1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

16 Oktober 2013

Pendidikan dan Pelatihan Hakim Lingkungan Gelombang II

Balitbang Diklat Kumdil MA - Pendidikan dan Pelatihan Hakim Lingkungan Hidup Gelombang II dari Peradilan Umum dan Tata Usaha Negara Seluruh Indonesia akan dilaksanakan  pada : Tahap Seleksi Kompetensi dan Integritas tanggal 17 s.d 18 Oktober 2013, sedangkan Pelatihan tersebut akan dimulai pada tanggal 21 s.d 31 Oktober 2013. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Pusdiklat Mahkamah Agung RI. Megamendung - Bogor. Informasi selengkapnya unduh :

Peserta Peradilan Umum, Peradilan TUN


10 Oktober 2013

Pelatihan Simulasi Aplikasi Administrasi Perkara di Lingkungan Badilmiltun

Bogor Kamis, 10 Oktober 2013 kegiatan Pelatihan Teknologi Informasi dilanjutkan dengan Simulasi Sistem Administrasi Perkara, yang di bimbing oleh narasumber Ervan Wiravan, SE, MH. Dalam simulasi ini para peserta pelatihan masing-masing mencoba sendiri aplikasi SIADPTUN (untuk peserta dari Direktorat Binganismin TUN) dan SIADMIL (untuk peserta dari Direktorat Binganismin Militer). Dengan menggunakan database perkara yang telah dimasukkan sebelumnya sebagai contoh, peserta dilatih melakukan proses instalasi aplikasi, input data, edit data dan cetak dokumen.

Aplikasi SIADTUN dan SIADMIL disusun berdasarkan Hukum Acara dan Pola Bindalmiln dimana seluruh komponen Pola Bindalmin tersebut telah terintegrasi dan terotomastisasi (Pola Administrasi Perkara, Pola Register Perkara, Pola Keuangan Perkara, Pola Pelaporan Perkara dan Pola Kearsipan Perkara). Meskipun demikian pada kesempatan ini yang dilatihkan ini baru Pola Administrasi Perkara saja, dikarenakan sempitnya waktu. Untuk mengoperasikan aplikasi SIADPTUN dan SIADMIL ini dapat dilakukan dimana saja, karena dapat diakses melalui internet. Ratusan blanko (template) mulai dari tahap pendaftaran hingga putusan telah disediakan untuk memudahkan pencetakan dokumen yang dibutuhkan.

Selain itu ditunjukkan pula aplikasi monitoring data SIADPTUN. Didalamnya dapat dilihat data perkara yang dimasukkan oleh satker pengadilan, antara lain jumlah, jenis perkara, lama proses, dan grafiknya, Aplikasi monitoring ini juga berguna untuk mengetahui kinerja dari para petugasnya, yaitu dilihat dari lamanya proses setiap tahapan dari suatu perkara.

Jika sistem administrasi perkara ini telah berjalan dengan baik di seluruh satker, maka diharapkan modernisasi dalam pengelolaan administrasi perkara di Lingkungan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara akan terwujud, menjadi lebih efisien dalam penggunaan waktu, menyelesaikan lebih banyak tugas administrasi, serta meringankan pekerjaan petugas-petugas yang mengerjakannya. Tentu saja untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan kerja keras dan kerjasama berbagai elemen yg terlibat didalamnya. (ns)


10 Oktober 2013

Pelatihan Teknologi Informasi di Lingkungan Badilmiltun

Bogor Ditjen Badilmiltun kembali menyelenggarakan pelatihan bagi para staf dan pejabat struktural di lingkungan Ditjen Badan Peradilan Militer dan Tata Usaha Negara. Pada rabu malam, 9 Oktober 2013 kegiatan pelatihan dibuka langsung oleh Dirjen Badilmiltun, Sulistyo, SH, MHum. Adapun tujuan pelatihan ini adalah untuk menumbuhkan sikap awareness dan self-of-belonging terhadap fasilitas teknologi informasi yang dimiliki oleh Ditjen Badilmiltun, baik infrastrukturnya maupun aplikasi-aplikasi yang terinstal didalamnya, selain mendidik peserta pelatihan untuk dapat membagi ilmunya kepada yang lain. Pelatihan ini menghadirkan narasumber Helmi Indramahyudin, SPsi (Koordinator Pengelola Jaringan untuk 5 Badan pada Gedung Sekretariat MA di Jln. Ahmad Yani)  dan Ervan Wiravan, SE, MH (Konsultan IT, Pengembang Aplikasi SIMPEG, SIADPA, SIADPTUN dan SIADMIL).

