1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

15 Agustus 2016

Pemanggilan Peserta Tambahan Pendidikan dan Pelatihan Sertifikasi Hakim Lingkungan Hidup Angkatan II

Jakarta - Sehubungan dengan akan diselenggarakannya Pendidikan dan Pelatihan Sertifikasi Hakim Lingkungan Hidup Angkatan II Kerjasama Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI dengan UNDP REDD+  pada tanggal 18 s.d 31 Agustus 2016 di Pusdikat Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI, Mega Mendung Bogor, bersama ini diberitahukan bahwa ada penambahan peserta dan kepada peserta yang namanya tercantum pada surat terlampir agar dapat melengkapi syarat-syarat untuk mengikuti pelatihan tersebut.(ns)

*Suratnya


MONITORING DAN EVALUASI KE PTUN KUPANG TA 2016

Kupang -  Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara kembali melaksanakan kegiatan Monitoring untuk tahun anggaran 2016, dimana sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan serupa  pada PTUN Kendari, PTUN Palangkaraya, dan PTUN Bengkulu, dan tujuan monitoring kali ini dilaksanakan ke PTUN Kupang. Kegiatan ini berlangsung selama 3 (tiga) hari. Rabu siang, 10 Agustus 2016 Tim Monitoring yang terdiri dari Kartono, S.H, M.H. (Kasubdit Pembinaan Administrasi TUN) selaku Ketua Tim, beranggotakan Ambar Sri Susilawati, S.H, M.H. (Kasi Bimbingan Monitoring), Sudiyono, S.H. (Kasi Tata Kelola), Dwi Sumadia, S.H, M.H. (Kasi Penelaahan Perkara Kasasi), Sadiman, S.H., M.M. (Kasubbag Dokumentasi dan Informasi) dan Hilda Riandini, A.Md. (Staf Bimbingan dan Monitoring) tiba di Kupang dan diterima oleh Ketua PTUN Kupang Sri Setyowati, S.H., M.H., Ketua Dilmil III-15 Kupang FX Raga Sejati, Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Heri Wiranto, SE., MM., dan Sekretaris PTUN Kupang Tade Here Wila SM beserta rombongan. Turut bersama tim juga Dirjen Badilmiltun, Mayor Jenderal Mulyono, S.H, S.I.P, M.H. untuk memberikan Pembinaan di PTUN Kupang. Kegiatan Pembinaan dan Bimbingan Monitoring di Pengadilan Tata Usaha Negara Kupang dilaksanakan dari tanggal 10 Agustus 2016 s.d tanggal 12 Agustus 2016.

Kegiatan dibuka dengan Pembinaan oleh Dirjen Badilmiltun MA-RI di Ruang Sidang Utama yang dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, para Hakim, Panitera, Panitera Pengganti, Juru Sita/Juru Sita Pengganti, Pejabat Struktural dan para Staf Pengadilan Tata Usaha Negara Kupang. Dalam pembinaan, Dirjen Badilmiltun menyampaikan paparan mengenai pentingnya sosialisasi Perma no 7, 8, 9 tahun 2016 mengenai penegakan disiplin kerja hakim, pengawasan dan pembinaan atasan langsung di lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang ada dibawahnya. Dirjen berpesan kepada ketua agar mensosialisasikan kembali Perma tersebut agar tegaknya kedisiplinan dan mengembalikan kepercayaan publik terhadap Lembaga Peradilan. Pada kesempatan tersebut,  Dirjen juga memanfaatkan waktu untuk mengenal lebih dekat para pegawai yang ada dilingkungan PTUN Kupang.

Kamis pagi, 11 Agustus 2016 Tim Monitoring mulai bertugas melakukan monitoring yang dilakukan pada 8 (delapan) area monitoring yaitu Pola Bindalmin dan SOP Penyelesaian Perkara, PNBP dan Biaya Proses Penyelesaian Perkara, Sarana dan Prasarana Pengadilan, Pedoman Pemberian Layanan Hukum bagi Masyarakat Tidak Mampu, Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), Pedoman Pelayanan Meja Informasi dan Pengaduan, Peningakatan Pelayanan Publik dan Pelaksanaan SOP, Restra dan Teknologi Informasi. Kegiatan monitoring ini dilakukan dengan dua metode, yaitu wawancara dan kuesioner yang hasilnya akan diakumulasi serta dibuat kesimpulan dan penilaian. Pada waktu yang bersamaan Dirjen Badilmiltun juga memberikan Pembinaan di Pengadilan Militer III-15 Kupang didampingi oleh bapak Sadiman, S.H., M.M. (Kasubbag Dokumentasi dan Informasi).

