1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

Ditulis oleh @x_cisadane 12 Oktober 2016

Menebar Jentik 'Nyamuk Pers' Melalui Pelatihan Penulisan Berita



Jakarta - ditjenmiltun.net, Selasa 11 Oktober 2016, ada yang berbeda di lantai sembilan Gedung Sekretariat Mahkamah Agung RI di Jalan Ahmad Yani Cempaka Putih Timur. Ruangan yang sehari-hari diperuntukkan khusus untuk tempat kerja bagi para penggiat IT di lingkungan Sekretariat Ditjen Badilmiltun ini tampak riuh rendah. Tepat pukul 10.00 WIB tampak beberapa Pejabat dan juga para Staff memasukki ruangan untuk mengikuti kegiatan Pelatihan Penulisan Berita di Website Ditjen Badilmiltun. Tidak tanggung-tanggung, Ditjen Badilmiltun mendatangkan seorang narasumber yang merupakan Mantan Penulis Berita Daring (online) hukumonline.com, yaitu Hermansyah, S.HI yang kini bekerja di Ditjen Badilag sebagai Kepala Seksi Pembinaan. Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan Ditjen Badilmiltun dapat menebar jentik nyamuk pers agar situs resmi Ditjen Badilmiltun menjadi lebih menarik. 

Menurut narasumber, proses menulis berita tidak ada bedanya seperi memasak. "Ketika kita mencicipi cita rasa sebuah masakan, belum tentu pula kita dapat membuat masakan yang enak seperti itu", tutur narasumber. Artinya sesuatu yang kita konsumsi (nikmati) belum tentu kita dapat memproduksinya.Nah bagaimana cara memproduksi sebuah berita (tulisan)? Sama seperti memasak, dalam menyusun/menulis sebuah berita langkah awal yang harus dilakukan adalah melakukan perencanaan terhadap berita (tulisan) yang ingin disajikan kepada khalayak, kemudian mengumpulkan bahan-bahan berupa data yang faktual, lalu mengolah data tersebut dan disajikan ke dalam bentuk narasi maupun deskripsi.

Dalam penyampaian materi, narasumber  tidak hanya sekedar mengajar secara teoritis saja melainkan lebih menitikberatkan ke dalam bentuk simulasi (praktis).  Secara teoritis terdapat 3 buah pendekatan yang menjadi pedoman dalam menulis berita, yaitu observasi, wawancara dan studi dokumen. Setelah simulasi (uji coba) menggunakan beragam metode untuk menggali informasi, narasumber menjelaskan kiat-kiat memproduksi publikasi di website. Kiat-kiat yang pertama sebagai langkah awal dalam memproduksi publikasi di website adalah penggunaan judul berita. Judul berita haruslah bersifat singkat dan jelas namun menarik, kemudian judul berita tidak boleh lebih dari 10 kata dan harus dalam bentuk kalimat aktif. Langkah selanjutnya adalah menyusun lead (teras berita) dimana  pada bagian ini berfungsi sebagai magnet yang dapat menarik minat pembaca atau juga dapat berfungsi sebagai pedoman. Langkah berikutnya adalah meracik tubuh berita dimana pada bagian ini merupakan isi dari berita yang ingin disampaikan. Dalam menulis bagian tubuh berita, penggunaan kalimat harus sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), begitupula dengan istilah, kata serapan dan tanda baca juga tidak dapat luput dari perhatian. Apabila menggunakan istilah atau kata serapan disarankan untuk memberikan penjelasan singkat yang ditulis di dalam simbol (dalam kurung).

Dalam menyusun sebuah publikasi (berita/tulisan/artikel) harus memperhatikan karakteristik publikasi situs resmi lembaga, antara lain orientasi untuk organisasi, paradigma “news is good”, batasan area pemberitaan dan kualitas isi berita (misalnya tidak bombastis). Selain memperhatikan karakteristik publikasi tersebut, sebagai penulis juga harus mampu menganalisa dan mengenali karakteristik pembaca.Selanjutnya terdapat kriteria umum nilai berita yang dapat dijadikan acuan dalam menyusun sebuah berita, seperti tidak biasa (unusualness), kebaruan, berdampak, kedekatan (proximity), orang penting, ada konflik/masalah, mengejutkan, mengharukan dan lain sebagainya. Terakhir, dari sudut pandang penulis selain harus mampu menganalisa dan mengenali karakteristik pembaca, tulisan yang disusun juga harus memuat karakteristik bahasa jurnalistik, seperti : sederhana, singkat, padat, lugas, jelas, jernih, menarik, demokratis dan bersifat umum (tidak terlalu teknis).


