1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

Ditulis oleh @x_cisadane 18 September 2015

10 Pengadilan Militer dan 17 Pengadilan Tata Usaha Negara Berpartisipasi dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Peradilan 2015

Peningkatan kualitas layanan publik adalah isu universal dari setiap lembaga publik di belahan bumi manapun. Demi meningkatkan kualitas layanan publik, MA kini sedang menggelar sebuah Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Peradilan. Peningkatan kinerja dalam tatanan Reformasi Birokrasi (Grand Design Reformasi Birokrasi) merupakan garis besar perencanaan jangka panjang 2010-2015 berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 21 Tahun 2010 dan dipertegas oleh Mahkamah Agung RI dengan perencanan jangka panjang yang dikenal dengan sebutan "Cetak Biru Pembaharuan Peradilan 2010-2035". Mahkamah Agung menyikapi kebijakan pemerintah tersebut dengan dikeluarkan Surat Keputusan Nomor 1-447/KMA/SK/I/2011 tentang Pelayanan Informasi di Pengadilan. Melihat dari visi Mahkamah Agung : "Terwujudnya Badan Peradilan Indonesia Yang Agung", dengan misi : 

  1. Menjaga Kemandirian Badan Peradilan. 
  2. Memberikan Pelayanan Hukum yang Berkeadilan kepada Pencari Keadilan. 
  3. Meningkatkan Kualitas Kepemimpinan Badan Peradilan. 
  4. Meningkatkan Kredibilitas dan Transfaransi Badan Peradilan.

Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung yang ke-70, Mahkamah Agung secara resmi membuka Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Peradilan 2015. Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Peradilan 2015 dengan tema "Inovasi Untuk Melayani" ini dibuka secara resmi pada 19 Agustus 2015 lalu dan pendaftaran tersebut akan ditutup pada 28 September 2015. Kompetisi ini merupakan sebuah upaya untuk mengapresiasi dan mendorong budaya berinovasi pada lembaga peradilan sehingga dapat tercipta kualitas pelayanan terhadap masyarakat yang lebih baik, hal ini seperti yang telah diamanatkan oleh Undang-undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Selanjutnya Undang-undang No. 48 Tahun 2009 Pasal 4 ayat 2 tetang Kekuasaan dan Kehakiman yakni 'Pengadilan membantu pencari keadilan dan berusaha mengatasi segala hambatan dan rintangan untuk dapat tercapainya peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan'.

Kompetisi kali ini akan diikuti oleh seluruh pengadilan tingkat pertama di empat lingkungan peradilan yang berada di bawah naungan Mahkamah Agung RI. Diperkirakan sebanyak 789 pengadilan akan berpartisipasi menjadi peserta kompetisi ini, termasuk pada Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) dan Pengadilan Militer (Dilmil) di seluruh Wilayah Kesatuan Negara Republik Indonesia. Dengan adanya kompetisi ini maka seluruh lapisan masyarakat dapat mengukur sejauh mana implementasi Undang-undang Pelayanan Publik dan Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik di seluruh Pengadilan Indonesia. Parameter lain yang juga dijadikan instrumen penilaian adalah akan dilihat pelaksanaan SK Ketua MA Nomor : 026/2012 tentang Standar Pelayanan Peradilan dan SK Ketua MA Nomor : 1-144/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan. Semua aktivitas Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Peradilan 2015 dapat dilihat pada satu portal khusus yaitu http://inovasi.mahkamahagung.go.id/

Mahkamah Agung akan memilih 10 dari 789 pengadilan yang paling inovatif dan memberi reward. Reward kepada pemenang 3 besar akan diberikan studi ke luar negeri untuk memoles inovasi yang telah diciptakan. Namun soal menang atau kalah itu nomor dua, yang terpenting adalah partisipasi dalam memberikan inovasi-inovasi terbaru. Hingga Jumat siang (25/09/2015) telah terdaftar 10 Pengadilan Militer (Dilmil) dan 17 Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) sebagai Peserta Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Peradilan 2015, adapun ke-10 Pengadilan Militer (Dilmil) dan ke-17 Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) tersebut antara lain : 

