1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

17 April 2014

Rapat Persiapan Bintek Administrasi Peradilan TUN T.A. 2014 

Jakarta - Kamis, 17 April 2014 Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan TUN mengadakan rapat persiapan kegiatan Bimbingan Teknis Administrasi yang akan diselenggarakan di Bandung pada tanggal 23-25 April 2014. Rapat tersebut membahas pembagian tugas panitia bimbingan teknis, pengecekan administrasi surat-surat, susunan acara, serta perlengkapan ATK yang akan dibawa ke lokasi bintek. Rapat dibuka oleh Kasubdit Pembinaan Administrasi TUN, Kartono, SH, MH dan dipimpin oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan TUN. (ns) 


09 April 2014

Pelantikan Kepala Seksi Peningkatan Mutu Hakim Direktorat Bin Ganismin Militer

Jakarta - Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara melantik dan mengambil sumpah pejabat Eselon IV Susetyo, SH sebagai Kepala Seksi Peningkatan Mutu Hakim pada Sub Direktorat Pengembangan Tenaga Teknis Peradilan Militer pada Selasa, 8 April 2014 pada pukul 14.00 WIB. Sebelum menduduki jabatan tersebut, Susetyo, SH adalah Kepala Sub Bagian Kesekretariatan Ketua Muda Pidana Khusus pada Bagian Kesekrertariatan Pimpinan Biro Kesekretariatan Pimpinan Badan Urusan Administrasi MA RI. Sedangkan Kasi Peningkatan Mutu Hakim Sub Direktorat Pengembangan Tenaga Teknis Militer sebelumnya dijabat oleh Udin Ramdhan yang sekarang beralih tugas di Kesekretariatan Ketua Mahkamah Agung RI. (sdm/ns)


28 Maret 2014

Sosialisasi Implementasi SEMA No.1 Tahun 2014 Direktorat Pratalakra Militer

Direktorat Pranata dan Tatalaksana Perkara Pidana Militer (Dit Pratalakra Mil) Ditjen Badilmiltun menyelenggarakan kegiatan Pokja sosialisasi Implementasi SEMA Nomor : 1 Tahun 2014 Dalam Pemberkasan  Perkara Kasasi, Peninjauan Kembali di Direktorat Pratalakra Pidana Militer Mahkamah Agung RI, sekaligus sebagai wujud  pelaksanaan Program Ditjen Badilmiltun Tahun Anggaran 2014. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel d’Batoe Bandung selama 3 hari dari tanggal 25 s.d 27 Maret 2014 dengan dipandu narasumber Asep Nursobah, S.Ag. (Koordinator IT/Hakim Yustisial pada Kepaniteraan Mahkamah Agung) dan PANGIHUTAN SIMORANGKIR, SH, MH. (Panitera Muda Perkara Pidana Militer). Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dirjen Badilmiltun Sulistyo, SH. M.Hum, Sekretaris Ditjen Badilmiltun H. Sugiyoto, SH. CN. MM, Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Militer Brigjen (Pur) Anthon R. Saragih, SH. MH., Direktur Pranata dan Tatalaksana Perkara Pidana Militer Kolonel Sunardi, SH. MH. dan seluruh Pejabat dan Staf Direktorat Pratalakra Militer. Hal-hal khusus yang disampaikan oleh narasumber pertama dalam pokja ini diantaranya adalah, bahwa dalam SEMA No.14 Tahun 2010 yang termuat atau disertakan sebagai kelengkapan dalam berkas terdiri dari : Putusan Tingkat Pertama, Putusan Tingkat Banding, Memori kasasi dan masih bisa menggunakan CD. Dalam SEMA No.1 Tahun 2014 yang termuat atau disertakan sebagai kelengkapan dalam berkas terdiri dari : Relaas Pemberitahuan Putusan Banding, Akta Permohonan Kasasi; Tanda Terima Memori Kasasi; Putusan Pengadilan tingkat pertama; dan/atau Putusan Pengadilan tingkat banding/kasasi; Surat Dakwaan Jaksa; Memori Kasasi/PK; Kontra Memori Kasasi, dan semuanya harus diinputkan melalui aplikasi Direktori Putusan. Sementara dari narasumber kedua menekankan pada kebijakan Tuaka Militer mengenai kupingan berkas ada penambahan penyebutan antara lain yang tadinya hanya memori kasasi menjadi memori kasasi terdakwa/oditur dan susunan/urutan berkas putusan tingkat pertama, tingkat banding harus berurutan untuk mempermudah Majelis membaca.


