1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

06 Januari 2014

2 Satker Pengadilan TUN dan 2 Satker Pengadilan Militer Termasuk Dalam Peringkat 10 Besar Pengadilan Terbanyak Kirim e-Dokumen Kasasi/PK ke Direktori Putusan MARI 

Jakarta - Berdasarkan data Kepaniteraan Mahkamah Agung RI yang di publikasi pada website kepaniteraan.mahkamahagung.go.id, tercatat ada 2 satker pengadilan TUN dan 2 satker pengadilan Militer masuk ke dalam 10 pengadilan terbanyak mengirimkan e-Dokumen Kasasi/PK ke Direktori Putusan MARI. Pengadilan tersebut adalah PTUN Jakarta, PTUN Bandung, Dilmil II 08 Jakarta, dan Dilmil III 12 Surabaya. Hal ini menunjukan adanya sikap aktif ke-empat pengadilan tersebut dalam mengirimkan e-dokumen, mengingat jumlah perkara peradilan tata usaha negara dan peradilan militer terhitung lebih sedikit. Hal ini pula dirasa cukup membanggakan karena usaha Ditjen Badilmiltun bersama satker-satker pengadilan tata usaha negara dan militer untuk menuju peradilan yang modern sudah mulai membawa hasil. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan aplikasi Direktori Putusan yang disediakan oleh MARI.

Mengenai pengiriman berkas ini, sejak Maret 2011, pengadilan diwajibkan mengirim e-dokumen (putusan tingkat pertama, banding, dakwaan, memori kasasi [disarankan]) ketika mengirimkan berkas kasasi/peninjauan kembali ke Mahkamah Agung. Meski pengadilan boleh memilih menggunakan media compact disk, plash disk, e-mail atau komunikasi data Direktori Putusan, Kepaniteraan MA sangat menyarankan pengadilan menggunakan komunikasi data Direktori Putusan dalam mengirim e-dokumen tersebut. Himbauan ini nampaknya mendapat respon positif dari pengadilan. Terbukti, sepanjang tahun 2013 terdapat 3.599 perkara yang e-dokumennya dikirim via Direktori Putusan. Sementara pengadilan yang telah menggunakan komunikasi data Direktori Putusan berjumlah 285 satker.

Berikut adalah pengadilan urutan sepuluh besar yang telah menggunakan aplikasi komunikasi data Direktori Putusan dalam pengiriman e-dokumen pengajuan permohonan kasasi dan peninjauan kembali.

No SATKER WILAYAH JUMLAH KOMUNIKASI DATA KASASI/PK
1 PN DENPASAR PT DENPASAR 267
2 PTUN JAKARTA PTTUN JAKARTA 228
3 PTUN BANDUNG PTTUN JAKARTA 152
4 PN MAKASSAR PT MAKASSAR 100
5 PN YOGYAKARTA PT YOGYAKARTA 79
6 PA JAKARTA TIMUR PTA JAKARTA 75
7 DILMIL II 08 JAKARTA DILMILTI II JAKARTA 73
8 PN PEKALONGAN PT SEMARANG 55
9 DILMIL III 12 SURABAYA DILMILTI III SURABAYA 55
10 PN SIDOARJO PT SURABAYA 52

(ns)


03 Januari 2014

rapat

Rapat Evaluasi Kegiatan 2013 dan Rencana Pelaksanaan Kegiatan 2014

Mengawali kegiatan tahun 2014 Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara Sulistyo, SH. M.Hum memanggil seluruh pejabat eselon II dan III di lingkungan Ditjen Badilmiltun untuk berdiskusi mengevaluasi capaian kegiatan 2013 dan rencana pelaksanaan kegiatan tahun 2014. Sehari sebelumnya tanggal 2 Januari 2014 Sekretaris Ditjen Badilmiltun H. Sugiyoto, SH.CN.MM. juga memanggil dan mengumpulkan seluruh pejabat eselon IV dilingkungan Sekretariat Ditjen Badilmiltun mendiskusikan hal yang serupa. Dalam pengarahan Dirjen menyampaikan bahwa capaian realisasi anggaran tahun 2013 mencapai angka 97,7% sisanya 2,3% merupakan belanja pegawai. lebih lanjut Dirjen mengitruksikan untuk lebih meningkatkan kinerja kita masing-masing, sehingga kita bisa mencapai apa yang kita harapkan. Kedisiplinan, ethos kerja  dan moralitas yang lebih baik merupakan modal dasar kita sebagai pelayan masyarakat. (sdm)


