1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

Kunjungan Kerja Dirjen Badan Peradilan Militer Dan Peradilan Tata Usaha Negara Ke Banda Aceh

Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara (Badilmiltun) Sulistyo, S.H., M.Hum. didampingi Direktur Binganismin Peradilan Militer, Brigjen (Purn) Anthon R. Saragih, S.H., M.H. dan Direktur Binganismin Peratun Yodi Martono Wahyunadi, S.H., M.H. mengadakan kunjungan kerja ke Pengadilan Militer 1-01 dan PTUN Banda Aceh (12 s.d. 14/5/2015). Kunjungan Dirjen melakukan pembinaan menyangkut tenaga teknis dan administrasi peradilan.

Read Article »


15 Mei 2015

Pemberitahuan Pelatihan Pemantapan Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH)

Diberitahukan kepada hakim di lingkungan peradilan TUN bahwa akan diadakan

Pelatihan Pemantapan Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH), yang diselenggarakan oleh Komisi Yudisial RI pada :

Hari/Tanggal  : Senin s.d Sabtu / 18 s.d 23 Mei 2015

Tempat       : Braja Mustika Hotel & Convention Center, JL Dr. Semeru, Bogor, Jawa Barat


Bagi yang nama-namanya tercantum pada lampiran berikut ini dimohon untuk mempersiapkan diri.

Suratnya   


15 Mei 2015

Bimbingan Teknis Pembangunan Aplikasi bagi Tenaga IT Mahkamah Agung 

Malang - Ditjen Badilmiltun mendapat undangan Mahkamah Agung dan UNDP melalui proyek SUSTAIN (Support to the Justice Sector Reform in Indonesia) untuk mengikuti bimbingan teknis pembangunan aplikasi sistem informasi perkara pengadilan dalam rangka pelaksanaan kegiatan integrasi data perkara militer dan tata usaha negara ke dalam SIMARI. Kegiatan dilaksanakan di Malang dari tanggal 11 Mei 2015 sampai 13 Juni 2015. Ditjen Badilmiltun mengirim enam orang untuk mengikuti bimbingan teknis tersebut, yaitu Mohammad Zahid (PP PTUN Yogyakarta), Mochamad Gufron (staf urusan Minradang Dilmilti III Surabaya), Beni Mulyono (Staf Bag Umum/IT PTUN Bandung), Dwianto Budiman (Pranata Komputer/Staf IT Ditjen), Jefri Ardianto (Staf Bag Umum/IT Ditjen), Nita Setyaningrum (Staf Stadok/IT Ditjen). 

Selama bimbingan teknis, peserta akan mendapat pengarahan tahapan dalam membangun sebuah aplikasi sistem informasi perkara, mulai dari tahap membuat bisnis proses, Data Flow Diagram (DFD), Entity Flow Diagram (ERD), Flowchart, menentukan arsitektur infrastruktur, membuat desain struktur database dan kamus data, migrasi database, bahasa pemograman berbasis website, framework aplikasi, database query, sampai membuat desain interface aplikasi. 

Kegiatan bimbingan teknis tersebut dibuka oleh Joko Upoyo Pribadi, SH selaku Kabag Pemeliharaan IT Mahkamah Agung RI pada Senin, 11 Mei 2015 di Hotel Ubud Malang. Dalam pengarahannya dikatakan bahwa Teknologi Informasi di Mahkamah Agung akan terus berkembang, sehingga dipandang sangat perlu Mahkamah Agung memiliki IT yang kuat dan mandiri, yang tidak sepenuhnya bergantung kepada vendor semata. Untuk itu Mahkamah Agung akan memberdayakan tenaga-tenaga dari unit satuan kerja-unit satuan kerja yang dibawahinya untuk memperkuat IT Mahkamah Agung. Bagi Badan Peradilan Umum hal ini telah dimulai lebih dulu sejak tahun 2012, sedangkan bagi Badan Peradilan Militer dan Tata Usaha Negara hal ini baru saja akan dimulai yang kedepannya akan melibatkan lebih banyak unsur-unsur dari lingkungan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara. (ns)


