1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

Ditulis oleh SDM 25 November 2011

Sosialisasi Kebijakan Pimpinan Ditjen Badilmiltun

Bogor 24/11/2011, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara  menyelenggarakan acara Sosialisasi Kebijakan Pimpinan yang diadakan  di Cisarua Bogor dari tanggal 24 s.d tanggal 26 November 2011. Hadir dalam acara ini Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial H. Ahmad Kamil SH. M.Hum, Ketua Muda Bidang Pembinaan Mahkamah Agung Widayatno Sastro Hardjono, SH, MSc., Sekretaris Mahkamah Agung RI Drs. H. M. Rum Nessa, SH. MH., Kepala Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung Subagyo, SH. MM., Pejabat Struktural eselon I, II, III dan IV dilingkungan Ditjen Badilmiltun.

Dalam pengarahannya Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial menyampaikan bahwa forum ini merupakan forum nostalgia 10 tahun yang lalu, suatu forum yang mengantarkan Mahkamah Agung kepada oganisasi dan tatakerja Peradilan satu atap di Mahkamah Agung. Pada saat itu menginginkan adanya Direktorat Jendral Peradilan Militer dan Peradilan Tata usaha Negara berdiri dalam organisasi secera tersendiri, namun demikian upaya ini belum membuahkan hasil, karena Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara belum mengabulkan. Untuk itu tidak ada salahnya apabila saat ini juga dijadikan awal evaluasi organisasi, sehingga kedepan diharapkan pemisahan Ditjen Peradilan Militer dan Peradilan tata usaha negara.

Read Article »


Ditulis oleh sdm 07 November 2011

Pemotongan Hewan Qurban Di Gedung Sekretariat Mahkamah Agung

qurban2011

Jakarta, 07 Nopember 2011.

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban di gedung Sekretariat Mahkamah Agung Jl. Jend. A. Yani Kav.58 Jakarta Pusat hari Senin 07 Nopember 2011 berjalan lancar.

Turut menyaksikan dan menyerahkan hewan qurban secara simbolik Dirjen Badilag Drs. H. Wahyu Widiana, MA., Sekretaris Ditjen Badilag Drs. H. Farid Ismail, SH. MH., Sekretaris Ditjen Badilum Mugyana Sukandar, SH.MH. dan para pejabat struktural dan fungsional dari empat lingkungan peradilan, Bawas, Balitbang Diklat Kumdil yang berada di Gedung Sekretariat Mahkamah Agung lainnya.

Hewan Qurban yang disembelih sebanyak 6 ekor sapi dibagikan kepada para mustahik yang disetujui oleh seksi sariah qurban.

Ketua Panitia Qurban Ishaka, SH. MH. mengucapkan terima kasih kepada pada para pemilik hewan qurban yang telah menyerahkan dan mempercayakan kepada panitia qurban Gedung Sekretariat Mahkamah Agung, dan kesiapan melaksanakan pemotongan hewan qurban sesuai syar'i.(Sdm)


Ditulis oleh SDM 25 Oktober 2011

Rapat Penyusunan SOP Ditjen BADILMILTUN

Jakarta, 24 Oktober 2011

Sebanyak 65 Pejabat Struktural Eselon II, Eselon III, dan Eselon IV Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara Mahkamah Agung pada hari Senin 24 Oktober 2011 mulai jam 10.00 WIB hingga pukul 16.WIB mengikuti rapat sosialisasi penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang dipandu oleh nara sumber dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di Gedung Sekretariat Mahkamah Agung Lantai XII Jl. Jenderal A. Yani Kab. 58 Jakarta Pusat.

Read Article »


Ditulis oleh sadiman 30 September 2011

MA Masuk 10 Besar Badan Publik Terbaik Dalam Hal Keterbukaan Informasi

Jakarta - Komisi Informasi Pusat (KIP) memberikan piagam penghargaan bagi 10 badan publik terbaik dalam memberikan keterbukaan informasi kepada publik melalui situs masing-masing. Mahkamah Agung termasuk didalamnya berada pada pringkat 6.

"Penghargaan ini berdasarkan informasi tentang regulasi keuangan, kinerja dan profil mereka yang terbuka kepada publik, yang semuanya ditampung dalam websitenya. Jadi kita pantau berdasarkan website," ujar komisioner bidang kelembagaan Komisioner Komisi Informasi Pusat (KIP), Alamsyah Saragih.