  • Pengadilan Militer (Dilmil)
  • Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN)

Ditjen Badilmiltun sangat mengapresiasi seluruh jajaran pada lingkungan Pengadilan Militer maupun Pengadilan Tata Usaha Negara yang telah berpartisipasi dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Peradilan 2015, kami sangat mengharapkan adanya peran serta aktif bagi seluruh jajaran di lingkungan Pengadilan Militer maupun Pengadilan Tata Usaha Negara. Bagi jajaran Pengadilan yang belum mengirimkan hasil karya inovatifnya, masih terbuka kesempatan hingga 28 September 2015 nanti


Ditulis oleh Hilda Riandini 17 September 2015

Hasil Monitoring Sikep per Tanggal 17 September 2015

Berdasarkan hasil monitoring pelaksanaan pengisian data pada Sistem Informasi Kepegawaian (SIKEP) sesuai Surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 197-1/SEK/KU.01/7/2015, tanggal 27 Juli 2015, tentang Penerapan Aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian (SIKEP) Mahkamah Agung RI, ternyata masih ada  beberapa satker yang  belum mencapai 100 %. Sedangkan batas waktu pengisian data sesuai dengan Surat Sekretaris Mahkamah Agung RI  adalah tanggal 30 September 2015 dengan sanksi remunerasi bulan per September tidak akan dibayarkan. Bagi satker yang belum mencapai 100 % untuk segera melengkapi data.

Berikut ini terlampir Hasil Laporan Monitoring Kelengkapan Data  Peradilan TUN per tanggal 17/09/2015 Sebagaimana Terlampir Dalam Dokumen di bawah ini :

Surat*

Lampirannya


Ditulis oleh @x_cisadane 17 September 2015

Pemberitahuan Pendaftaran Ulang Pegawai Negeri Sipil melalui Aplikasi e-PUPNS

Sesuai dengan Surat Kepala Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI Nomor : 186/BUA/KP.01/09/2015 tanggal 15 September 2015 perihal Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil melalui Aplikasi e-PUPNS, yang ditujukan kepada Yth. Sekretaris Kepaniteraan MA-RI, Sekretaris Dirjen Badilum, Sekretaris Dirjen Badilag, Sekretaris Dirjen Badilmiltun, Sekretaris Badan Pengawasan MA-RI, Sekretaris Balitbang Diklat Kumdil, Ketua Pengadilan Tingkat Banding pada Empat Lingkungan Peradilan dan Ketua Pengadilan Tingkat Pertama pada Empat Lingkungan Peradilan. Untuk surat dimaksud, dapat anda unduh melalui tautan berikut Download

Adapun saat pendataan ulang Pegawai Negeri Sipil melalui Aplikasi e-PUPNS harap memperhatikan hal-hal sebagai berikut : 

  1. Pengisian Aplikasi e-PUPNS dilakukan oleh masing-masing Pegawai Negeri Sipil melalui situs dengan alamat http://pupns.bkn.go.id/
  2. Setiap Pegawai Negeri Sipil melakukan Registrasi terlebih dahulu dengan menggunakan Nomor Induk Pegawai (NIP) sebelum melakukan pengisian data. 
  3. Petunjuk pengisian Aplikasi e-PUPNS dapat dilihat pada tautan berikut http://103.16.79.52/e-pupns/ atau melalui tautan berikut http://ditjenmiltun.mahkamahagung.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=1983
  4. Operator dari tiap Eselon I dan Pengadilan Tingkat Banding diminta untuk mengirimkan email ke : Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya dengan Subyek (judul email) "Operator e-PUPNS [Nama Satker]" untuk mendapatkan username dan password admin sebagai verifikator dari proses e-PUPNS.
  5. Proses pengisian aplikasi e-PUPNS akan dimulai pada tanggal 15 September 2015 sampai dengan 15 Desember 2015, sedangkan proses verifikasi oleh verifikator akan dilaksanakan pada tanggal 15 September 2015 hingga 31 Desember 2015. 
Apabila mengalami kendala / kesulitan dalam melakukan pengisian data pada Aplikasi e-PUPNS, silahkan menghubungi Sub Bagian Data, Biro Kepegawaian MA RI (021-3843348 ext 625 atau 021-3446845) atau langsung mengubungi Helpdesk e-PUPNS Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui email : Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya atau melalui telepon 021-8093008 ext 4203 / 4210. 