Ditulis oleh @x_cisadane 10 Oktober 2016

Perayaan Ulang Tahun Dirjen Badilmiltun Yang Ke-57 










Hari ini, Senin 10 Oktober 2016, ada yang berbeda di lantai sembilan Gedung Sekretariat Mahkamah Agung RI di Jalan Ahmad Yani Cempaka Putih Timur. Ruangan yang diperuntukkan khusus untuk tempat kerja Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara (Dirjen Badilmiltun) ini tampak riuh rendah. Berbeda dengan hari-hari biasanya. Untuk ketenangan Pimpinan, Sekretaris Pribadi maupun Protokoler selalu mengupayakan agar situasi di ruangan ini selalu kondusif. Namun pada siang ini, Sekretaris Pribadi maupun protokoler membiarkan puluhan orang memadati Ruangan Dirjen Badilmiltun. Riuh rendah suara mulai terdengar di ruangan ini. Ruangan yang biasanya hanya diakses oleh pimpinan, tamu pimpinan dan staf pimpinan itu disambangi oleh seluruh Staff hingga Pejabat di Lingkungan Kesekretariatan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara (Ditjen Badilmiltun). 

“Selamat ulang tahun, kami ucapkan. Selamat panjang umur kita kan doakan,” terdengar alunan suara dari seluruh Pejabat maupun Staff kepada Bapak Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara, Bapak Mayor Jenderal TNI Mulyono, S.H., S.IP., M.H. Nampak antusias dari seluruh Pejabat maupun Staff yang bersukacita merayakan Hari Ulang Tahun beliau yang ke-57. Acara perayaan ulang tahun ini dilakukan secara sederhana yang dipandu oleh Bapak Mayor Jenderal TNI Mulyono, S.H., S.IP., M.H. beserta Istri. Dimana diawali dengan menyulang kue start ulang tahun oleh Bapak Kolonel Agung Iswanto, S.H., M.H. (Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer), kemudian acara dilanjutkan pemberian doa diikuti dengan ucapan selamat ulang tahun oleh seluruh Pejabat maupun Staff di Lingkungan Kesekretariatan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara.

Seluruh Pejabat dan Staff di Lingkungan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara mengucapkan “Selamat ulang tahun Bapak, panjang umur semoga sehat selalu dan diulang tahun ini Allah SWT senantiasa memberikan Taufik, Rahmat, Berkah, Lindungan dan Keselamatan, Rejeki dan Hidaya serta Ridho’nya Aamiin”.


Ditulis oleh @x_cisadane 07 Oktober 2016

Surat Edaran Tentang Laporan Tahunan Mahkamah Agung RI Tahun 2016


Sehubungan dengan pelaksanaan Laporan Tahunan Mahkamah Agung RI Tahun 2016, yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 1 Februari 2017, bertempat di Ruang Kusumah Atmadja Lantai 14 Gedung Mahkamah Agung RI, Jalan Medan Merdeka Utara 9-13 Jakarta Pusat. Oleh karana itu, diminta kepada seluruh Satker Pengadilan di Lingkungan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara untuk melakukan upload data perkara pada SIPP, melaporan berbagai kegiatan unggulan, inovasi pengadilan, dan capaian-capaian lainnya yang dapat mendukung data laporan tahunan pada masing-masing bagian sebagai berikut :

  1. Manajemen Perkara;
  2. Akses Terhadap Keadilan;
  3. Pengawasan; 
  4. Manajemen Sumber Daya Manusia; 
  5. Manajemen Keuangan dan Aset; 
  6. Penelitian dan Pengembangan; 
  7. Peran Serta Mahkamah Agung RI di Kancah lnternasional; dan 
  8. Reformasi Birokrasi.

Data  dari  masing-masing  Satker  dapat  dikirim  melalui  Sdr. Dedi Waryoman,  S.Sos., M.H. Kabag Umum Setditjen Badilmiltun (e-mail: Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya ); Sdri. Nita Setyaningrum, S.T.,  M.Si. Staf  Dit.  Binganismin  Diltun (e-mail: Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya ), dan Sdri.Arianie Amanda, S.E. Staf Dit. Binganismin Dilmil (e-mail: Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya ).

