Pada hari Rabu tanggal 23 Maret 2022 Ditjen Badilmiltun khususnya Subdit Bangganismil melaksanakan Bimbingan Teknis Hakim TA. 2022, kegiatan dilaksanakan sesuai dengan arahan dan perintah dari pemerintah agar tetap melaksanakan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus covid-19. Bimtek Hakim dilaksanakan di Hotel Redtop Jl. Pecenongan 2 No 72 Jakarta Pusat, kegiatan ini dilaksanakan selama 3 (Tiga) hari dimulai dari tanggal 23-25 Maret 2022 dan diikuti oleh 40 orang peserta, yang terdiri dari 10 orang Luring (6 orang Pengadilan Militer, 4 Orang dari, Otmil II-07 Jakarta, Puspomad, Puspomal, Puspomau) dan 30 orang Daring terdiri dari jajaran Pengadilan Militer Seluruh Indonesia.

Bimtek kali ini mengangkat tema MENINGKATKAN KOMPETENSI DAN PROFESIONALISME HAKIM DALAM MEMBUAT PUTUSAN NIET ONTVANKELIJKE VERKLAARD (NO) DI LINGKUNGAN PERADILAN MILITER, dengan mengundang nara sumber dari berbagai instansi maupun akademisi yang terdiri dari  Komisioner Komisi Yudisial RI (Kolonel Chk (Purn) Dr. Joko Sasmito, S.H., M.H.), Hakim Agung RI (Brigjen TNI (Purn) Dr. Tama Ulinta Tarigan, S.H., M.Kn., Akademisi (Dr. Lilik Mulyadi, S.H., M.H.). Kegiatan Bimtek Hakim di buka oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara (Hj. Lulik Tri Cahyaningrum, S.H., M.H.), selanjutnya kegiatan disesuaikan yang telah dijadwalkan.

Kegiatan tersebut sangat antusias sekali diikuti oleh para peserta baik secara Daring/Luring dengan adanya tanya jawab ataupun diskusi antara peserta dengan nara sumber, karena diharapkan kedepannya para Hakim Militer agar lebih profesional dalam membuat putusan perkara. Selama 3 (Tiga) hari kegiatan Bimtek Hakim Peradilan Militer berjalan dengan lancar, aman dan tertib, kemudian kegiatan Bimtek Hakim ditutup oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara (Hj. Lulik Tri Cahyaningrum, S.H., M.H.).

Dokumentasi :

8

13

45

67

Menindaklanjuti Surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara Nomor 165/DjMT/B/II/2022 tanggal 04 Februari 2022 tentang Pemanggilan Peserta Profile Assesment Test dalam rangka Uji Kepatutan dan Kelayakan Calon Pimpinan Pengadilan Militer Tipe A dan Wakil Kepala Pengadilan Militer Tipe B TA. 2022, maka diberitahukan bahwa pelaksanaan Wawancara Peserta Fit & Proper Test Wakil Kepala Pengadilan Militer Tipe B akan diselenggarakan secara tatap muka pada hari Jum'at tanggal 4 Maret 2022 sampai dengan selesai, bertempat di Gedung Sekretariat Mahkamah Agung RI lt. 12. Sehubungan hal tersebut diatas, kepada Para Peserta alamat tersebut untuk mempersiapkan diri dengan menerapkan Protokol Kesehatan Pencegahan COVID-19.

Daftar Nama Peserta :

 

Pada hari Selasa 26 Oktober 2021 telah dilaksanakan Pra Rapim/TPM di Ruang Rapat Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Bidang Non Yudisial di Lt. 2 Gedung Tower Mahkamah Agung RI yang dipimpin oleh Yang Mulia Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Bidang Non Yudisial turut hadir Ketua Kamar Pembinaan Mahkamah Agung RI, Ketua Kamar Pengawasan Mahkamah Agung RI, Ketua Kamar Militer Mahkamah Agung RI, Hakim Agung Mahkamah Agung RI, Dirjen Badilmiltun Mahkamah Agung RI, Kepala Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, Dirbinganisminmil, Kasubdit Binganisminmil dan Kasi Mutasi Hakim Peradilan Militer.

Kemudian pada hari yang sama kegiatan dilanjutkan Rapim/TPM di Ruang Rapat Ketua Mahkamah Agung RI di Lt. 13 Gedung Tower Mahkamah Agung RI, rapat dipimpin oleh Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung RI, turut hadir Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Bidang Non Yudisial, Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Bidang Yudisial, para Ketua Kamar Mahkamah Agung RI, Hakim Agung Mahkamah Agung RI, Dirjen Badilmiltun Mahkamah Agung RI, Kepala Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, Dirbinganisminmil, Kasubdit Binganisminmil dan Kasi Mutasi Hakim Peradilan Militer.

Pra Rapim dan Rapim/TPM membahas pola promosi dan mutasi guna mengisi beberapa kekosongan jabatan Kepala/Wakil Pengadilan Militer dan para Hakim di Lingkungan Pengadilan Militer, demi tercapainya Peradilan Militer yang Profesional dan Pelayanan Hukum bagi personil TNI yang membutuhkan.