Ditulis oleh stm 08 September 2015

PEMBERITAHUAN PESERTA BIMTEK PEMBERKASAN PERKARA PIDANA MILITER TAHUN 2015 ( REVISI TERBARU )

Dalam rangka melaksanakan kegiatan DIPA Ditjen Badilmiltun tahun Anggaran 2015, diharapkan kehadiran Panitera Dilmiltama, Dilmilti serta Dilmil seluruh Indonesia untuk mengikuti Kegiatan Bimbingan Teknis Pemberkasan Perkara Kasasi, Peninjauan Kembali dan Grasi Pidana Militer yang akan dilaksanakan pada :


Hari / Tanggal :  Rabu 9 September s/d Jum'at 11 September 2015

Tempat HOTEL INNA GARUDA YOGYAKARTA Jl. Malioboro No. 60 Yogyakarta


Apabila yang bersangkutan berhalangan hadir dimohon untuk menunjuk penggantinya.

Atas perhatiannya diucapkan banyak terima kasih.

Download SK Kegiatan

Download Surat Tugas

Download Jadwal Kegiatan

Download Tiket Peserta


Ditulis oleh @x_cisadane 31 Agustus 2015

Panduan Penggunaan Aplikasi e-PUPNS BKN

Pendataan ulang Pegawai Negeri Sipil (PNS) nasional merupakan kegiatan pemutakhiran data PNS yang dilakukan secara online dan akan dilaksanakan sejak bulan September dan berakhir pada November 2015. Tujuan diadakannya e-PUPNS ini adalah untuk memperoleh data yang akurat, terpercaya, dan terintegrasi, sebagai dasar kebutuhan dalam mengembangkan sistem informasi kepegawaian ASN yang mendukung pengelolaan manajemen ASN yang rasional sebagai sumber daya aparatur negara. 

PUPNS (Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil) akan dilakukan secara elektronik mulai Selasa, 1 September 2015 mendatang. Cara registrasi e-PUPNS untuk melakukan upgrade data PNS tergolong mudah, hanya dengan mengakses halaman https://epupns.bkn.go.id/menuFormulir e-PUPN berisi detail data utama PNS, posisi dan riwayat. Di samping itu terdapat data untuk PNS guru (yang hanya diisi oleh PNS profesi guru), PNS dokter (hanya diisi oleh PNS profesi dokter), stakeholders yang di antaranya memuat Bapertarum (Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan), BPJS Kesehatan, dan Kartu Pegawai elektronik (KPE). Cakupan data dalam e-PUPNS ini terdiri dari : 

  • Data Pokok Kepegawaian sebagai Core Data 
  • Data Riwayat / Historical Data 
- Kepangkatan 
- Pendidikan 
- Jabatan 
- Keluarga 
  • Data Sosial Ekonomi / Kesejahteraan PNS 
- Pendidikan Anak 
- Perumahan 
  • Self Assessment  
- Competency and Potency Individual 
  • Lainnya (Stakeholder PNS) 
Dasar hukum yang digunakan untuk e-PUPNS tertuang dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 19 Tahun 2015 Tanggal 22 Mei 2015, Tentang Pedoman Pelaksanaan Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil Secara Elektronik Tahun 2015 (e-PUPNS 2015).

e-PUPNS konsepsinya adalah sama dengan konsepsi mengakurasikan data, yang perlu dibangun ada lah awareness tentang pentingnya data. Harus dilakukan delegasi kewenangan data untuk akurasi, verifikasi data. Kedepannya e-PUPNS menjadi jawaban atas kekurangakuratan data yang ada di SAPK. Menjadi awal yang baik untuk program kerja yang menggunakan sistem, semisal KPO dan PPO, karena keakuratan data merupakan hal yang  sangat dibutuhkan dalam program-program BKN.