30 Desember 2013

Studi Banding Terakhir di Tahun 2013 : PTUN Bandar Lampung, PTUN Jambi dan PTUN Tanjung Pinang 

studibandingJakarta - Setelah beberapa pengadilan tata usaha negara berkesempatan studi banding ke Ditjen Badilmiltun dalam rangka koordinasi percepatan IT di lingkungan peradilan tata usaha negara, akhirnya PTUN Jambi, PTUN Tanjung Pinang dan PTUN Bandar Lampung menutup kunjungan studi banding IT di tahun 2013. Dari PTUN Bandar Lampung ada Wakil Panitera Ampra Gustono, SH, MH dan seorang staf Aliyasa, sedangkan dari PTUN Jambi ada Wakil Panitera Lasmiati, SH, Kasubag Keuangan Rizki Arianto, SH, Panitera Muda Perkara, Cuncun Darmajaya, SH bersama seorang staf Rusianto dan dari PTUN Tanjung Pinang ada Panitera Muda Perkara Anditiawarman, SH, dan seorang staf Intan Sari Widya Ningrum.  

Kedatangan masing-masing satker peradilan tata usaha negara ke Ditjen merupakan salah satu cara yang ditempuh untuk menyiasati percepatan IT di lingkungan peradilan tata usaha negara. Dengan begitu akan lebih tepat guna informasi yang diterima oleh satker pengadilan tersebut, sesuai dengan kondisi serta masalah-masalah yang dihadapi. Dalam beberapa hari lagi tahun 2013 akan berakhir, dengan kemajuan yang telah dicapai selama ini, Ditjen Badilmiltun optimis bahwa implementasi aplikasi pengelolaan administrasi perkara (SIADPTUN) di setiap satker peradilan tata usaha negara dapat terlaksana. Namun demikian pengembangan dan penyempurnaan implementasi aplikasi SIADPTUN ini dan aplikasi-aplikasi lainnya tetap akan terus dilakukan. (ns)  


23 Desember 2013

Pelantikan Eselon IV di Lingkungan Badilmiltun 2013

Jakarta, 18 Desember 2013, Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara melantik dan mengalihtugaskan 13 pejabat struktural eselon IV di lingkungan Ditjen Badilmiltun. Dalam sambutannya Dirjen menyampaikan bahwa kebijakan mutasi, promosi dan sejenisnya bukan semata-mata keputusan Dirjen sendiri, tetapi merupakan kebijakan pimpinan secara kolegial, dalam arti didasarkan pada keputusan Bapperjakat dimana karena maksud dan tujuannya adalah untuk membuat suatu sinergi antar unit kerja yang ada dilingkungan Ditjen Badilmiltun.

Seluruh 13 pejabat yang dilantik tersebut ada 3 kategori, yang pertama terdiri dari 8 orang pejabat mutasi internal di lingkungan Ditjen Badilmiltun, kedua 3 orang promosi dari internal Ditjen Badilmiltun dan 2 orang promosi dari luar lingkungan Ditjen Badilmiltun setelah mendapat izin alih tugas dari Sekretaris Mahkamah Agung selaku Pembina Kepegawaian Pusat.

Kepada para pejabat yang baru dilantik diucapkan selamat, dan diajak bersama-sama saling bahu-membahu mengoptimalkan kinerja Ditjen Badilmiltun sesuai tupoksi masing-masing dalam rangka menopang keberhasilan pencapaian visi dan misi Ditjen Badilmiltun.

Lampiran SK Pengangkatan


13 Desember 2013

Permintaan Laporan Kebutuhan Buku Register Tahun 2014

Bersama ini disampaikan surat pemberitahuan dari Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan TUN No. 616/DJMT3/B/XII/2013 perihal Kebutuhan Buku Register Tahun 2014 yang ditujukan kepada seluruh Panitera/Sekretaris Pengadilan Tata Usaha Negara dan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara.