Dokumentasi Rapat :

WhatsApp Image 2021 10 28 at 095451 2WhatsApp Image 2021 10 28 at 095450 1

WhatsApp Image 2021 10 28 at 095449 1

WhatsApp Image 2021 10 28 at 095445 1WhatsApp Image 2021 10 28 at 095440

WhatsApp Image 2021 10 28 at 095441

Berdasarkan Surat Tugas Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara Nomor 210/DjMT/Ratgas/XI/2021 tanggal 17 November 2021 tentang Pemberitahuan Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Dirjen Badilmiltun MARI pada Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta. Kegiatan Monitoring dan Evaluasi dilaksanakan oleh Tim Monev pada Ditbinganisminmil, Tim Monev dipimpin oleh Marsekal Pertama TNI Edi Wuryanto, S.IP., C.Fr. A. (Dirbinganisminmil), kemudian anggota Tim Monev Mayor Sus R. Faharuddin, S.H., M.H. (Hakim Yustisial pada Ditjen Badilmiltun), Arianie Amanda, S.E. (Kasi Tata Kelola), Happy Rahmawati, S.E., M.M. (Kasi Bimon). Kegiatan Monev dilaksanakan selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 24 s.d 26 November 2021.

Kegiatan Monev kali ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas Satuan Kerja pada Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara, dan juga memeriksa persiapan Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta dalam rangka kenaikan type/kelas pengadilan. Sehingga pada saat Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 74A/KMA/SK/IV/2019 tentang Kriteria Klasifikasi Pengadilan Tingkat Pertama telah direvisi, Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta telah siap dalam segala hal.

 

Dokumentasi Monev :

 

WhatsApp Image 2021 11 25 at 091004WhatsApp Image 2021 11 25 at 091003 1

WhatsApp Image 2021 11 25 at 091003

Pada hari Kamis tanggal 16 September 2021 telah dilaksanakan Pra Rapim/TPM di Ruang Rapat Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Bidang Non Yudisial di Lt. 2 Gedung Tower Mahkamah Agung RI yang dipimpin oleh Yang Mulia Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Bidang Non Yudisial turut hadir Ketua Kamar Pembinaan Mahkamah Agung RI, Ketua Kamar Pengawasan Mahkamah Agung RI, Ketua Kamar Militer Mahkamah Agung RI, Hakim Agung Mahkamah Agung RI, Dirjen Badilmiltun Mahkamah Agung RI, Kepala Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, Dirbinganisminmil, Kasubdit Binganisminmil dan Kasi Mutasi Hakim Peradilan Militer.

Kemudian pada hari yang sama kegiatan dilanjutkan Rapim/TPM di Ruang Rapat Ketua Mahkamah Agung RI di Lt. 13 Gedung Tower Mahkamah Agung RI, rapat dipimpin oleh Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung RI, turut hadir Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Bidang Non Yudisial, Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Bidang Yudisial, para Ketua Kamar Mahkamah Agung RI, Hakim Agung Mahkamah Agung RI, Dirjen Badilmiltun Mahkamah Agung RI, Kepala Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, Dirbinganisminmil, Kasubdit Binganisminmil dan Kasi Mutasi Hakim Peradilan Militer.

Pra Rapim dan Rapim/TPM membahas pola promosi dan mutasi guna mengisi beberapa kekosongan jabatan Kepala/Wakil Pengadilan Militer dan para Hakim di Lingkungan Pengadilan Militer, demi tercapainya Peradilan Militer yang Profesional dan Pelayanan Hukum bagi personil TNI yang membutuhkan.

Dokumentasi Rapat Pra Rapim/TPM :

DSCF33381 DSCF33341

DSCF33351

Dokumentasi Rapat Rapim/TPM :

DSCF33861DSCF33871

DSCF33811DSCF33831

DSCF33781

 

KEGIATAN MONITORING DAN EVALUASI PADA PENGADILAN MILITER I-04 PALEMBANG DAN PENGADILAN MILITER II-10 SEMARANG

Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Layanan Peradilan Di Lingkungan Peradilan Militer Tahun Anggaran 2021dilaksanakan secara bersamaan pada Pengadilan Militer I-04 Palembang dan Pengadilan Militer II-10 Semarang, kegiatan berlangsung selama 3 (tiga) hari pada tangal 21 s.d. 23 April 2021. Pelaksanaan kegiatan dibagi menjadi 2 (dua) Tim, untuk Monev Pengadilan Militer I-04 Palembang dilaksanakan oleh Kolenel Chk Anton M. Tambunan, S.H.., M.H. (Kasubdit Binminmil), Dandy Capriyanto H., S.H., M.M. (Kasubbag TU) dan Arianie Amanda (Kasi Tata Kelola), sedangkan Monev Pengadilan Militer II-10 Semarang dilaksnakan oleh Kolonel Chk (K) Jeli Rita, S.H., M.H. (Kasubdit Binganismil), Letkol Chk Datzun Riyanto, S.H. (Kasi Mutasi Panitera), Jefri Ardianto, S.T. (Kasubbag Perlengkapan), kedatangan tim monitoring dan evaluasi disambut baik oleh Kepala Pengadilan Militer. Sebelum kegiatan monev  dimulai terlebih dahulu masing-masing Ketua Tim melaksanakan pembinaan terhadap Personil Pengadilan Militer, selama 3 (tiga) hari pelaksanaan kegiatan monev dapat berjalan dengan baik dan lancar, semoga Peradilan Militer dapat mewujudkan peradilan yang Agung, Transparan dan Bermartabat.

Dokumentasi Pengadilan Militer I-04 Palembang

 

Share to Social Media