Sanski bagi PNS yang tidak mengisi data ke dalam Aplikasi e-PUPNS 2015 adalah

  • Tidak tercatat dalam database ASN Nasional di BKN 
  • Tidak akan mendapatkan layanan kepegawaian 
  • Dinyatakan berhenti/pensiun 
Bagi yang ingin mendownload pedoman pengisian e-PUPNS dalam bentuk file .pdf, silahkan klik tautan berikut : 

PerKa BKN Nomor 19 Tahun 2015 : Perka BKN No.19 Tahun 2005

Petunjuk e-PUPNS untuk Administrator : http://www.bkn.go.id/wp-content/uploads/2015/08/buku-petunjuk-epupns-admin.pdf 

Petunjuk e-PUPNS untuk User : http://ditjenmiltun.mahkamahagung.go.id/buku-petunjuk-epupns-user.pdf  

Petunjuk e-PUPNS untuk Helpdesk : http://ditjenmiltun.mahkamahagung.go.id/buku-petunjuk-epupns-helpdesk.pdf  

Download Video Tutorial Lengkap  : http://ditjenmiltun.mahkamahagung.go.id/video_tutorial_epupns.zip

Bagaimana cara registrasi e-PUPNS? Apa saja syarat dokumen yang bakal di upload di website resmi BKN? Apa tujuan dari pemutakhiran data oleh BKN? Apakah PNS dan CPNS diwajibkan untuk melakukan registrasi sistem pendataan ulang secara online? Berikut akan dijelaskan mengenai alur kerja proses e-PUPNS 2015 


Tahapan-tahapan yang harus dilakukan dalam pengisian data ke dalam aplikasi e-PUPNS ini adalah : 

  • Registrasi 
Pada halaman utama klik tombol daftar atau bisa dengan mengklik tautan berikut https://epupns.bkn.go.id/registrasi Kemudian lengkapi data saat melakukan prosed pendaftaran & cetak bukti nomor registrasi/pendaftaran.

  • Cek Status Daftar

    Cek status persetujuan pendaftaran dari Biro/Badan Kepegawaian masing-masing instansi dengan klik tombol Cek Status.
  • Login ke sistem PUPNS 
Login (klik tombol Masuk) kedalam sistem PUPNS jika pendaftaran sudah disetujui, gunakan nomor registrasi dari sistem dan kata kunci (password) yang telah dibuat pada waktu proses pendaftaran.

  • Cek Data Anda
Centang data yang telah sesuai dan perbaiki data yang belum sesuai, serta lengkapi data riwayat. Klik tombol Simpan untuk menyimpan data. Pastikan data sudah di cek seluruhnya, jika sudah yakin, cetak data dengan tombol Cetak, lalu kirim data secara elektronik untuk proses verifikasi dengan tombol Kirim.



Dan inilah contoh hasil cetak formulir dari aplikasi e-PUPNS : http://ditjenmiltun.mahkamahagung.go.id/contoh-hasil-cetak-form-pupns-dari-aplikasi.pdf

Ditulis oleh hilda 28 Agustus 2015

Himbauan Pengisian Sikep

Berdasarkan hasil monitoring pelaksanaan pengisian data pada Sistem Informasi Kepegawaian (SIKEP) sesuai Surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung Ri Nomor 197-1/SEK/KU.01/7/2015 tanggal 27 Juli 2015, tentang Penerapan Aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian (SIKEP) MA RI. Bagi satker yang belum mencapai 100 % untuk segera melengkapi data. Berikut ini terlampir Hasil Laporan Monitoring Kelengkapan Data  Peradilan TUN per tanggal 27/08/2015 Sebagaimana Terlampir Dalam Dokumen di bawah ini : 

Surat Edaran :  http://ditjenmiltun.mahkamahagung.go.id/surat/Surat Edaran Pengisian Sikep 781Djmt 3 B 8 2015.pdf

Lampiran : http://ditjenmiltun.mahkamahagung.go.id/surat/lampiran.pdf  



24 Agustus 2015

Perkara yang berkaitan dengan UU Administrasi Pemerintahan

Sehubungan dengan telah disahkannya UU No. 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan, maka perkara yang masuk di Pengadilan yang ada kaitannya dengan UU Administrasi Perkara tersebut agar dilaporkan kepada Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara.