Untuk lebih jelasnya berikut kami lampirkan surat pemberitahuan tersebut diatas. (ns)

Suratnya


13 Desember 2013

Dilmil I-05 Pontianak dan PTTUN Makassar Studi Banding Pelatihan IT Ke Ditjen Badilmiltun

ptmakassardilmilpontianakJakata - Senin dan Rabu, 9 dan 11 Desember 2013, Dilmil I-05 Pontianak mengadakan studi banding ke Ditjen Badilmiltun dalam rangka memperoleh informasi yang lebih lengkap mengenai program percepatan IT di lingkungan peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara, terutama mengenai implementasi aplikasi SIMPEG dan SIADMIL. Diwakili oleh 3 orang personelnya, Serka Riska Dori, SH (Bintara Administrasi Perkara dan Persidangan), Harsani, SSos (Staf Urku), Detria Afrina, Skom (Honorer IT), Dilmil  I-05 Pontianak mendapatkan penjelasan yang rinci mulai dari konsep, tujuan hingga praktek langsung menggunakan aplikasi tersebut oleh tim IT Ditjen Badilmiltun. 

Kemudian pada hari Rabu, 11 Desember, Panitera Sekretaris PTTUN Makassar, Drs. Sampirin HS, SH, MH bersama dua orang staf-nya Diana Rahmawati, SKom dan Aditya Hari S, Skom turut bergabung bersama Dilmil I-05 Pontianak untuk memperoleh penjelasan dan pelatihan yang sama. (ns)


06 Desember 2013

Kunjungan Studi PTTUN Medan dan PTTUN Jakarta ke Ditjen Badilmiltun

pttun jakart dan pttun medanJakarta - Kamis, 5 Desember 2013, Ditjen Badilmiltun kembali kedatangan rekan-rekan dari satker, kali ini dari PTTUN Medan dan PTTUN Jakarta, untuk tujuan studi banding dalam program percepatan IT di lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara. Dari PTTUN Medan ada Joe Frizer Sipayung, SE, Molana Sembiring, Amd, staf Kepaniteraan Muda Hukum dan Kepaniteraan Muda Perkara PTTUN Medan serta Erwin Sarjono Silalahi, SE, staf Kepegawaian PTTUN Medan, sedangkan dari PTTUN Jakarta ada Catur Wahyu Widodo, SH, MH, Panitera Pengganti, dan Nituyu Mendrofa, SH, staf Kepaniteraan Muda Perkara di PTTUN Jakarta. Setelah menemui Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi TUN untuk menerima beberapa arahan, mereka diterima oleh Tim IT Ditjen Badilmiltun untuk memperoleh keterangan-keterangan yang diperlukan, terutama mengenai hal-hal yang berkaitan dengan aplikasi SIMPEG dan SIADPTUN yang memang sedang menjadi agenda utama percepatan IT di lingkungan peradilan tata usaha negara tahun 2014. Dengan melaporkan kendala dan hambatan yang mereka alami di satker, dengan datang ke Ditjen Badilmiltun secara langsung mereka berharap mendapatkan solusi dengan cepat. (ns)


05 Desember 2013

Pelatihan IT Rutin di Dirbinganismin TUN

Jakarta - Rabu, 4 Desember 2013 Direktorat Bin Ganismin TUN mengadakan pelatihan teknologi informasi kepada para pejabat eselon dan staf-nya. Pelatihan ini dilaksanakan secara rutin dan telah dilakukan sebanyak tujuh kali, dengan pemateri Junida Hasta Kusuma, SH, MH, yang juga merupakan staf di Direktorat Bin Ganismin TUN. Selain diberikan pemahaman konsep dan teori, terutama bagaimana teknologi informasi akan membantu mempermudah pelaksanaan tugas sehari-hari, para peserta juga dibimbing untuk praktek langsung didepan para peserta lainnya. 