Pada akhir kegiatan monitoring, tim melaporkan hasil monitoring kepada Ketua PTUN Kupang yang dipaparkan oleh Ketua Tim dan disaksikan oleh seluruh tenaga teknis, para pejabat eselon yang bertempat di ruangan Ketua PTUN Kupang. Hasil monitoring tersebut kemudian ditandatangani oleh Ketua PTUN Kupang dan diserahkan sebagai bahan evaluasi kedepannya.(hr)


Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Penerapan Aplikasi SIPP Lingkungan Peradilan Militer Di Dilmil I-04 Palembang

Melanjutkan program untuk mendukung pelaksanaan implementasi aplikasi SIPP terintegrasi 4 lingkungan Peradilan, Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer kembali melakukan kegiatan Monev SIPP ke satker Dilmil I-04 Palembang. Kali ini Tim Monev SIPP Peradilan Militer dipimpin langsung oleh Dirbin Ganisminmil, Kolonel Chk Agung Iswanto, S.H., M.H. dengan anggotanya 3 orang masing-masing Arif Zainuri, S.H., M.H., Hari A. Darmawan, S.H. dan Arianie Amanda, S.E. Rombongan Tim Monev SIPP Ditbin Ganisminmil ini juga membawa misi yang sama seperti sebelumnya, yaitu melihat sampai sejauh mana pelaksanaan penerapan aplikasi SIPP di satker tujuan, check infrastruktur yang tersedia, pendampingan terhadap user aplikasi SIPP, inventarisasi masukan dan pemetaan masalah sekaligus pemberian solusinya, sosialisasi kebijakan pimpinan Mahkamah Agung R.I. mengenai pedoman pelaksanaan aplikasi SIPP terintegrasi 4 (empat) lingkungan Peradilan serta penandatanganan Surat Pernyataan Berkomitmen oleh Kadilmil I-04 Palembang yang isinya mendukung penuh pelaksanaan implementasi aplikasi SIPP di satkernya masing-masing secara maksimal. Hanya pada kegiatan kedua ini ditambahkan sesi simulasi proses input data perkara melalui aplikasi SIPP sampai dengan selesai (tahapan minutasi) oleh user yang berwenang termasuk Kadilmil I-04 Palembang, Surono, S.H., M.H. juga ikut serta menjadi user yang berwenang membuat Penetapan Majelis Hakim (Tapkim).

Secara keseluruhan antusiasme dan semangat para personil Dilmil I-04 Palembang sangat tinggi. Sedangkan untuk penerapan aplikasi SIPP sesuai dengan keinginan pimpinan Mahkamah Agung R.I. yang dituangkan dalam pedoman pelaksanaan aplikasi SIPP, Dilmil I-04 Palembang sudah cukup baik walaupun baru melaksanakannya sekitar 40% secara benar. Hal ini banyak terkendala masalah sumberdaya manusia, adaptasi melaksanakan proses perkara dengan aplikasi SIPP dan permasalahan-permasalahan lain secara teknis maupun non teknis. Semoga kendala-kendala yang ada dapat segera diselesaikan dengan baik dan pihak pimpinan di lingkungan Peradilan Militer serta pimpinan Mahkamah Agung R.I. dapat melahirkan kebijakan yang sungguh-sungguh dapat membantu satker untuk meningkatkan kinerja yang berbasis informasi teknologi sesuai dengan yang dicita-citakan bersama. (drm)

Foto

Video


Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Penerapan Aplikasi SIPP Lingkungan Peradilan Militer Di Dilmilti I dan Dilmil I-02 Medan

  

Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer telah membentuk satu Tim Khusus yang terdiri dari anggota Tim IT Dibin Ganisminmil Ditjen badilmiltun untuk melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Penerapan Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP). Satuan kerja pertama yang menjadi tujuan adalah Dilmilti I Medan dan Dilmil I-02 Medan. Kegiatan ini telah dilaksanakan sejak tanggal 20-22 Juli 2016 dipimpin oleh Ketua Tim Monev SIPP Ditbin Ganisminmil, Arif Zainuri, S.H., M.H. bersama 3 orang anggota masing-masing Hari A. Darmawan, S.H., Arianie Amanda, S.E. dan Serka TTU/W Dede Santi Oktavia.