Silakan unduh surat resminya.

*Suratnya


21 Agustus 2015

Himbauan Mengikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Pengadilan

Sehubungan telah diluncurkannya Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Peradilan oleh Ketua Mahkamah Agung RI tanggal 19 Agustus 2015, maka kepada semua Pengadilan Tata Usaha Negara diminta ikut serta dalam kompetisi tersebut.

Adapun waktu pelaksanaan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Peradilan dimulai sejak tanggal 19 Agustus 2015 sampai 22 Oktober 2015. Keterangan mengenai kompetisi dapat dilihat di http://inovasi.mahkamahagung.go.id/

*Suratnya


19 Agustus 2015

Sosialisasi SIPK DIPA 05

Kabag Umum Sekretariat Ditjen Badilmiltun MA RI menyelenggarakan sosialisasi sistem informasi pelaporan keuangan DIPA 05 (SIPK DIPA 05) bagi SDM pengelola keuangan satker, korwil dan unit eselon I dalam rangka implementasi strategi kebijakan pengembangan sistem laporan pertanggungjawaban keuangan DIPA 05 di lingkungan Ditjen Badimiltun MA RI. Kegiatan sosialisasi ini dilakukan dalam rangka memenuhi tugas Diklat PIM II juga sebagai implementasi rencana kebijakan strategis dalam pelaporan keuangan khususnya DIPA 05 yang selama ini masih dilakukan secara parsial dan konvensional oleh satker ke korwil dan dari korwil ke unit eselon I, demikian juga dari unit eselon I ke dalam Aplikasi Komdanas MA RI.



HUT Mahkamah Agung yang ke - 70


JAKARTA, 19 Agustus 2015, dalam rangka memperingati hari ulang tahun yang ke - 70 Mahkamah Agung selain menyelenggarakan upacara peringatan yang dipimpin langsung oleh Ketua Mahkamah Agung, juga akan dilakukan kegiatan bakti sosial yang berupa Donor Darah Bekerjasama Dengan Palang Merah Indonesia DKI Jakarta, serta memberikan santunan terhadap 15 Yayasan Panti Asuhaan Se Wilayah Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta dan Sekitarnya.

Kegiatan ini akan di hadiri oleh unsur Pimpinan MA, para Hakim Agung, para Pejabat Eselon I sampai dengan Eselon IV dan para Staf di lingkungan Mahkamah Agung serta para Pejabat Pengadilan dari Empat lingkungan Peradilan Se - DKI Jakarta.

Kemudian dilanjutkan dengan acara peluncuran Kompetisi Inovasi Pelayanan Peradilan melalui Sebuah portal di alamat http://inovasi.mahkamahagung.go.id yang disediakan untuk menampung semua informasi inovasi  tersebut.

Kompetisi ini diselenggarakan untuk diikuti oleh semua lingkungan pengadilan tingkat pertama yang mempunyai inovasi pada layanannya, sekelompok juri yang ditetapkan oleh  Mahkamah Agung akan memberi penilaian terhadap semua inovasi layanan yang didaftarkan melalui portal kompetisi. Pengadilan pun akan diberi ruang di portal tersebut  untuk mengekspose bukti keunggulan layanannya dari waktu ke waktu.

Juri akan memilih sejumlah peserta dengan inovasi terbaik untuk dilakukan verifikasi lapangan. Peserta terpilih akan diundang ke Jakarta untuk melakukan presentasi publik mengenai layanan inovatif yang dimilikinya. Mereka juga akan mendapat kesempatan melakukan kunjungan ke berbagai lembaga yang menyandang inovasi layanan terbaik.

