Dirjen Badilmiltun Melakukan Pembinaan ke PTUN Pontianak dan Dilmil I-05 Pontianak

Dirjen Badilmiltun Melakukan Pembinaan ke PTUN Pontianak dan Dilmil I-05 Pontianak

Pada 20-21 Juni 2012, Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara, Sulistyo, SH, MHum melakukan kunjungan kerja ke Pengadilan Tata Usaha Negara Pontianak dan Pengadilan Militer 1-05 Pontianak bersama dengan Ketua Pengadilan Tinggi TUN Jakarta, Istiwibowo, SH, MH, Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi TUN, Oyo Sunaryo, SH, MH, Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Militer, Kolonel CHK. Riza Thalib, SH, MH, Kasubdit Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan TUN, IGN Agung Putra, SH, MH, Kepala Bagian Umum Badilmiltun, Dedy Wiryoman, SH, MH, dan Kasubdit Pembinaan Administrasi TUN, Sutikno, SH, MH.

Kegiatan pertemuan dengan para pejabat Pengadilan TUN dan Pengadilan Militer 1-05 Pontianak  dilaksanakan di Ruang Sidang Utama Pengadilan Militer 1-05 Pontianak. Beberapa hal yang dikemukakan antara lain masalah pembangunan gedung Pengadilan TUN Pontianak, peningkatan kelas Pengadilan Militer I-05 Pontianak, masalah otomatisasi penanganan perkara, peningkatan kualitas sumber daya tenaga teknis dan non teknis pengadilan terkait dengan IT serta masalah mutasi tenaga teknis pengadilan.

Mengenai pembangunan gedung Pengadilan TUN yang baru, Dirjen Badilmiltun berpesan agar terus mengutamakan kualitas agar bangunan dapat bertahan lama. Menyinggung masalah IT, saat ini Pengadilan TUN Pontianak hanya memiliki seorang tenaga honorer yang diperkerjakan sebagai tenaga IT. Memang, tersedianya tenaga IT memang masih menjadi kendala, bukan hanya di Pengadilan TUN Pontianak, namun juga di beberapa Pengadilan TUN maupun Pengadilan Militer lainnya.

Terkait dengan pengembangan IT, Dirjen juga menghimbau agar para tenaga teknis pengadilan, terutama para hakim muda agar meningkatkan kemampuan di bidang IT untuk menunjang tugas utamanya. Beliau juga menyampaikan harapannya agar di kemudian hari, dapat dilaksanakan otomatisasi penanganan perkara, sehingga terwujud pelayanan cepat dan biaya murah kepada masyarakat. Tentu saja harapan ini juga ditujukan kepada seluruh Pengadilan TUN dan Militer seluruh Indonesia, sehingga dapat terwujud pelayanan peradilan yang lebih berkualitas.

Dalam rangka persiapan peningkatan kelas Pengadilan Militer I-05 Pontianak dari tipe B menjadi tipe A sekaligus evaluasi dan monitoring kinerja Pengadilan Militer I-05 Pontianak, Dirjen, Direktur Bin Ganismin Militer dan Kasubdit Pembinaan Administrasi Militer melakukan pembinaan pelayanan standar Pengadilan Dilmil I-05 Pontianak, diantaranya pemeriksaan prosedur penerimaan perkara, pengisian buku-buku register, proses pembuatan laporan-laporan, dan pengelolaan kearsipan/pemberkasan.

Share to Social Media

Tekan play untuk mengaktifkan fitur baca