12 Mei 2015

Pokja Dokumen Elektronik Dalam Pemberkasan Perkara 2015


Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dat Peradilan Tata Usaha Negara Mahkamah Agung RI Sulistyo, SH. M.Hum membuka kegiatan Kelompok Kerja Direktorat Pranata dan Tatalaksana Perkara Pidana Militer tahun 2015 yang merupakan salah satu kegiatan dari DIPA Ditjen Badilmiltun. Pokja kali ini mengambil tema : "Dokumen Elektronik Dalam Pemberkasan Perkara Kasasi dan Peninjauan Kembali Berdasarkan SEMA Nomor 1 tahun 2014 serta Percepatan Penyelesaian Perkara sesuai Keputusan KMA No.214/KMA/SK/XII/2014" bertempat di ruang Mujono lantai II-207 Gedung Mahkamah Agung Jl. Medan Merdeka Utara No.9-13 Jakarta Pusat.  Pokja diikuti 27 peserta dengan dihadiri Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer Brigjen (Pur) Anthon R. Saragis, SH., MH. dengan narasumber Asep Nursobah, S.Ag dari Kepaniteraan Mahkamah Agung dan Panitera Muda Pidana Militer Kol. Chk. H. Mahmud, SH. MH.


06 Mei 2015

Kunjungan Kerja Dirjen Badilmiltun Ke Pengadilan Tata Usaha Negara Serang

kuker untuk webDirektur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara (Badilmiltun) Sulistyo, S.H., M.Hum. didampingi Direktur Binganismin Peratun Yodi Martono Wahyunadi, S.H., M.H. mengadakan kunjungan kerja ke PTUN Serang (Selasa, 5/5/2015). Kunjungan Dirjen ini adalah dalam rangka melihat kantor baru PTUN Serang yang beralamat di Jalan Syekh Nawawi Al Bantani No. 3 Km. 5, Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang-Banten 42123. Dalam kunjungan tersebut Dirjen juga berkesempatan meninjau seluruh ruangan dan halaman serta suasana kerja di lingkungan kantor.

PTUN Serang juga telah membentuk Pos Bantuan Hukum (Posbakum) berupa layanan hukum bagi masyarakat yang tidak mampu. Selain itu, PTUN Serang memiliki program terbaru dan andalan yang telah berjalan saat ini, yaitu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan melalui program One Day Court Service dan One Day Minutering. One Day Court Service merupakan konsep pendaftaran dalam satu hari, sedangkan One Day Minutering merupakan konsep pembacaan putusan dan minutasi dalam satu hari.

Dalam arahannya Dirjen Badilmiltun menyampaikan pesan agar suasana kantor yang sudah kondusif untuk dipertahankan bahkan ditingkatkan terutama untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Kegiatan yang sudah ada terutama program One Day Minutering harus terus mendapat dukungan dari semua hakim dan pegawai. Gedung kantor yang baru agar selalu dirawat keindahan dan kebersihannya.(ymw)


RAKOR LINGKUNGAN PERADILAN TATA USAHA NEGARA TAHUN 2015

Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara (Badilmiltun) menyelenggarakan rapat koordinasi di lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara (28-30/4/2015).  Sulistyo, S.H., M.Hum membuka secara resmi sekaligus dimulai rakor bertempat di PTUN Tanjungpinang. Hadir sebagai peserta Ketua dan Panitera dari seluruh Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT.TUN) Jakarta, Makassar, Medan dan Surabaya.

Rakor mengambil tema : Rapat Koordinasi Pembinaan Pelayanan Hukum bagi masyarakat di Lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara,
Rapat Koordinasi melakukan Pembahasan menyangkut :
1. Laporan Penyelesaian Perkara dilingkungan Peradilan tata Usaha Negara
2. Pengelolaan Biaya Perkara/ Posbakum dan Pelayanan Hukum dilingkungan Peradilan Tata Usaha Negara
3. Persiapan sengketa Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada)
4. Persiapan dalam rangka ulang tahun Mahkamah Agung RI tentang Teknologi Informasi (IT) Pelayanan Publik dan Kebersihan Pengadilan.
5. Pembahasan Materi Bimbingan Teknis Tahun Anggaran 2015
6. Persiapan PTWP dan HUT Peratun.
7. Laporan Realisasi Anggaran Tahun 2014.