28 Maret 2014

Teknik Pembuatan Putusan Menggunakan Aplikasi SIAD-PTUN

Mataram - Masih dalam rangkaian kegiatan bimbingan teknis hakim yang diselenggarakan di Mataram, Kamis, 27 Maret 2014, pada waktu sore hingga malam harinya, materi tentang SIAD-PTUN tak ketinggalan juga diberikan kepada para peserta dengan menghadirkan konsultan IT yang mengembangkan aplikasi SIAD-PTUN tersebut. Sesuai dengan tugas dan fungsi para peserta sebagai hakim, maka materi yang diberikan oleh Ervan Wiravan, SE, MH selaku narasumber adalah bagaimana langkah-langkah membuat putusan menggunakan aplikasi SIAD-PTUN. Sesi materi dibagi menjadi dua, yang pertama teori/pengenalan aplikasi dan yang berikutnya adalah praktek menggunakan aplikasi.

Diakhir sesi materinya Ervan Wiravan, SE, MH membagi tips kepada para peserta agar IT tidak dipandang sebagai momok, karena menurutnya ada anggapan bahwa dimata orang-orang non IT atau mereka yang tidak berlatar belakang IT menilai IT adalah sesuatu yang sulit dipelajari, padahal tidak demikian adanya, apalagi jika menggunakan aplikasi. Bahwa selama ini hal-hal yang dipelajari dalam sebuah aplikasi hanyalah bagaimana :

1. Cara membuka aplikasi
2. Cara memasukkan (input/edit) data
3. Cara menyimpan data
4. Cara melihat/mencetak hasil (output)
5. Cara keluar dari aplikasi

Waktu satu kali pertemuan ini tentu saja belum cukup untuk membuat peserta menjadi mahir, narasumber berpesan agar para peserta membuka dan mempelajari sendiri dikantor masing-masing, jika menemui kesulitan teknis dapat bertanya pada admin yang telah ditunjuk disatker masing-masing, atau menghubungi konsultan. Para pengguna aplikasi SIAD-PTUN juga dapat mengirimkan permasalahan atau kendala-kendala yang dihadapi pada fitur Aplikasi Support Online yang dapat diakses melalui website Ditjen Badilmiltun.(ns)


27 Maret 2014

Kompetensi Peradilan TUN Menyelesaikan Sengketa Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum

Mataram - Judul diatas merupakan tema bimbingan teknis Hakim PTUN Tahun Anggaran 2014 yang diselenggarakan oleh Ditjen Badilmiltun pada 26-28 Maret 2014 di Mataram. Sebanyak 50 orang hakim PTUN dari berbagai wilayah Pengadilan TUN mengikuti bimbingan teknis tersebut. Untuk memberikan materi sesuai tema tersebut diundang narasumber dari Kepala Kantor Wilayah BPN Propinsi NTB (Ir. Danu Ismadi), Dosen Fakultas Hukum Universitas Mataram (D.R. H.M. Arba, SH, MHum), dan Hakim Tinggi pada Balitbang Diklat Kumdil MA RI (DR. Dani Elpah, SH, MH).

Read Article »


26 Maret 2014

Malam Pembukaan Bintek Hakim TA 2014 di Mataram

Mataram - Rabu malam, 26 Maret 2014, dilaksanakan acara pembukaan Bimbingan Teknis Hakim TUN di Mataram. Bintek yang diikuti oleh 50 orang hakim tata usaha negara tersebut dibuka secara resmi oleh Dirjen Badilmiltun, Sulistyo, SH, MHum. Bintek Hakim kali ini mengusung tema "Kompetensi Peradilan Tata Usaha Negara Menyelesaikan Sengketa Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum", dan sebelum kegiatan Bintek ini digelar para peserta juga telah diminta untuk membuat esay berkaitan dengan tema tersebut untuk mengetahui bagaimana pemahaman peserta mengenai materi. Usai acara pembukaan, Dirjen Badilmiltun juga berkenan memberikan pengarahan kepada para hakim, yang pada intinya adalah pengenalan terhadap apa dan bagaimana aplikasi SIAD-PTUN, juga sedikit penjelasan mengenai aplikasi SIMPEG. Karena nantinya dalam satu sesi pada kegiatan bintek ini akan diberikan materi mengenai teknik pembuatan putusan dengan aplikasi SIAD-PTUN. 