 

Pemantauan dan penilaian dilakukan oleh KIP terhadap total 82 badan publik negara selama jangka waktu 2010-2011. Tahun ini merupakan kedua kalinya penghargaan ini diberikan oleh KIP kepada badan publik negara.

 

 

Read Article »


Ditulis oleh NS 22 September 2011

Penutupan Rakernas MA RI 2011

penutupan rakernasJakarta - Kamis (22/9), bertempat di Hotel Mercure Ancol, pukul 10.00 WIB, digelar acara penutupan Rakernas MA RI yang dilaksanakan mulai tanggal 18 September 2011.  Acara dimulai dengan pembacaan pidato laporan pelaksanaan kegiatan Rakernas MARI 2011 oleh  ketua panitia yang menyebutkan bahwa Rakernas kali ini berbeda dengan rakernas tahun-tahun sebelumnya, dimana rakernas tahun ini menggunakan pendekatan IT yang lebih maksimal. Ia juga menyatakan bahwa pada awalnya ada kekhawatiran akan berhasilnya penyelenggaraan rakernas ini, karena sosialisasi rakernas dilakukan menggunakan portal Rakernas, bagaimana jika ada pengadilan yang tidak tahu informasi, tidak mengakses internet dan membuka portal. Namun kekhawatiran tersebut tampaknya tidak terjadi, Rakernas sukses diselenggarakan dengan dihadiri 1735 peserta dari seluruh peradilan di Indonesia.

Read Article »


Ditulis oleh NS 21 September 2011

Presentasi Direktur Jenderal BADILMILTUN pada Rakernas MA RI 2011

dirjen badilmiltunJakarta - Rabu, 21 September 2011, bertempat di ruang Krakatau Hotel Mercure, Dirjen Badilmiltun, Sulistyo, SH, MHum, memberikan presentasi pada Rakernas MA RI 2011 dengan tema Pengembangan "Karier Hakim Pengadilan Militer & TUN Sebagai Prioritas Pelaksanaan Reformasi Birokrasi". Dengan memaparkan jumlah tenaga teknis dilingkungan peradilan TUN dan Militer, Dirjen Badilmiltun mengungkapkan permasalahan SDM, peningkatan profesionalisme dan pemenuhan tenaga teknis, terutama hakim baik di peradilan tun maupun militer.

Read Article »


Ditulis oleh DRM 20 September 2011

Pidato Tuada ULDIMIL Pada Rakernas MA-RI 2011

militer2Jakarta - Ketua Muda Urusan Lingkungan Peradilan Militer, H.M. Imron Anwari, S.H., Spn., M.H., pada Rakernas MA-RI hari ketiga, Selasa, 20 September 2011 menyampaikan pidato yang berjudul Optimalisasi Peran Pengadilan Tingkat Banding Dalam Rangka Transparansi Pengadilan Di Lingkungan Peradilan Militer. Diungkapkan bahwa ada lima hal yang menjadi temuan permasalahan di lingkup Pengadilan militer, diantaranya adalah Manajemen Pengadilan, Kinerja Pelayanan Publik, Administrasi Perkara, Administrasi Persidangan serta Administrasi Umum. Lebih lanjut beliau menambahkan pula adanya kendala di bidang Pengembangan Teknologi Informasi yang berimbas pada Transparansi Putusan untuk kebutuhan publik. Dalam hal ini perlu ditingkatkan peran Kadilmilti untuk melakukan fungsi pengawasan dan pembinaan terhadap jajaran Pengadilan di bawahnya secara berkala dan berkesinambungan sehingga peran Pengadilan tingkat Banding akan berjalan secara optimal.

Makalah lengkap Tuada Uldilmil dapat di lihat pada link di bawah ini.


Ditulis oleh NS 20 September 2011

Pidato Tuada ULDILTUN pada  Rapat Komisi di Rakernas MA RI 2011

tuadatunJakarta - Rakernas hari ketiga, Selasa, 20 September 2011, Tuada ULDILTUN, Dr. Paulus Efendi Lotulung, SH, menyampaikan ceramahnya mengenai keaktifan hakim dalam proses peradilan. Tuada mengungkapkan bahwa ketika hakim menghadapi kasus-kasus konkrit yang harus diadilinya, dimana hukum yang bersifat statis atau yang menimbulkan ketidak-jelasan dalam mayarakat yang senantiasa berkembang, dan lain sebagainya, maka diperlukan kemampuan berfikir pada hakim untuk mencari hukum dan menemukan hukum solusi dalam kasus yang dihadapinya yang harus dipecahkan dan diputuskan secara tepat dan adil. Itulah yang dinamakan Judicial activism, sebagaimana apa yang selalu diharapkan dari hakim dan peradilan untuk menjawab dan mengisi kekosongan hukum dalam mengikuti pengembangan dan dialektika hukum dalam masyarakat sehingga putusan-putusan peradilan dapat mencerminkan rasa keadilan.