Dirjen berpesan kepada para peserta agar dapat turut membantu perkembangan kemajuan teknologi informasi di Ditjen Badilmiltun, salah satu caranya adalah dengan memahami materi sehingga dapat menjadi sumber informasi jika ada satker pengadilan yang bertanya mengenai penggunaan aplikasi-aplikasi SIMPEG, SIADPTUN maupun SIADMIL.

Setelah acara pembukaan, dilanjutkan dengan pembekalan dari narasumber Helmi Indramahyudin, SPsi mengenai pengenalan jaringan, infrastruktur jaringan di gedung Sekretariat MA serta di Ditjen Badilmiltiun sendiri serta aplikasi-aplikasi yang running didalamnya. Ditjen Badilmiltun sendiri  telah memiliki data center yang mana data center ini belum dimiliki oleh Badan-Badan yang lainnya di Gedung Sekretariat. Setelah pemberian materi kemudian dilakukan sesi tanya jawab. Sementara itu kamis paginya, giliran narasumber Ervan Wiravan, SE, MH akan memberikan pelatihan mengenai aplikasi-aplikasinya. (ns)


03 Oktober 2013

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi Penerimaan CPNS Mahkamah Agung RI Tahun Anggaran 2013

Jakarta - Sekretaris Mahkamah Agung RI dalam Suratnya Nomor: 405 1/SEK/KU.01/10/2013 Tanggal 2 Oktober 2013 mengumumkan Hasil Seleksi Administrasi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Di Lingkungan Mahkamah Agung RI Tahun Anggaran 2013 menetapkan : 

  1. Pelamar yang namanya tercantum dalam Lampiran Pengumuman ini dinyatakan LULUS Administrasi dan dapat mengikuti Ujian Tes Komputer yang akan diadakan pada tanggal 8 - 11 Oktober 2013 di lokasi sesuai dengan tempat yang dipilih pada saat registrasi online;

  2. Peserta yang lulus Ujian Tes Komputer akan langsung diberikan Kartu Tanda Peserta Ujian (KTPU) untuk mengikuti Ujian Tertulis Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB) pada tanggal 3 November 2013;

  3. Lokasi Ujian Tes Tertulis ditentukan oleh Panitia Daerah (Pengadilan Tinggi tempat saudara memilih lokasi Ujian, untuk itu dihimbau kepada para Peserta Tes Ujian Tertulis untuk mencari informasi tentang lokasi ujian;

  4. Pelamar yang namanya tidak tercantum dalam Lampiran Pengumuman ini dinyatakan TIDAK LULUS Seleksi Administrasi dan tidak berhak mengikuti Ujian Tes Komputer;

  5. Setiap peserta saat ujian Tes Komputer wajib membawa Kartu Tanda Pengenal (KTP), Bukti Pendaftaran Online dan pas foto 4x6 dengan background warna merah sebanyak 2 lembar untuk ditempel pada Kartu Tanda Peserta Ujian bila dinyatakan lulus Ujian Tes Komputer;

  6. Peserta pria wajib memakai kemeja dan celana panjang bahan sedangkan untuk wanita memakai blus dan rok panjang serta memakai sepatu pada saat Tes Ujian Komputer;

  7. Keputusan Panitia Pusat Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Mahkamah Agung RI Tahun Anggaran 2013 tidak dapat diganggu gugat.

Demikian Pengumuman ini disampaikan, untuk dimaklumi.
Untuk lebih jelasnya, dapat dilihat pada Pengumuman dan lampirannya dibawah ini. (MTW)


01 Oktober 2013

Surat Keputusan Ketua Tim Pengarah Pelatihan Sertifikasi Hakim Lingkungan Hidup

Bersama ini disampaikan Keputusan Ketua Tim Pengarah Pelatihan Sertifikasi Hakim Lingkungan Hidup Nomor 39/Tuaka Bin/SK/IX/2013 tentang Hasil Pelatihan sertifikasi Hakim Lingkungan Hidup.

Untuk lebih jelasnya berikut ini kami sampaikan perihal Surat Keputusan dan lampirannya tersebut diatas.(indah/humas MA)


30 September 2013

Pelatihan Keterbukaan Informasi Publik (KIP)

Diberitahukan bahwa Balitbang Diklat Kumdil MA RI akan mengadakan Pelatihan Teknis Fungsional Keterbukaan Informasi Publik (KIP) bagi Hakim Tingkat Pertama di Lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara, yang akan dilaksanakan di Pusdiklat Mahkamah Agung RI di Megamendung-Bogor, pada tanggal 6-12 Oktober 2013. Informasi selengkapnya dapat dilihat pada tautan dibawah ini :