Untuk informasi lebih lanjut silahkan mengunduh Surat Edaran melalui tautan berikut ini :  http://ditjenmiltun.net/surat_edaran_laptah_ma_ri_2016.pdf


06 Oktober 2016

Laporan Administrasi Kepaniteraan Perkara

Berdasarkan hasil rapat Penyusunan bahan Laporan Tahunan (Laptah) 2016 yang telah dilaksanakan tanggal 3 s/d 4 Oktober 2016, maka Kepala Badan Urusan Kepegawaian MA RI(Plt. Sekretaris MA RI), menginstruksikan kepada seluruh pengadilingan dilingkungan Peradilan Tata Usaha Negara untuk membuat laporan yang berkaitan dengan :

1. Laporan Perkara dari menu Laporan pada aplikasi SIPP

2. Laporan Keuangan Perkara

3. Laporan Penyerapan Pelayanan Posbakum

4. Laporan Perkara Prodeo

Untuk informasi selengkapnya silahkan unduh surat berikut :

*Surat 


Ditulis oleh @x_cisadane 06 Oktober 2016

Surat Teguran Tentang Peringatan Atas Satuan Kerja Yang Tidak Tepat Waktu Dalam Melaksanakan Kewajiban Rekonsiliasi Eksternal Bulan Agustus 2016 dan Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga Negara Semester I tahun 2016 Revisi


Menindaklanjuti surat Plt. Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 256/SEK/KU.00/9/2016 tanggal 27 September 2016 tentang peringatan atas satuan kerja yang tidak tepat waktu dalam melaksanakan kewajiban Rekonsiliasi Eksternal bulan Agustus 2016 dan Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga Semester I tahun 2016 Revisi, maka perlu kami tegaskan kembali sebagai berikut :

  1. Para Pejabat yang berwenang pada satuan kerja (sebagaimana dalam tabel 1), bersama ini diberikan peringatan atas tidak berjalannya sistem pengendalian internal atas pelaporan keuangan sebagaimana mestinya dan diminta untuk mengawal penyelesaian permasalahan pada satuan kerjanya;
  2. Sedangkan satuan kerja (sebagaimana dalam tabel 2) diminta untuk melakukan verifikasi atas selisih data antara SIMAK-BMN dengan Aplikasi e-Rekon-LK, apabila data telah sama, kirimkan Back Up ADK SIMAK-BMN pada Aplikasi Komdanas dan lakukan upload data pada Aplikasi e-Rekon-LK bulan September 2016.
  3. Penurunan Kinerja atas pelaporan keuangan dapat mengakibatkan turunnya kualitas dan mengancam pencapaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tahun 2016, sebagai konsekuensi dari ketidakpatuhan tersebut akan dilakukan penundaan pembayaran tunjangan khusus kinerja bulan Oktober tahun 2016 pada satuan kerja (sebagaimana dalam tabel 1).

Untuk informasi lebih lanjut silahkan unduh Surat Teguran melalui tautan berikut : http://ditjenmiltun.net/surat_teguran.pdf


Ditulis oleh @x_cisadane 06 Oktober 2016

Surat Permintaan Laporan Keuangan dan Laporan BMN Triwulan III Tahun 2016 Komprehensif DIPA 005.05


Sesuai dengan Pasal 4 Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 177/PMK.05/2015 tentang Pedoman Penyusunan Dan Penyampaian LKKL menyatakan bahwa Kementerian Negara/Lembaga menyusun dan menyampaikan Laporan Keuangan secara berjenjang mulai dari tingkat UAKPA sampai dengan tingkat UAPA. Sehubungan dengan penyusunan dan penyampaian Laporan Keuangan Kementerian Negara/lembaga Triwulan Ill Tahun 2016 Komprehensif melalui surat yang disampaikan oleh Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Nomor S-7628/PB/2016 tanggal 27 September 2016 dan Surat Plt. Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 262/SEK/OT.01.2/9/2016 tanggal 28 September 2016 Hal Penyusunan LKKL Triwulan Ill Tahun 2016, diberitahukan kepada Saudara selaku Kepala Satuan Kerja Unit Pelaksana Teknis (UPT) sebagai Koordinator Wilayah untuk menginformasikan dan mengkoordinir Satuan Kerja di wilayah Saudara untuk mengirimkan :

