Berita & Informasi

Pengadilan Militer Tinggi III Surabaya Memperoleh Sertifikasi ISO 9001:2015










Selasa 17 Mei 2016, Pengadilan Militer Tinggi III Surabaya kedatangan tim auditor dari National Quality Assesment/ NQA Indonesia, yaitu Bapak Hengky Dwi Jatmiko sebagai Lead Auditor dan Bapak Subandi sebagai Auditor, terkait dengan pelaksanaan audit dalam rangka sertifikasi International Organization for Standardization/ISO 9001:2015 mengenai kepuasan pengguna jasa di Pengadilan Militer Tinggi III Surabaya.

NQA Indonesia merupakan cabang dari NQA yang berkantor pusat di Inggris, dan NQA merupakan bagian dariNational Technical System (NTS Inc.) yang berkantor pusat di Amerika Serikat yang berdiri sejak tahun 1961. NQA sendiri telah melakukan sertifikasi dan menerbitkan sertifikat kepada lebih dari 35.000 perusahaan dan instansi dalam berbagai bidang di 70 negara di dunia, diantaranya NASA, Boeing, Jaguar Land Rover, Department for Energy and Climate Change (DECC) UK, dan masih banyak lagi.

Kepala Pengadilan Militer Tinggi III Surabaya Kolonel Laut (KH/W) Sinoeng Hardjanti, SH., M.Hum., sebagai Top Manager menerima langsung kedatangan tim auditor dan mendampingi dalam Opening Meeting yang berlangsung pada pukul 08.00 wib dan dilanjutkan diskusi dengan Top Management yang beranggotakan pimpinan dan pejabat struktural di Pengadilan Militer Tinggi III Surabaya.

Pukul 09.00 wib, audit dimulai. Masing-masing auditor secara terpisah melakukan audit ke bagian-bagian yang berbeda. Bapak Hengky Dwi Jatmiko dan Bapak Subandi pertama-tama mengaudit Management Representative yang dikepalai oleh Kadilmilti III Surabaya Kolonel Laut (KH/W) Sinoeng Hardjanti, S.H., M.Hum. dan Hakim Tinggi . Sementara itu Bapak Subandi mengaudit Sekretaris yaitu Panitera/Sekretaris Pengadilan Militer Tinggi III Surabaya, Mayor Chk Endang Sumiarto, SH. Setelah audit manajemen, Hengky Dwi Jatmiko mengaudit Kepaniteraan (Pidana, Perdata, dan Hukum), Setelah itu bapak Subandi pada Sub Bagian Umum, Keuangan, dan Kepegawaian.

Jauh hari sebelum pelaksanaan audit, Pengadilan Militer Tinggi III Surabaya telah mempersiapkan diri untuk pelaksanaan sertifikasi ISO 9001:2015 mengenai kepuasan pengguna jasa. Sertifikasi ini yang di inisiasi oleh Kepala Pengadilan Militer Tinggi III Surabaya, pada prinsipnya adalah “do what you wrote, write what you do” atau dalam bahasa Indonesia “lakukan apa yang kamu tulis, tulis apa yang kamu lakukan”. Yaitu TEKAD (Tanggap Energik Konsisten Adil Disiplin) Jadi sertifikasi ISO ini adalah melakukan pekerjaan sesuai dengan SOP (standard operating procedure/ prosedur baku pelaksanaan kerja), dan membuat SOP untuk pekerjaan yang belum dibakukan, sehingga akan tercapai kepuasan bagi para pengguna jasa layanan di Pengadilan Militer Tinggi III Surabaya, karena adanya kesesuaian antara teori/panduan dengan praktek/pelaksanaan.

Keluarga Besar Pengadilan Militer Tinggi III Surabaya, mulai dari Pimpinan, Hakim, Panitera Muda, Kepala Bagian, Kasub, pegawai, staf dan honorer/PTT turut bahu membahu dalam penyempurnaan SOP dan pelayanan kepada masyarakat,. Seringkali harus merelakan waktu bersama keluarga dan lembur sampai malam hari. Hingga tiba saatnya audit oleh NQA Indonesia. Setelah audit dilaksanakan mulai pagi sampai sore hari dilaksanakan Audit Reporting sekaligus Closing Meeting oleh tim Auditor bersama pimpinan dan pegawai Pengadilan Militer Tinggi III Surabaya. Tim Auditor memaparkan 1 temuan Minor dan Obserfasi 7 (temuan yang harus diperbaiki karena memiliki pengaruh dalam pelayanan dan kinerja, tetapi tidak fatal dan signifikan).

Dengan hasil dan temuan tersebut, tim Auditor dari NQA Indonesia menyatakan bahwa “Pengadilan Militer Tinggi III Surabaya LULUS sertifikasi dan BERHAK mendapatkan Sertifikat ISO 9001:2015” dan penyerahan sertifikat direncanakan dalam 30 hari. Pernyataan tersebut disambut riuh tepuk tangan sukacita para hadirin karena kerja keras mereka selama ini mendapatkan penghargaan dan pengakuan. Kepala Pengadilan Militer Tnnggi III Surabaya, menerima dokumen hasil audit secara resmi dari Auditor yaitu Bapak Hengky Dwi Jatmiko dan Bapak Subandi mengucapkan terima kasih kepada Keluarga Besar Pengadilan Militer Tinggi III Surabaya yang telah bekerja sama sehingga Pengadilan Militer Tinggi III Surabaya lulus sertifikasi ISO 9001:2015. Dan dengan ini, menjadi tanggung jawab agar kedepannya pelayanan kepada masyarakat dapat lebih baik dan semakin baik lagi. Sebagai Pengadilan Tingkat Tinggi (banding), Pengadilan Militer III Surabaya menjadi yang pertama kali memperoleh Sertifikasi ISO diantara Pengadilan Militer Tinggi lainnya di Seluruh Wilayah Indonesia. Selamat Kepada Pengadilan Militer Tinggi III Surabaya.

Share to Social Media

Tekan play untuk mengaktifkan fitur baca