2 Satker Pengadilan TUN dan 2 Satker Pengadilan Militer Termasuk Dalam Peringkat 10 Besar Pengadilan Terbanyak Kirim e-Dokumen Kasasi/PK ke Direktori Putusan MARI 

Jakarta - Berdasarkan data Kepaniteraan Mahkamah Agung RI yang di publikasi pada website kepaniteraan.mahkamahagung.go.id, tercatat ada 2 satker pengadilan TUN dan 2 satker pengadilan Militer masuk ke dalam 10 pengadilan terbanyak mengirimkan e-Dokumen Kasasi/PK ke Direktori Putusan MARI. Pengadilan tersebut adalah PTUN Jakarta, PTUN Bandung, Dilmil II 08 Jakarta, dan Dilmil III 12 Surabaya. Hal ini menunjukan adanya sikap aktif ke-empat pengadilan tersebut dalam mengirimkan e-dokumen, mengingat jumlah perkara peradilan tata usaha negara dan peradilan militer terhitung lebih sedikit. Hal ini pula dirasa cukup membanggakan karena usaha Ditjen Badilmiltun bersama satker-satker pengadilan tata usaha negara dan militer untuk menuju peradilan yang modern sudah mulai membawa hasil. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan aplikasi Direktori Putusan yang disediakan oleh MARI.

Mengenai pengiriman berkas ini, sejak Maret 2011, pengadilan diwajibkan mengirim e-dokumen (putusan tingkat pertama, banding, dakwaan, memori kasasi [disarankan]) ketika mengirimkan berkas kasasi/peninjauan kembali ke Mahkamah Agung. Meski pengadilan boleh memilih menggunakan media compact disk, plash disk, e-mail atau komunikasi data Direktori Putusan, Kepaniteraan MA sangat menyarankan pengadilan menggunakan komunikasi data Direktori Putusan dalam mengirim e-dokumen tersebut. Himbauan ini nampaknya mendapat respon positif dari pengadilan. Terbukti, sepanjang tahun 2013 terdapat 3.599 perkara yang e-dokumennya dikirim via Direktori Putusan. Sementara pengadilan yang telah menggunakan komunikasi data Direktori Putusan berjumlah 285 satker.

Berikut adalah pengadilan urutan sepuluh besar yang telah menggunakan aplikasi komunikasi data Direktori Putusan dalam pengiriman e-dokumen pengajuan permohonan kasasi dan peninjauan kembali.

No SATKER WILAYAH JUMLAH KOMUNIKASI DATA KASASI/PK
1 PN DENPASAR PT DENPASAR 267
2 PTUN JAKARTA PTTUN JAKARTA 228
3 PTUN BANDUNG PTTUN JAKARTA 152
4 PN MAKASSAR PT MAKASSAR 100
5 PN YOGYAKARTA PT YOGYAKARTA 79
6 PA JAKARTA TIMUR PTA JAKARTA 75
7 DILMIL II 08 JAKARTA DILMILTI II JAKARTA 73
8 PN PEKALONGAN PT SEMARANG 55
9 DILMIL III 12 SURABAYA DILMILTI III SURABAYA 55
10 PN SIDOARJO PT SURABAYA 52

(ns)

Share to Social Media

Tekan play untuk mengaktifkan fitur baca