  1. Back-up SAIBA satuan kerja yang berada dalam lingkungan Unit UPT Koordinator Wilayah;
  2. Back-up SIMAK BMN dan Persediaan Korwil dan satuan kerja yang berada dalam lingkungan Unit UPT koordinator Wilayah;
  3. Laporan Keuangan dan Laporan BMN Triwulan Ill tahun 2016 (softcopy dalam bentuk Excel, Word dan Pdf);
  4. Kertas Kerja Telaah Laporan Keuangan Tingkat Koordinator Wilayah (softcopy dalam bentuk Excel, Word dan Pdf yang sudah ditandatangani);
  5. Memo Penyesuaian per Satuan Kerja (softcopy dalam bentuk Excel dan Pdf yang sudah ditandatangani);
  6. Rekapitulasi Daftar Rekening Bank (Bendahara Pengeluaran, dan Rekening Lainnya/Biaya Proses Perkara) dalam bentuk softcopy berupa Excel dan Pdf yang sudah ditandatangani beserta Fotocopy Rekening Koran per 30 September 2016;
  7. Rekapitulasi Monitoring Penutupan Rekening Bank per 30 September Tahun 2016 dalam bentuk softcopy berupa Excel dan Pdf yang sudah ditandatangani;
  8. Rekapitulasi Rencana Tindak terhadap Temuan Pemeriksaan BPK RI atas Laporan Keuangan Mahkamah Agung RI Tahun 2015 dalam bentuk softcopy berupa Excel dan Pdf yang sudah ditandatangani;
  9. Berita Acara Rekonsiliasi Data BMN dengan KPKNL per satker (softcopy);
  10. Berita Acara Rekonsiliasi Data BMN dengan Kanwil DJKN (softcopy);
  11. Berita Acara Opname Fisik Barang Persediaan per satker (softcopy);
  12. Contact person operator SAIBA dan SIMAK BMN dari masing-masing satuan kerja (format terlampir).

Laporan Keuangan dan Laporan Barang Milik Negara per 30 September Tahun 2016 yang dimaksud pada nomor 1 s/d 12 di atas, paling lambat dapat diterima pada tanggal 11 Oktober 2016 dapat dikirim melalui : Email : Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya dan Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya (softcopy)

Alamat : Sub Bagian Akuntansi Direktorat Jenderal Sadan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara Mahkamah Agung RI di Gedung Sekretariat Mahkamah Agung RI Lt. 9, Jalan Jenderal Ahmad Yani Kav. 58 By pass Jakarta Pusat 10510 (hardcopy).

Untuk memudahkan dalam memonitor dan mengidentifikasi permasalahan yang mungkin teadi, maka diminta Koordinator Wilayah mengirimkan ADK Back-up SAIBA satuan kerja dibawahnya yang telah direkonsiliasi melalui e-rekon setiap bulan ke email Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya .

Untuk informasi lebih lanjut silahkan mendownload Surat pada tautan berikut ini : http://ditjenmiltun.net/lk_komprehensif.pdf


03 Oktober 2016

Himbauan Update Data Sikep di Lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara

Berdasarkan hasil monitoring Kepala Seksi Bimbingan dan Monitoring terhadap data pada Sistem Informasi Kepegawaian (SIKEP) di lingkungan peradilan Tata Usaha Negara maka untuk menjamin validasi dan akurasi data, bersama ini kami himbau agar setiap satker yang berada di bawah Badan Peradilan Tata Usaha Negara untuk memperbaharui/mengupdate data pada aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian (SIKEP). Berikut kami lampirkan Surat Pemberitahuan untuk informasi selengkapnya :

Surat   




21 September 2016

Hasil Rapat TPM Hakim Peratun September 2016

Berdasarkan Hasil Rapat TPM Hakim Peratun yang dilaksanakan pada tanggal 21 September 2016, diumumkan nama-nama Hakim Peradilan Tata Usaha Negara yang mendapatkan promosi/mutasi, sebagai berikut :

Pengumuman Hasil TPM Hakim Peradilan TUN 2016


Diberitahukan kepada para Hakim di lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara yang mendapatkan promosi/mutasi agar segera menyerahkan kelengkapan KP4 sebagai berikut :Download , dikirimkan ke email : Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya paling lambat tanggal 03 Oktober 2016.