Di Medan Tim Monev SIPP Ditbin Ganisminmil diterima oleh Kadilmilti I Medan, Kolonel Chk Yan Akhmad Mulyana, S.H., M.H. dan Kadilmil I-02 Medan, Kolonel Chk Sutrisno Setio Utomo, S.H., M.H. Selama kegiatan, Tim melaksanakan beberapa hal seperti melihat sampai sejauh mana pelaksanaan penerapan aplikasi SIPP di kedua satker tersebut, check infrastruktur yang tersedia, pendampingan terhadap user aplikasi SIPP, inventarisasi masukan dan pemetaan masalah sekaligus pemberian solusinya, sosialisasi kebijakan pimpinan Mahkamah Agung R.I. mengenai pedoman pelaksanaan aplikasi SIPP terintegrasi 4 (empat) lingkungan Peradilan serta penandatanganan Surat Pernyataan Berkomitmen oleh Kadilmilti I dan Kadilmil I-02 Medan yang isinya mendukung penuh pelaksanaan implementasi aplikasi SIPP di satkernya masing-masing secara maksimal.

Kegiatan berlangsung selama tiga hari dengan lancar tanpa halangan. Banyak catatan, masukan dan pemetaan permasalahan teknis maupun non teknis yang dihasilkan sebagai pertimbangan bagi Tim Development SIPP agar dapat lebih menyempurnakan aplikasi secara teknis dan juga sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan oleh para pimpinan instansi Mahkamah Agung R.I. khususnya bagi Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer terkait pelaksanaan penerapan aplikasi SIPP. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan Monitoring dan Evaluasi aplikasi SIPP di lingkungan Peradilan Militer ini dapat lebih bisa meningkatkan hasil pelaksanaan aplikasi di satker Dilmilti I dan Dilmil I-02 Medan sekaligus juga dapat memberi masukan demi kesempurnaan aplikasi SIPP di masa mendatang. (drm)

Foto

Video


10 Agustus 2016

Pemanggilan Peserta Tambahan Pendidikan dan Pelatihan Sertifikasi Hakim Lingkungan Hidup Angkatan II Kerjasama dengan UNDP REDD+

Jakarta - Sehubungan dengan akan diselenggarakannya Pendidikan dan Pelatihan Sertifikasi Hakim Lingkungan Hidup Angkatan II Kerjasama Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI dengan UNDP REDD+  pada tanggal 18 s.d 31 Agustus 2016 di Pusdikat Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI, Mega Mendung Bogor, bersama ini diberitahukan bahwa ada penambahan peserta dan kepada peserta yang namanya tercantum pada surat terlampir agar dapat melengkapi syarat-syarat untuk mengikuti pelatihan tersebut.(ns)

*Suratnya


05 Agustus 2016

Pembinaan Direktur di Direktorat Binganismin TUN : PERMA No. 7, 8, 9 Tahun 2016

Jakarta - Kamis, 4 Agustus 2016, Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara, Dr. Yodi Martono Wahyunadi, SH, MH memberikan pembinaan kepada para Pejabat Eselon dan para Staf di Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara mengenai PERMA No. 7 Tahun 2016 Tentang Penegakan Disiplin Kerja Hakim pada Mahkamah Agung RI dan Badan Peradilan di Bawahnya, PERMA No. 8 Tahun 2016 Tentang Pengawasan dan Pembinaan Atasan Langsung di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Bawahnya, serta PERMA No. 9 Tahun 2016 Tentang Pedoman Penanganan Pengaduan (Whistleblowing Systems) di Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Yang Berada Dibawahnya.