Dirjen Badilmiltun mengharapkan hasil rakor dapat meningkatkan kualitas kinerja seluruh aparatur Pengadilan di lingkungan Peratun. Dengan demikian hasil rakor harus disosialisasikan di lingkungan wilayah hukum masing-masing PT.TUN. Akhirnya, kinerja Pengadilan dapat dirasakan masyarakat memperoleh pelayanan yang lebih baik.
(ymw)


Diskusi Kelompok Terpadu(Focus Group Discussion):
Sinkronisasi Perspektif  Hukum Tata Usaha Negara dan Hukum Pidana Mengenai Unsur  “Penyalahgunaan Wewenang”

Mahkamah Agung RI melalui Kamar Tata Usaha Negara dengan dukungan terhadap reformasi dalam peradilan di Indonesa (SUSTAIN) mengadakan diskusi kelompok terpadu (Focus Group Discussion) : sinkronisasi prespektif hukum tata usaha Negara dan hukum pidana mengenai unsur penyalahgunaan wewenang, bertempat di Hotel Aryaduta Jakarta (Senin, 27/4/2015). Dr. H. Imam Subechi, S.H., M.H. membuka secara resmi kegiatan diskusi dengan menampilkan tiga nara sumber terdiri dari : Prof. Dr. H. Romli Atmasasmita, S.H., LLM, Guru Besar Hukum Pidana Universitas Padjajaran Bandung, Prof. Dr. Zudan Arif, S.H., M.H. Staf Ahli Kementerian Dalam Negeri dan Dr. H. Suhadi, S.H., M.H. Hakim Agung Mahkmah Agung R.I. Sedangkan peserta diskusi diikuti Hakim Agung, Dirjen Badilmiltun, Ketua PT.TUN, Panmud Perkara TUN, Inspektur Wilayah, Direktur Binganismin Peratun, Hakim Tinggi PT dan PTUN, Ketua PTUN, Assisten Hakim Agung.

Hasil diskusi memberikan masukan bagi Tim Perumus Perma mengenai pelaksanaan Undang-Undang No. 30 Tahun 2014 tentang Admnistrasi Pemerintahan (UUAP) khususnya menyangkut Pasal 21 UUAP yang memberikan kewenangan kepada PTUN untuk menguji ada-tidaknya unsur penyalahgunaan wewenang. Kegiatan diskusi merupakan tahap finalisasi draf Perma.

Kehadiran Perma diharapkan dapat mengisi kekosongan hukum acara yang belum diatur dalam UU No. 5 Tahun 2009 tentang Perubahan Kedua Atas UU No. 5 Tahun 1986 tentang Peradilan Tata Usaha Negara menyangkut telah terbitnya UUAP. Perlu mengatur mengenai acara antara lain Pengujian ada tidaknya penyalahgunaan wewenang dan Keputusan fiktif positif. (ymw)


Ditulis oleh stm 29 April 2015

Pemberitahuan Bimtek Pemberkasan Perkara Tata Usaha Negara

Sehubungan dengan adanya Rapat Koordinasi Pimpinan Mahkamah Agung RI pada tanggal 6 s.d 8 Mei 2015, maka untuk Kegiatan Bimbingan Teknis Pemberkasan Perkara Kasasi, Peninjauan Kembali, Hak Uji Materiil dan Sengketa Pajak bagi Panitera Muda Perkara Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara / Pengadilan Tata Usaha Negara dan Pengadilan Pajak   yang seharusnya akan dilaksanakan pada tanggal tersebut di atas diganti menjadi :


Hari / Tanggal :  Rabu, 20 Mei s/d Jum'at 22 Mei 2015

Tempat Yogyakarta

                       Daerah Istimewa Yogyakarta 55213

Demikian atas perhatiannya diucapkan banyak terima kasih.(surat)



24 April 2015

Rapat Penyusunan Pola Promosi dan Mutasi Tenaga Teknis ke-3: Dengar Pendapat dari Peneliti Balitbang Diklat Kumdil

rapat23april

Jakarta - Kamis, 23 April 2015 di Ruang Rapat Besar Ditjen Badilmiltun kembali diadakan Rapat Penyusunan Pola Promosi dan Mutasi Tenaga Teknis yang ketiga kalinya dengan menghadirkan narasumber Budi Suharyanto, SH, MH, peneliti di Balitbang Diklat Kumdil MA RI.