Ditulis oleh administrator 21 September 2016

Hasil Rapat TPM Hakim Peradilan Militer September 2016

Berdasarkan Hasil Rapat TPM Hakim Peradilan Militer yang dilaksanakan pada tanggal 21 September 2016, diumumkan nama-nama Hakim Peradilan Militer yang mendapatkan promosi/mutasi, sebagai berikut :

Pengumuman Hasil TPM Hakim Peradilan Militer 2016



20 September 2016

Pengumuman Hasil Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Hakim Yustisial/Panitera Pengganti

Berdasarkan Surat Keputusan Tim Penguji Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Hakim Yustisial/ Panitera Pengganti Kamar Tata Usaha Negara Mahkamah Agung RI Nomor : 305/Djmt/Kep/9/2016 tentang kelulusan para peserta Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Hakim Yustisial/ Panitera Pengganti Kamar Tata Usaha Negara Mahkamah Agung RI Tahun Anggaran 2016, yang dilaksanakan pada hari Rabu, 14 September 2016. Berikut diumumkan nama-nama peserta yang dinyatakan lulus:

1. Michael Renaldy Zein, SH., MH.

2. M. Usahawan, SH.

3 Andi Nur Insaniyah, SH.

4. Adi Irawan, SH., MH.

5. Dewi Eliza Kusumaningrum, SH.

6. M. Aly Rusmin, SH.

7. Teguh Satya Bhakti, SH., MH.

Kami ucapkan selamat kepada peserta yang telah dinyatakan lulus.



JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL


Karya Tulis
Makalah

Tulisan dan Artikel warga Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara ( kirimkan tulisan anda pada kami melalui email ke redaksi@ditjenmiltun.net)

>> Klik disini <<

 
Serba Serbi
 
 
 
Aplikasi MA-RI
SIKEP MA-RI

Why IceTheme Club System Informasi Kepegawaian Online Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses oleh seluruh Pegawai Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Indonesia.

 
Keuangan Perkara

Why IceTheme Club Pelaporan Keuangan Perkara Online berbasis SMS yang bisa diakses dalam interface website ini berguna agar pelaporan keuangan perkara pengadilan ke Mahkamah Agung dapat terupdate secara cepat dan akurat.

 
Kumpulan Putusan

Easy Setup Kumpulan Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses secara online di Portal Mahkamah Agung, modul putusan ini adalah program pelayanan Mahkamah Agung agar masyarakat dapat secara cepat mengetahui putusan yang sudah berkekuatan hukum tetap.

 
 
 
Berita Video

SELAMAT IDUL FITRI 1433H

Lihat Video Lainnya

 
Polling

Bagaimana dengan website kami

 

 

 

  Hasil

 
 

  • banner 1.jpg
  • banner 2.jpg
  • banner 3.jpg
  • banner 4.jpg
  • banner 5.jpg

informasi Terkini

Transparansi Kami

Keuangan


Seputar Informasi Keuangan Ditjen Badilmiltun

Read more ...

Link Pengadilan dan Instansi Terkait

Informasi Alamat dan Link Website Pengadilan Militer dan Pengadilan Tata Usaha Negara.

Read more ...

Dapur Redaksi

REDAKSI

Read more ...

Kontak Kami & Pengaduan

Email Peradilan Militer

Email Peradilan TUN

Makalah & Artikel

Serba - Serbi

Blog Kami

Link SIPP Web Peradilan Militer

Sistem Informasi Penelusuran Perkara Peradilan Militer

Pengadilan Tingkat Banding Pengadilan Tingkat Pertama Website SIPP Web
Pengadilan Militer UtamaPengadilan Militer UtamaLihat-
Pengadilan Militer Tinggi I MedanLihat-
Pengadilan Militer Tinggi II JakartaLihat
-
Pengadilan Militer Tinggi III SurabayaLihat
-
Pengadilan Militer Tinggi I Medan
Pengadilan Militer I-01 Banda AcehLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-02 MedanLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-03 PadangLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-04 PalembangLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-05 PontianakLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-06 BanjarmasinLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-07 BalikpapanLihat
Lihat
Pengadilan Militer Tinggi II Jakarta
Pengadilan Militer II-08 JakartaLihat
Lihat
Pengadilan Militer II-09 BandungLihat
Lihat
Pengadilan Militer II-10 SemarangLihat
Lihat
Pengadilan Militer II-11 YogyakartaLihat
Lihat
Pengadilan Militer Tinggi III Surabaya
Pengadilan Militer III-12 SurabayaLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-13 MadiunLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-14 DenpasarLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-15 KupangLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-16 Makassar
Lihat
Lihat
Pengadilan Militer III-17 Manado
Lihat
Lihat
Pengadilan Militer III-18 Ambon
Lihat
Lihat
Pengadilan Militer III-19 Jayapura
Lihat
Lihat


Read more ...

WEB LINK


User Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1253
mod_vvisit_counterYesterday3672
mod_vvisit_counterThis week9265
mod_vvisit_counterAll days7134346

We have: 20 guests online
Your IP: 54.147.16.12
 , 
Today: Des 19, 2018

peraturan-button