Dalam penilaian tahap akhir, Tim juri akan menentukan peserta terbaik yang berhak mendapatkan kesempatan melakukan magang di pengadilan negara sahabat yang bermitra dengan Mahkamah Agung.



JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL


Karya Tulis
Makalah

Tulisan dan Artikel warga Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara ( kirimkan tulisan anda pada kami melalui email ke redaksi@ditjenmiltun.net)

>> Klik disini <<

 
Serba Serbi
 
 
 
Aplikasi MA-RI
SIKEP MA-RI

Why IceTheme Club System Informasi Kepegawaian Online Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses oleh seluruh Pegawai Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Indonesia.

 
Keuangan Perkara

Why IceTheme Club Pelaporan Keuangan Perkara Online berbasis SMS yang bisa diakses dalam interface website ini berguna agar pelaporan keuangan perkara pengadilan ke Mahkamah Agung dapat terupdate secara cepat dan akurat.

 
Kumpulan Putusan

Easy Setup Kumpulan Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses secara online di Portal Mahkamah Agung, modul putusan ini adalah program pelayanan Mahkamah Agung agar masyarakat dapat secara cepat mengetahui putusan yang sudah berkekuatan hukum tetap.

 
 
 
Berita Video

SELAMAT IDUL FITRI 1433H

Lihat Video Lainnya

 
Polling

Bagaimana dengan website kami

 

 

 

  Hasil

 
 

  • banner0.jpg
  • banner 1.jpg
  • banner 2.jpg
  • banner 3.jpg
  • banner 4.jpg
  • banner 5.jpg

informasi Terkini

Transparansi Kami

Keuangan


Seputar Informasi Keuangan Ditjen Badilmiltun

Read more ...

Link Pengadilan dan Instansi Terkait

Informasi Alamat dan Link Website Pengadilan Militer dan Pengadilan Tata Usaha Negara.

Read more ...

Dapur Redaksi

REDAKSI

Read more ...

Kontak Kami & Pengaduan

Email Peradilan Militer

Email Peradilan TUN

Makalah & Artikel

Serba - Serbi

Blog Kami

Link SIPP Web Peradilan Militer

Sistem Informasi Penelusuran Perkara Peradilan Militer

Pengadilan Tingkat Banding Pengadilan Tingkat Pertama Website SIPP Web
Pengadilan Militer UtamaPengadilan Militer UtamaLihat-
Pengadilan Militer Tinggi I MedanLihat-
Pengadilan Militer Tinggi II JakartaLihat
-
Pengadilan Militer Tinggi III SurabayaLihat
-
Pengadilan Militer Tinggi I Medan
Pengadilan Militer I-01 Banda AcehLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-02 MedanLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-03 PadangLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-04 PalembangLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-05 PontianakLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-06 BanjarmasinLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-07 BalikpapanLihat
Lihat
Pengadilan Militer Tinggi II Jakarta
Pengadilan Militer II-08 JakartaLihat
Lihat
Pengadilan Militer II-09 BandungLihat
Lihat
Pengadilan Militer II-10 SemarangLihat
Lihat
Pengadilan Militer II-11 YogyakartaLihat
Lihat
Pengadilan Militer Tinggi III Surabaya
Pengadilan Militer III-12 SurabayaLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-13 MadiunLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-14 DenpasarLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-15 KupangLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-16 Makassar
Lihat
Lihat
Pengadilan Militer III-17 Manado
Lihat
Lihat
Pengadilan Militer III-18 Ambon
Lihat
Lihat
Pengadilan Militer III-19 Jayapura
Lihat
Lihat


Read more ...

WEB LINK


User Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday344
mod_vvisit_counterYesterday4291
mod_vvisit_counterThis week344
mod_vvisit_counterAll days6851007

We have: 33 guests, 4 bots online
Your IP: 54.158.52.166
 , 
Today: Sep 22, 2018

peraturan-button