Dalam kesempatan tersebut, Dirjen juga mengungkapkan rasa kecewanya atas kasus yang menimpa 3 orang hakim tata usaha negara yang terbukti melanggar peraturan dan harus dicopot dari jabatannya. Lagi-lagi Dirjen mengingatkan kepada para hakim, bahwa nama baik seorang hakim itu harus dijaga dengan baik, janganlah para hakim membuat cacat perjalanan karier mereka sendiri dengan melanggar aturan perundang-undangan maupun norma masyarakat yang berlaku. Pada akhirnya Dirjen meminta kepada semua peserta Bintek untuk bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan bintek ini.

Selain itu, Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan TUN, Yodi Martono Wahyunadi, SH, MH juga menghimbau kepada para hakim agar dapat melengkapi data-data mereka yang ada di aplikasi SIMPEG, karena besar harapan Direktur bahwa pada tahun 2015 nanti Peradilan Tata Usaha Negara dapat menyelenggarakan TPM secara paperless dengan menggunakan data yang ada pada aplikasi SIMPEG tersebut. Kemudian sebelum acara diakhiri, seluruh peserta bimbingan teknis bersama Dirjen Badilmiltun dan para pejabat Eselon II di Lingkungan Ditjen Badilmiltun melakukan foto bersama. (ns)

Dalam kesempatan tersebut, Dirjen juga mengungkapkan rasa kecewanya atas kasus yang menimpa 3 orang hakim tata usaha negara yang melanggar peraturan dan harus dicopot dari jabatannya. Lagi-lagi Dirjen mengingatkan kepada para hakim, bahwa nama baik seorang hakim itu harus dijaga dengan baik, janganlah para hakim membuat cacat perjalanan karier mereka sendiri dengan melanggar aturan perundang-undangan maupun norma masyarakat yang berlaku. Pada akhirnya Dirjen meminta kepada semua peserta Bintek untuk bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan bintek yang akan diselenggarakan hingga tanggal 28 Maret 2014.

Selain itu, Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan TUN, Yodi Martono Wahyunadi, SH, MH juga menghimbau kepada para hakim agar dapat melengkapi data-data mereka sendiri yang ada di aplikasi SIMPEG, karena besar harapan Direktur bahwa pada tahun 2015 nanti Peradilan Tata Usaha Negara dapat menyelenggarakan TPM secara paperless dengan menggunakan data yang ada pada aplikasi SIMPEG tersebut. Kemudian sebelum acara pada malam tersebut diakhiri, seluruh peserta bimbingan teknis bersama Dirjen Badilmiltun dan para pejabat Eselon II di Lingkungan Ditjen Badilmiltun melakukan foto bersama. (ns)

17 Maret 2014

Pelatihan TOT SIAD Bagi Pegawai Badilmiltun

Jakarta-Jumat, 14 Maret 2014, Ditjen Badilmiltun mengadakan pelatihan training of trainers SIAD DILMIL dan SIADPTUN bagi pegawainya. Pelatihan ini ditujukan agar peserta yang dilatih dapat memberikan tutorial maupun problem solving terhadap masalah-masalah yang dihadapi oleh satker pengadilan. Memang telah dirasakan menjadi kendala bagi pegawai di Ditjen Badilmiltun selama ini untuk memberikan solusi atas pertanyaan-pertanyaan dari satker mengenai permasalahan-permasalah yang muncul dalam penggunaan SIAD DILMIL maupun SIADPTUN dikarenakan aplikasi ini memang tidak ditujukan untuk berjalan di lingkungan Ditjen Badilmiltun juga sebagian besar pegawai tersebut tidak berpengalaman dalam administrasi perkara di pengadilan (bukan orang lapangan). Sehingga diharapkan pelatihan ini dapat mengurangi gap antara Ditjen Badilmiltun dan satker pengadilan. Pelatihan tersebut diberikan oleh konsultan IT yang bekerjasama dengan Ditjen Badilmiltun untuk membangun dan mengembangkan aplikasi SIAD DILMIL dan SIADPTUN. Rencananya pelatihan ini akan diberikan secara berkelanjutan satu minggu sekali oleh konsultan IT tersebut. Sebuah perubahan memang menuntut kerja keras, namun tanpa sebuah perubahan tidak ada akan ada kemajuan. Aplikasi SIAD DILMIL dan SIADPTUN sendiri juga masih terus mengalami perkembangan dan penyempurnaan berdasarkan masukan-masukan dari Ditjen maupun satker pengadilan. (ns)


