Yang Mulia Hakim Agung Dr. Margono, S.H., M.Hum., M.M. Wafat 


Kabar duka datang dari Mahkamah Agung Republik Indonesia, salah satu putra terbaiknya, Yang Mulia Hakim Agung Dr. Margono, S.H., M.Hum., M.M. 'berpulang' pada Hari Jum'at 20 September 2019 pukul 01.00 WIB di Rumah Sakit Harapan Kita Pasar Rebo Jakarta Timur akibat serangan jantung. 

Dr. Margono, S.H., M.Hum., M.M. lahir di Banjarnegara pada 10 Januari 1951 dan memulai karirnya sebagai Staf pada Pengadilan Negeri Jakarta Barat pada tahun 1985. Dr. Margono, S.H., M.Hum., M.M. mulai mengenakan toga merah pada tahun 1987 di Pengadilan Negeri Muara Taweh. Sebagaimana dikutip dari Sistem Informasi Kepegawaian Mahkamah Agung RI (SIKEP MA-RI)Dr. Margono, S.H., M.Hum., M.M. semasa hidupnya berpindah-pindah tugas dari satu Pengadilan ke Pengadilan lainnya. Berikut ini perjalanan karir Dr. Margono, S.H., M.Hum., M.M. :

  1. Pengadilan Muara Teweh sebagai Hakim pada 26 Maret 1987 
  2. Pengadilan Negeri Ternate sebagai Hakim pada 10 Januari 1991 
  3. Pengadilan Negeri Balikpapan sebagai Hakim pada 03 April 1997 
  4. Pengadilan Negeri Tenggarong sebagai Wakil Ketua Pengadilan pada 26 September 2001 
  5. Pengadilan Negeri Sangata sebagai Ketua Pengadilan pada 11 Agustus 2003 
  6. Pengadilan Negeri Limboto sebagai Ketua Pengadilan pada 01 Desember 2005 
  7. Pengadilan Tinggi Mataram sebagai Hakim Tinggi pada 07 Agustus 2008 
  8. Pengadilan Tinggi Makassar sebagai Hakim Tinggi pada 04 Mei 2010 

Dr. Margono, S.H., M.Hum., M.M. mulai memakai toga emas sejak Maret 2013, dirinya lolos dalam Seleksi Hakim Agung setelah mengantongi 47 suara anggota Komisi III DPR-RI. 

Sejumlah kasus yang pernah ditangani Almarhum antara lain, Perkara 78 kilogram sabu dengan terdakwa Abdullah dan kasus Bandar Narkoba Murtala Ilyas. Dalam kasus Korupsi, Almarhum pernah menangani perkara pungutan liar Dwelling Time di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Selain itu Dr. Margono, S.H., M.Hum., M.M. juga menangani Perkara Peninjauan Kembali kasus penyebaran rekaman bermuatan konten asusila, Baiq Nuril.

Innalillahi Wa Innailaihi Roji'un, Keluarga Besar Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara Mahkamah Agung Republik Indonesia turut berbelasungkawa atas wafatnya Yang Mulia Hakim Agung Dr. Margono, S.H., M.Hum., M.M., teriring doa semoga Alloh mengampuni dosa dan kesalahan Almarhum di masa hidupnya, melapangkan kuburnya dan khusnul khatimah. Dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran, Amin. 

Selamat jalan Yang Mulia, semoga amal baik Yang Mulia diterima oleh Allah SWT dan menjadi jalan penerang menuju Surga.

(@x_cisadane)

Tekan play untuk mengaktifkan fitur baca