Direktur juga berpesan kepada seluruh staf maupun pejabat eselon agar meningkatkan disiplin dan bagi para atasan apabila pegawai yang menjadi bawahannya tidak ada ditempat, maka atasannya tersebut harus mengetahui sedang berada dimana bawahannya tersebut, dan bagi bawahan apabila hendak meninggalkan tempat harus meminta ijin atasannya. Direktur juga menghimbau bahwa seorang atasan juga harus melakukan pembinaan kepada bawahan-bawahannya secara berkala. Khusus kaitannya dengan PERMA No. 7 Tahun 2016, Direktur berpesan kepada Kasubdit Pembinaan Tenaga Teknis agar memperhatikan muatan-muatan pada PERMA tersebut untuk keperluan pembinaan maupun mutasi dan promosi. Sedangkan untuk meningkatkan kinerja para pegawai, saat ini Mahkamah Agung menggunakan Laporan Lembar Kerja (e-LLK) yang terdapat pada aplikasi SIMARI online. (ns)


03 Agustus 2016

Monitoring Evaluasi ke PTUN Bengkulu dan Sosialisasi Reformasi Birokrasi

Bengkulu - Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara kembali melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi untuk tahun anggaran 2016, dan tujuan monitoring kali ini ke PTUN Bengkulu. Senin pagi, 1 Agustus 2016 Tim yang terdiri dari Kartono, SH, MH (Kasubdit Pembinaan Administrasi TUN) selaku Ketua Tim, beranggotakan Ambar Sri Susilawati, SH, MH (Kasi Bimbingan Monitoring), Djoko Purnomo, SH, MH (Kasi Statistik Dokumentasi), Sudiyono, SH (Kasi Tata Kelola), Dwi Sumadia, SH, MH (Kasi Penelaahan Perkara Kasasi), dan Nita Setyaningrum, ST, MSi (Staf Statistik dan Dokumentasi) diterima oleh Ketua PTUN Bengkulu Henriette S. Putuhena, S.H., M.H. Turut bersama tim juga Sekretaris Ditjen Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara, Jeanny H.V. Hutauruk, S.E., Ak., M.M. untuk memberikan Sosialisasi Reformasi Birokrasi di PTUN Bengkulu. Kegiatan Monitoring Evaluasi dan Sosialisasi Reformasi Birokrasi ini dilaksanakan dari tanggal 1 Agustus 2016 s.d tanggal 3 Agustus 2016.

Read Article »


01 Agustus 2016

Pemanggilan Peserta Lokakarya Kebakaran Hutan dan Training Implementasi Penomoran Perkara Lingkungan Hidup


Berdasarkan Surat Ketua Kamar Pembinaan Nomor 39/Tuada.Bin/VII/2016 tertanggal 29 Juli 2016 yang isinya pada intinya Dalam rangka implementasi program penomoran khusus perkara lingkungan hidup, Pokja Lingkungan Hidup melalui Direktorat Jenderal  Penegakan Hukum (Dirjen Gakum) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bekerjasama Program REDD+ UNDP menyelenggarakan kegiatan pertemuan dengan Ketua, Panitera, Panitera Muda Perdata, Panitera Muda Pidana, Panitera Muda Hukum, Panitera Muda Perkara dan Kasir pada PT.TUN Medan, PTUN Banda Aceh, PTUN Medan, PTUN Padang.


Kegiatan tersebut diselenggarakan pada :


Hari/ tanggal   : Check In : Minggu, 14 Agustus 2016 (pkl 12.00 WIB)

Pembukaan : Senin, 15 Agustus 2016 (pkl 08.00 WIB)

Penutupan : Selasa, 16 Agustus 2016 (pkl 11.00 WIB)

Check Out     : Selasa, 16 Agustus 2016 (pkl 12.30 - 14.00 WIB)


Tempat          : JW Mariott Hotel Medan

JL. Putri Hijau No. 10, Kesawan, Medan, Sumatera Utara.