11 Maret 2014

Presentasi Asistensi Teknis Juklak Perma No. 1 Tahun 2014 dari PUSKAPA UI/AIPJ

Jakarta - Pada Selasa, 11 Maret 2014, Dirjen Badilmiltun menghadiri undangan Presentasi dari Tim Pusat Kajian Perlindungan Anak FISIP UI (PUSKAPA FISIP UI) yang didukung oleh Australia-Indonesia Partnership for Justice (AIPJ) mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pembuatan Juklak Perma No. 1 Tahun 2014 dan bentuk asistensi teknis yang ingin mereka tawarkan.

Dengan mengundang tiga badan peradilan, rapat tersebut digelar di Ruang sidang Dirjen Peradilan Agama dan dibuka oleh Dirjen Badilmiltun. Hadir dalam rapat tersebut Dirjen Badan Peradilan Agama, Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Umum, Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama, Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan TUN, Sesditjen Badilmiltun, Kabag Perencanaan dan Keuangan Badilum, Kabag Perencanaan dan Keuangan Badilmiltun, Kabag Organisasi dan Tata Laksana Badilag, Kasubag Perencanaan dan Keuangan Badilag, Kasubag Dokumentasi dan Informasi Badilmiltun (mewakilai Kabag Organisasi dan Tata Kelola) serta tim Pembaharuan Mahkamah Agung RI. 

Meskipun sebelumnya Ditjen Badilmiltun sendiri telah selesai dalam menyusun Juklak Perma No. 1 Tahun 2014 untuk pelaksanaan Posbakum dan Prodeo di Pengadilan Tata Usaha Negara, dalam rapat tersebut bersama Badan Peradilan Umum dan Badan Peradilan Agama berencana untuk membuat SOP untuk pelaksanaan Perma No. 1 Tahun 2014 tersebut. (ns)


07 Maret 2014

Pemberitahuan Keputusan Dirjen Badilmiltun Tentang Petunjuk Pelaksanaan Perma No. 1 Tahun 2014

Jakarta - Diberitahukan kepada Pengadilan Tata Usaha Negara seluruh Indonesia bahwa Ditjen Badilmiltun telah mengeluarkan Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Mahkamah Agung No. 1 Tahun 2014 dalam Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara Nomor : 28/DjMT/Kep/III/2014 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Mahkamah Agung RI No. 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan. 

Kep Dirjen Badilmiltun No: 28/DjMT/Kep/III/2014

Lampiran Juklak


06 Maret 2014

Hasil Survei Kepuasan Pelayanan Informasi Pengadilan : PTUN Paling Tinggi

Jakarta - Pada survei kepuasan pelayanan informasi di pengadilan yang dilakukan oleh PSHK (Pusat Studi Hukum dan Kebijakan), PTUN memperoleh nilai tertinggi dengan persentase 80%, selisihnya sekitar 17% dengan PA dan 43% dengan PN. Pencapaian yang sudah baik ini diharapkan dapat memacu peradilan tata usaha negara untuk semakin meningkatkan pelayanan keadilan terhadap masyarakat luas, yang dalam hal ini adalah pelayanan informasi pengadilan demi mewujudkan peradilan yang agung, yang mana salah satu elemen pentingnya adalah memantapkan layanan informasi yang profesional, cepat dan berbiaya murah.

Survei kepuasan merupakan metode standar untuk mengukur kualitas pelayanan publik yang banyak diterapkan pada instansi pemerintahan di banyak negara, yang salah satunya juga menyangkut pelayanan informasi di pengadilan. Survei kepuasan pelayanan informasi di pengadilan ini dilakukan berlandaskan pada Surat Keputusan Ketua MA Nomor : 026/KMA/SK/II/2012 tentang Standar Pelayanan Publik dan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang mewajibkan lembaga negara untuk menyusun standar pelayanan publiknya.

