10 Tips Menggunakan Laptop dan Notebook

 

1. KELUARKAN NOTEBOOK DARI SOFTCASE sewaktu memulai bekerja. Jika tidak, lubang ventilasi yang letaknya di bagian bawah Notebook akan tertutup dan menyebabkan kerusakan komponen dalam Notebook karena panas.



2.Tempatkan Notebook pada tempat yang rata/datar agar lubang ventilasi yang letaknya di bagian bawah Notebook tidak tertutup. Pastikan Notebook berada di tempat stabil, tidak banyak goyangan dan getaran yang dapat merusakHarddisk, Optical Drive, socket-socket serta komponen mekanik lainnya.Sebainya Notebook diletakkan di atas cooling pad , sehingga sirkulasi udara ke dalam notebbok akan terjaga sehingga anda aman bekerja dalam waktu yang lama.



3. Sebelum menghidupkan Notebook, PASTIKAN kondisi batterey masih ada daya yang cukup untuk proses booting sampai menjalankan OS. Bila ragu, pasang adaptor, lalu hidupkan Notebook Anda. Kekurangan daya batterey sewaktu dihidupkan, akan menyebabkan gagal booting dan harddisk dapat rusak permanent.

4. Sewaktu memasanga Adaptor pastikan stop kontak telah tertanam dengan baik dan stabil baru kemudian jack DC di tancapkan ke Notebook. Bila tidak, akan terpercik bunga api pada stop-kontak yang berakibat proses charge tidak stabil. Pengalaman membuktikan akibat stop kontak kendor telah mengakibatkan umur batterey menjadi sangat pendek bahkan ada yang hanya berumur 1 bulan saja batterey rusak. (Ingat battterey Notebook cukup mahal kisararan Rp. 750.000 s/d 1,5 jt)


5. JANGAN BIASAKAN MENGGUNAKAN NOTEBOOK DENGAN ADAPTOR SAJA DAN BATTEREY DILEPAS.
Rumor diluar mengatakan bila bekerja dalam jangka waktu yang lama sebaiknya baterey dilepas karena bisa rusak akibat overcharge. INGAT !!! Itu akan menjadi malapetaka besar manakala listrik mati tiba-tiba dari PLN. Harddisk dalam Notebook bisa rusak parah berikut data didalamnya. Padahal, file-file DATA kadang jauh lebih bernilai daripada notebook itu sendiri. Jadi, selain sebagai penyimpan daya, baterrey juga berfungsi membantu menyediakan daya yang stabil dikala adaptor saja tidak mencukupi saat Processor bekerja dengan maximum.
nah pada bagian ini orang2 pada salah pahal atau salah pengertian. kalau batre di copot malah bisa merusak HD, mending klau bisa di perbaiki kalau tidak? apakata dunia.. itu masih mending bila batrai yang rusak atau dah umur nya.. paling harga nya di bawah kalau kita benerein laptop..

 

Share to Social Media

Tekan play untuk mengaktifkan fitur baca