Keterangan lebih lengkap silakan lihat surat berikut :


*Download Surat


01 Agustus 2016

Bimbingan Teknis Yudisial Berkelanjutan Hakim PTUN Putaran Pertama Kelas Ke-Sembilan Di Jakarta


Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara (Dit. Binganismin Peratun) Direktorat Jenderal Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara dengan dukungan projek Sustain EU-UNDP melaksanakan bimbingan teknis yudisial berkelanjutan putaran pertama kelas ke-Sembilan diselenggarakan di RedTop Hotel - Jakarta pada tanggal 27 Agustus s.d. 29 Agustus 2016.

Read Article »


30 Juli 2016

Monitoring dan Evaluasi ke PTUN Palangkaraya

Read Article »



JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL


Karya Tulis
Makalah

Tulisan dan Artikel warga Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara ( kirimkan tulisan anda pada kami melalui email ke redaksi@ditjenmiltun.net)

>> Klik disini <<

 
Serba Serbi
 
 
 
Aplikasi MA-RI
SIKEP MA-RI

Why IceTheme Club System Informasi Kepegawaian Online Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses oleh seluruh Pegawai Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Indonesia.

 
Keuangan Perkara

Why IceTheme Club Pelaporan Keuangan Perkara Online berbasis SMS yang bisa diakses dalam interface website ini berguna agar pelaporan keuangan perkara pengadilan ke Mahkamah Agung dapat terupdate secara cepat dan akurat.

 
Kumpulan Putusan

Easy Setup Kumpulan Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses secara online di Portal Mahkamah Agung, modul putusan ini adalah program pelayanan Mahkamah Agung agar masyarakat dapat secara cepat mengetahui putusan yang sudah berkekuatan hukum tetap.

 
 
 
Berita Video

SELAMAT IDUL FITRI 1433H

Lihat Video Lainnya

 
Polling

Bagaimana dengan website kami

 

 

 

  Hasil

 
 

  • banner 1.jpg
  • banner 2.jpg
  • banner 3.jpg
  • banner 4.jpg
  • banner 5.jpg

informasi Terkini

Transparansi Kami

Keuangan


Seputar Informasi Keuangan Ditjen Badilmiltun

Read more ...

Link Pengadilan dan Instansi Terkait

Informasi Alamat dan Link Website Pengadilan Militer dan Pengadilan Tata Usaha Negara.

Read more ...

Dapur Redaksi

REDAKSI

Read more ...

Kontak Kami & Pengaduan

Email Peradilan Militer

Email Peradilan TUN

Makalah & Artikel

Serba - Serbi

Blog Kami

Link SIPP Web Peradilan Militer

Sistem Informasi Penelusuran Perkara Peradilan Militer

Pengadilan Tingkat Banding Pengadilan Tingkat Pertama Website SIPP Web
Pengadilan Militer UtamaPengadilan Militer UtamaLihat-
Pengadilan Militer Tinggi I MedanLihat-
Pengadilan Militer Tinggi II JakartaLihat
-
Pengadilan Militer Tinggi III SurabayaLihat
-
Pengadilan Militer Tinggi I Medan
Pengadilan Militer I-01 Banda AcehLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-02 MedanLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-03 PadangLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-04 PalembangLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-05 PontianakLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-06 BanjarmasinLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-07 BalikpapanLihat
Lihat
Pengadilan Militer Tinggi II Jakarta
Pengadilan Militer II-08 JakartaLihat
Lihat
Pengadilan Militer II-09 BandungLihat
Lihat
Pengadilan Militer II-10 SemarangLihat
Lihat
Pengadilan Militer II-11 YogyakartaLihat
Lihat
Pengadilan Militer Tinggi III Surabaya
Pengadilan Militer III-12 SurabayaLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-13 MadiunLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-14 DenpasarLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-15 KupangLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-16 Makassar
Lihat
Lihat
Pengadilan Militer III-17 Manado
Lihat
Lihat
Pengadilan Militer III-18 Ambon
Lihat
Lihat
Pengadilan Militer III-19 Jayapura
Lihat
Lihat


Read more ...

WEB LINK


User Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday689
mod_vvisit_counterYesterday2459
mod_vvisit_counterThis week8198
mod_vvisit_counterAll days7219584

We have: 29 guests, 3 bots online
Your IP: 54.209.202.123
 , 
Today: Jan 22, 2019

peraturan-button