Read Article »


23 April 2015

RAKOR PERATUN 2015 DI BATAM 

Dalam rangka membahas isu-isu penting dan target kinerja tahun 2015 nama-nama yang terlampir ini agar segera mempersiapkan diri untuk melaksanakan Rapat Koordinasi Peradilan Tata Usaha Negara yang akan diselenggaragan sebagaimana surat terlampir.



JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL


Karya Tulis
Makalah

Tulisan dan Artikel warga Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara ( kirimkan tulisan anda pada kami melalui email ke redaksi@ditjenmiltun.net)

>> Klik disini <<

 
Serba Serbi
 
 
 
Aplikasi MA-RI
SIKEP MA-RI

Why IceTheme Club System Informasi Kepegawaian Online Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses oleh seluruh Pegawai Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Indonesia.

 
Keuangan Perkara

Why IceTheme Club Pelaporan Keuangan Perkara Online berbasis SMS yang bisa diakses dalam interface website ini berguna agar pelaporan keuangan perkara pengadilan ke Mahkamah Agung dapat terupdate secara cepat dan akurat.

 
Kumpulan Putusan

Easy Setup Kumpulan Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses secara online di Portal Mahkamah Agung, modul putusan ini adalah program pelayanan Mahkamah Agung agar masyarakat dapat secara cepat mengetahui putusan yang sudah berkekuatan hukum tetap.

 
 
 
Berita Video

SELAMAT IDUL FITRI 1433H

Lihat Video Lainnya

 
Polling

Bagaimana dengan website kami

 

 

 

  Hasil

 
 

  • banner0.jpg
  • banner 1.jpg
  • banner 2.jpg
  • banner 3.jpg
  • banner 4.jpg
  • banner 5.jpg

informasi Terkini

Transparansi Kami

Keuangan


Seputar Informasi Keuangan Ditjen Badilmiltun

Read more ...

Link Pengadilan dan Instansi Terkait

Informasi Alamat dan Link Website Pengadilan Militer dan Pengadilan Tata Usaha Negara.

Read more ...

Dapur Redaksi

REDAKSI

Read more ...

Kontak Kami & Pengaduan

Email Peradilan Militer

Email Peradilan TUN

Makalah & Artikel

Serba - Serbi

Blog Kami

Link SIPP Web Peradilan Militer

Sistem Informasi Penelusuran Perkara Peradilan Militer

Pengadilan Tingkat Banding Pengadilan Tingkat Pertama Website SIPP Web
Pengadilan Militer UtamaPengadilan Militer UtamaLihat-
Pengadilan Militer Tinggi I MedanLihat-
Pengadilan Militer Tinggi II JakartaLihat
-
Pengadilan Militer Tinggi III SurabayaLihat
-
Pengadilan Militer Tinggi I Medan
Pengadilan Militer I-01 Banda AcehLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-02 MedanLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-03 PadangLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-04 PalembangLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-05 PontianakLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-06 BanjarmasinLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-07 BalikpapanLihat
Lihat
Pengadilan Militer Tinggi II Jakarta
Pengadilan Militer II-08 JakartaLihat
Lihat
Pengadilan Militer II-09 BandungLihat
Lihat
Pengadilan Militer II-10 SemarangLihat
Lihat
Pengadilan Militer II-11 YogyakartaLihat
Lihat
Pengadilan Militer Tinggi III Surabaya
Pengadilan Militer III-12 SurabayaLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-13 MadiunLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-14 DenpasarLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-15 KupangLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-16 Makassar
Lihat
Lihat
Pengadilan Militer III-17 Manado
Lihat
Lihat
Pengadilan Militer III-18 Ambon
Lihat
Lihat
Pengadilan Militer III-19 Jayapura
Lihat
Lihat


Read more ...

WEB LINK


User Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1018
mod_vvisit_counterYesterday1798
mod_vvisit_counterThis week11727
mod_vvisit_counterAll days6847390

We have: 172 guests, 4 bots online
Your IP: 54.224.166.141
 , 
Today: Sep 21, 2018

peraturan-button