Surat Pemanggilan Peserta 


Ditulis oleh STM 28 September 2013

Tuada Lingkungan Peradilan TUN Mahkamah Agung Memberikan Pembekalan kepada Peserta Bimtek Pemberkasan Perkara TUN

Read Article »


Ditulis oleh STM 20 September 2013

Evaluasi Standarisasi Ketatalaksanaan Perkara Tata Usaha Negara

Direktorat Pranata dan Tata Laksana Perkara Tata Usaha Negara melaksanakan kegiatan Kelompok Kerja Evaluasi Standarisasi Ketatalaksanaan Perkara Kasasi, Peninjauan Kembali Tata Usaha Negara, Hak Uji Materiil dan Sengketa Pajak (Berbasis IT), kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 18 20 September 2013 di Hotel Horison Bekasi, Jl. KH. Noer Alie, Bekasi.

Adapun maksud dan tujuan dari pelaksanaan kegiatan tersebut adalah mengevaluasi pedoman standarisasi penelaahan berkas perkara Tata Usaha Negara yang telah disusun pada kegiatan pokja tahun sebelumnya agar dapat dijadikan pedoman bagi para pelaksana di lingkungan Mahkamah Agung khususnya Direktorat Pranata dan Tata Laksana Perkara Tata Usaha Negara dalam setiap langkah dan tahap-tahap penelaahan perkara dan keseragaman dalam setiap langkah penelaahan perkara secara tertib, teratur, terbuka, berhasil dan berdaya guna sejak berkas perkara diterima, ditelaah lengkap dan diteruskan ke Panitera Muda Tata Usaha Negara.Hasil dari kegiatan tersebut nantinya akan disosialisasikan ke satker satker Pengadilan pengaju baik PTUN maupun Pengadilan Pajak.

Read Article »


20 September 2013

Permintaan Melengkapi Template SIADPTUN

Berikut diberitahukan kepada Pengadilan TUN dan Pengadilan Tinggi TUN agar melengkapi template SIADPTUN yang mana template tersebut telah dikirimkan melalui email pada 12 September 2013. Mohon agar memeriksa email masing-masing pengadilan. 

- Suratnya

Jika ada yang kurang jelas dapat menghubungi Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya


19 September 2013

Survey IT Mahkamah Agung ke Ditjen Badilmiltun

surveyJakarta-Kamis, 19 September 2013 Ditjen Badilmiltun mendapat kunjungan dari Mahkamah Agung guna melakukan survey kondisi IT di Badilmiltun dalam rangka pekerjaan pengembangan Sistem Informasi Mahkamah Agung RI Terpadu (SIMARI).

Read Article »



JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL


Karya Tulis
Makalah

Tulisan dan Artikel warga Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara ( kirimkan tulisan anda pada kami melalui email ke redaksi@ditjenmiltun.net)

>> Klik disini <<

 
Serba Serbi
 
 
 
Aplikasi MA-RI
SIKEP MA-RI

Why IceTheme Club System Informasi Kepegawaian Online Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses oleh seluruh Pegawai Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Indonesia.

 
Keuangan Perkara

Why IceTheme Club Pelaporan Keuangan Perkara Online berbasis SMS yang bisa diakses dalam interface website ini berguna agar pelaporan keuangan perkara pengadilan ke Mahkamah Agung dapat terupdate secara cepat dan akurat.

 
Kumpulan Putusan

Easy Setup Kumpulan Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses secara online di Portal Mahkamah Agung, modul putusan ini adalah program pelayanan Mahkamah Agung agar masyarakat dapat secara cepat mengetahui putusan yang sudah berkekuatan hukum tetap.

 
 
 
Berita Video

SELAMAT IDUL FITRI 1433H

Lihat Video Lainnya

 
Polling

Bagaimana dengan website kami

 

 

 

  Hasil

 
 

  • banner 1.jpg
  • banner 2.jpg
  • banner 3.jpg
  • banner 4.jpg
  • banner 5.jpg

informasi Terkini

Transparansi Kami

Keuangan


Seputar Informasi Keuangan Ditjen Badilmiltun

Read more ...

Link Pengadilan dan Instansi Terkait

Informasi Alamat dan Link Website Pengadilan Militer dan Pengadilan Tata Usaha Negara.

Read more ...

Dapur Redaksi

REDAKSI

Read more ...

Kontak Kami & Pengaduan

Email Peradilan Militer

Email Peradilan TUN

Makalah & Artikel

Serba - Serbi

Blog Kami

WEB LINK


User Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday7094
mod_vvisit_counterYesterday4820
mod_vvisit_counterThis week11914
mod_vvisit_counterAll days6181489

We have: 119 guests, 9 bots online
Your IP: 54.227.104.53
 , 
Today: Feb 19, 2018

peraturan-button