Hasilnya, rata-rata responden yang dijumpai menyatakan kepuasan terhadap layanan informasi di pengadilan sebesar 50%. Tingkat kepuasan layanan informasi di PA lebih besar daripada PN. PA meperoleh tingkat kepuasan sebesar 63%, sedangkan PN hanya memperoleh 37%. Sedangkan PTUN memperoleh tingkat kepuasan masyarakat yang tertinggi, yaitu sebesar 80%. (ns)

Sumber berita : Majalah Mahkamah Agung No. 3 Edisi September 2013.



JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL


Karya Tulis
Makalah

Tulisan dan Artikel warga Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara ( kirimkan tulisan anda pada kami melalui email ke redaksi@ditjenmiltun.net)

>> Klik disini <<

 
Serba Serbi
 
 
 
Aplikasi MA-RI
SIKEP MA-RI

Why IceTheme Club System Informasi Kepegawaian Online Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses oleh seluruh Pegawai Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Indonesia.

 
Keuangan Perkara

Why IceTheme Club Pelaporan Keuangan Perkara Online berbasis SMS yang bisa diakses dalam interface website ini berguna agar pelaporan keuangan perkara pengadilan ke Mahkamah Agung dapat terupdate secara cepat dan akurat.

 
Kumpulan Putusan

Easy Setup Kumpulan Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses secara online di Portal Mahkamah Agung, modul putusan ini adalah program pelayanan Mahkamah Agung agar masyarakat dapat secara cepat mengetahui putusan yang sudah berkekuatan hukum tetap.

 
 
 
Berita Video

SELAMAT IDUL FITRI 1433H

Lihat Video Lainnya

 
Polling

Bagaimana dengan website kami

 

 

 

  Hasil

 
 

  • banner0.jpg
  • banner 1.jpg
  • banner 2.jpg
  • banner 3.jpg
  • banner 4.jpg
  • banner 5.jpg

informasi Terkini

Transparansi Kami

Keuangan


Seputar Informasi Keuangan Ditjen Badilmiltun

Read more ...

Link Pengadilan dan Instansi Terkait

Informasi Alamat dan Link Website Pengadilan Militer dan Pengadilan Tata Usaha Negara.

Read more ...

Dapur Redaksi

REDAKSI

Read more ...

Kontak Kami & Pengaduan

Email Peradilan Militer

Email Peradilan TUN

Makalah & Artikel

Serba - Serbi

Blog Kami

Link SIPP Web Peradilan Militer

Sistem Informasi Penelusuran Perkara Peradilan Militer

Pengadilan Tingkat Banding Pengadilan Tingkat Pertama Website SIPP Web
Pengadilan Militer UtamaPengadilan Militer UtamaLihat-
Pengadilan Militer Tinggi I MedanLihat-
Pengadilan Militer Tinggi II JakartaLihat
-
Pengadilan Militer Tinggi III SurabayaLihat
-
Pengadilan Militer Tinggi I Medan
Pengadilan Militer I-01 Banda AcehLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-02 MedanLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-03 PadangLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-04 PalembangLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-05 PontianakLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-06 BanjarmasinLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-07 BalikpapanLihat
Lihat
Pengadilan Militer Tinggi II Jakarta
Pengadilan Militer II-08 JakartaLihat
Lihat
Pengadilan Militer II-09 BandungLihat
Lihat
Pengadilan Militer II-10 SemarangLihat
Lihat
Pengadilan Militer II-11 YogyakartaLihat
Lihat
Pengadilan Militer Tinggi III Surabaya
Pengadilan Militer III-12 SurabayaLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-13 MadiunLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-14 DenpasarLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-15 KupangLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-16 Makassar
Lihat
Lihat
Pengadilan Militer III-17 Manado
Lihat
Lihat
Pengadilan Militer III-18 Ambon
Lihat
Lihat
Pengadilan Militer III-19 Jayapura
Lihat
Lihat


Read more ...

WEB LINK


User Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday2919
mod_vvisit_counterYesterday2055
mod_vvisit_counterThis week4974
mod_vvisit_counterAll days7046966

We have: 92 guests, 1 bots online
Your IP: 54.82.73.21
 , 
Today: Nov 19, 2018

peraturan-button