkungan Pengadilan secara bersama, disesuaikan dengan situasi dan kondisi masing-masing daerah, dengan acara : 

a. Tasyakuran dan do'a bersama 

b. Menyaksikan live streaming peluncuran/launching : 

1. Kebijakan Peradilan Elektronik/E-litigasi 

2. Theme Song Mahkamah Agung

Pengadilan Kabupaten/Kota diberikan ijin untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan lainnya dalam rangka perayaan HUT ke-74 Mahkamah Agung RI seperti kegiatan olah raga, bhakti sosial atau Kegiatan Seminar/FGD pada hari Minggu tanggal 18 Agustus 2019 atau di hari lain, sesuai dengan keadaan daerah masing-masing, dengan tetap mendahulukan pelayanan para pencari keadilan. 

Khusus untuk Pengadilan Militer Utama, Pengadilan Tingkat Banding dan Pengadilan Tingkat Pertama di 4 (empat) Lingkungan Peradilan di Wilayah DKI Jakarta, pelaksanaan Upacara bergabung di Halaman Gedung Mahkamah Agung RI, Jl. Medan Merdeka Utara No. 9-13 Jakarta Pusat. Setelah pelaksanaan Upacara dilanjutkan dengan acara tasyakuran, Peluncuran E-litigasi dan Theme Song Mahkamah Agung di Balairung Mahkamah Agung, diikuti oleh masing-masing peradilan di wilayah DKI Jakarta sesuai dengan undangan yang akan dikirim menyusul. 

Untuk informasi lebih lanjut, Silahkan mengunduh Surat Pemberitahuannya melalui tautan berikut : https://www.ditjenmiltun.net/2019/1162_SEK_HM_01_2_8_2019.pdf 

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia 

(@x_cisadane)

Tekan play untuk mengaktifkan fitur baca