Makalah lengkap serta materi presentasi Tuada ULDILTUN dan materi dapat di lihat pada link di bawah ini.

download makalah

download materi Presentasi


Ditulis oleh NS 20 September 2011

Pidato Tuada Pengawasan pada Rakernas MA RI 2011

tuadawasJakarta - Sistem Pengawasan Mahkamah Agung, demikian tema ceramah yang diberikan oleh Tuada Pengawasan Mahkamah Agung, Dr. HM. Hatta Ali, SH, MH. Dalam paparannya Tuada Pengawasan kembali mengingatkan bahwa ruang lingkup pengawasan adalah penyelenggaraan pelaksanaan dan pengelolaan organisasi, administrasi, dan finansial peradilan, yaitu termasuk didalamnya lembaga maupun aparat di seluruh lingkungan Mahkamah Agung, Pengadilan Tingkat Banding, Pengadilan Tingkat Pertama untuk Menjaga agar pelaksanaan tugas lembaga peradilan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Presentasi Tuada Pengawasan selengkapnya dapat dilihat pada link di bawah ini.

download


Ditulis oleh NS 20 September 2011

Pemberian Materi oleh Wakil Ketua BPK (Badan Pemeriksaan Keuangan) pada Rakernas MA RI 2011

bpkJakarta - Pada Rakernas MA RI 2011, turut diundang Wakil Ketua BPK (Badan Pemeriksaan Keuangan), Hasan Bisri, SE untuk memberikan ceramah kepada seluruh peserta Rakernas. Dalam ceramahnya, ia menjelaskan beberapa hal-hal yang sering menjadikan persoalan dalam laporan pertanggungjawaban yang berkitan dengan pemeriksaan BPK, beberapa diantaranya masalah pertanggung jawaban anggaran belanja yang tidak ada bukti formalitasnya, terdapatnya anggaran belanja bantuan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya dan tidak ada laporan pemberian bantuan, adanya perjalanan dinas fiktif atau dilaksanakan dengan biaya lebih murah, penyelenggaraan kegiatan fiktif dengan laporan kegiatan fiktif.

Read Article »



JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL


Karya Tulis
Makalah

Tulisan dan Artikel warga Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara ( kirimkan tulisan anda pada kami melalui email ke redaksi@ditjenmiltun.net)

>> Klik disini <<

 
Serba Serbi
 
 
 
Aplikasi MA-RI
SIKEP MA-RI

Why IceTheme Club System Informasi Kepegawaian Online Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses oleh seluruh Pegawai Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Indonesia.

 
Keuangan Perkara

Why IceTheme Club Pelaporan Keuangan Perkara Online berbasis SMS yang bisa diakses dalam interface website ini berguna agar pelaporan keuangan perkara pengadilan ke Mahkamah Agung dapat terupdate secara cepat dan akurat.

 
Kumpulan Putusan

Easy Setup Kumpulan Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses secara online di Portal Mahkamah Agung, modul putusan ini adalah program pelayanan Mahkamah Agung agar masyarakat dapat secara cepat mengetahui putusan yang sudah berkekuatan hukum tetap.

 
 
 
Berita Video

SELAMAT IDUL FITRI 1433H

Lihat Video Lainnya

 
Polling

Bagaimana dengan website kami

 

 

 

  Hasil

 
 

  • banner1.jpg
  • banner2.jpg
  • banner3.jpg
  • banner4.png
  • banner5.png
  • banner6.png

informasi Terkini

Transparansi Kami

Keuangan


Seputar Informasi Keuangan Ditjen Badilmiltun

Read more ...

Link Pengadilan dan Instansi Terkait

Informasi Alamat dan Link Website Pengadilan Militer dan Pengadilan Tata Usaha Negara.

Read more ...

Dapur Redaksi

REDAKSI

Read more ...

Kontak Kami & Pengaduan

Email Peradilan Militer

Email Peradilan TUN

Makalah & Artikel

Serba - Serbi

Blog Kami

WEB LINK


User Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1952
mod_vvisit_counterYesterday6013
mod_vvisit_counterThis week34752
mod_vvisit_counterAll days5742094

We have: 48 guests, 1 bots online
Your IP: 54.162.139.105
 , 
Today: Nov 25, 2017

peraturan-button