Setelah tujuh kali pelaksanaan pelatihan ini terlihat progress yang cukup memuaskan, para peserta tampak lebih memahami dan antusias untuk belajar, Untuk kedepannya, pelatihan ini akan tetap diadakan secara rutin sekali atau dua kali dalam seminggu, seperti kata sebuah ungkapan, practice make perfect(ns)


04 Desember 2013

PTUN Pekanbaru Melakukan Studi Banding IT ke Ditjen Badilmiltun

Jakarta - Selasa, 3 Desember 2013, Pengadilan Tata Usaha Negara Pekanbaru melakukan studi banding ke Ditjen Badilmiltun. Studi Banding tersebut dilakukan dengan tujuan memperoleh informasi yang lengkap mengenai rencana percepatan IT di Lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara, khususnya penerapannya di PTUN Pekanbaru. Panitera/Sekretaris PTUN Pekanbaru, Drs. Pauzan, SH, datang bersama seorang staf IT-nya, Agus Chandra diterima oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi TUN, Yodi Martono Wahyunadi , SH, MH untuk kemudian melakukan kegiatan studi banding di ruang IT Ditjen Badilmiltun bersama Tim IT Ditjen Badilmiltun. Hadir pula perwakilan dari konsultan IT Ditjen Badilmiltun untuk memberikan penjelasan yang lebih rinci mengenai rencana pengembangan aplikasi SIMPEG dan SIADPTUN di PTUN Pekanbaru. Sekembalinya dari Ditjen Badilmiltun, diharapkan PTUN Pekanbaru dapat segera melaksanakan rencana percepatan IT di satkernya. (ns)


02 Desember 2013

Penyusunan Laporan Tahunan 2013

Berdasarkan Surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 482-1/SEK/KU.01/11/2013 tanggal 28 Nopember 2013 perihal Penyusunan Laporan Tahunan 2013 dalam rangka tindak lanjut Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor : 143/KMA/SK/VIII/2007 tentang pemberlakuan Buku I pada bagian ketiga (Prosedur Penyampaian Laporan Pelaksanaan Kegiatan). Adapun surat tersebut ditujukan kepada Yth. Panitera Mahkamah Agung RI, Para Pejabat Eselon I Mahkamah Agung RI, Ketua Pengadilan Militer Utama, Para Kepala Pengadilan Militer Tinggi, Para Ketua Pengadilan Tingkat Banding.

Untuk lebih jelasnya berikut ini kami sampaikan surat beserta lampirannya perihal tersebut diatas.(MTW)



JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL


Karya Tulis
Makalah

Tulisan dan Artikel warga Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara ( kirimkan tulisan anda pada kami melalui email ke redaksi@ditjenmiltun.net)

>> Klik disini <<

 
Serba Serbi
 
 
 
Aplikasi MA-RI
SIKEP MA-RI

Why IceTheme Club System Informasi Kepegawaian Online Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses oleh seluruh Pegawai Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Indonesia.

 
Keuangan Perkara

Why IceTheme Club Pelaporan Keuangan Perkara Online berbasis SMS yang bisa diakses dalam interface website ini berguna agar pelaporan keuangan perkara pengadilan ke Mahkamah Agung dapat terupdate secara cepat dan akurat.

 
Kumpulan Putusan

Easy Setup Kumpulan Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses secara online di Portal Mahkamah Agung, modul putusan ini adalah program pelayanan Mahkamah Agung agar masyarakat dapat secara cepat mengetahui putusan yang sudah berkekuatan hukum tetap.

 
 
 
Berita Video

SELAMAT IDUL FITRI 1433H

Lihat Video Lainnya

 
Polling

Bagaimana dengan website kami

 

 

 

  Hasil

 
 

  • banner0.jpg
  • banner 1.jpg
  • banner 2.jpg
  • banner 3.jpg
  • banner 4.jpg
  • banner 5.jpg

informasi Terkini

Transparansi Kami

Keuangan


Seputar Informasi Keuangan Ditjen Badilmiltun

Read more ...

Link Pengadilan dan Instansi Terkait

Informasi Alamat dan Link Website Pengadilan Militer dan Pengadilan Tata Usaha Negara.

Read more ...

Dapur Redaksi

REDAKSI

Read more ...

Kontak Kami & Pengaduan

Email Peradilan Militer

Email Peradilan TUN

Makalah & Artikel

Serba - Serbi

Blog Kami

WEB LINK


User Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1822
mod_vvisit_counterYesterday2607
mod_vvisit_counterThis week9375
mod_vvisit_counterAll days6633323

We have: 49 guests online
Your IP: 54.81.105.205
 , 
Today: Jun 20, 2018

peraturan-button