Perayaan HUT PERATUN Ke-26 : Seminar Sehari Oleh Para Pakar Hukum TUN

Jakarta - Kamis, 26 Januari 2017 bertempat di Hotel Mercure Ancol, keluarga besar PERATUN seluruh Indonesia menghadiri acara Seminar Sehari yang diadakan dalam rangka HUT PERATUN Ke-26. Ada sedikitnya 200 orang mengikuti seminar tersebut, terdiri dari para Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Panitera, Sekretaris, Panitera Pengganti dari Pengadilan Tinggi maupun Pengadilan Tingkat Pertama Tata Usaha Negara. Selain itu dihadiri pula oleh para Hakim Agung dari Kamar Tata Usaha Negara. Acara dibuka dengan menyanyikan Hymne dan Mars Peratun bersama-sama, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Kamar TUN, Dr. H. Supandi, S.H., M.Hum dan pemotongan tumpeng.

Acara seminar sehari tersebut mengambil tema Paradigma Baru Penyelenggaraan Pemerintahan Berdasarkan UU AP Kaitannya dengan Perkembangan Hukum Acara Peratun dan mengundang para narasumber dari para pakar hukum tata usaha negara dengan moderatori oleh Dr. Dani Elpah, S.H, M.H. (Hakim Tinggi pada Balitbang Diklat MARI). Adapun para narasumber tersebut adalah Prof. Dr. Philipus Mandiri Hadjon, S.H (Guru Besar di Universitas Airlangga Surabaya dan Unibersitas Trisakti Jakarta), Prof. Dr. H.M. Laica Marzuki, S.H (Guru Besar di Universitas Hasanuddin Makassar), Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, S.H, M.H (Guru Besar Termuda Tahun 2004, Direktur Jenderal Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, Ketua Korpri dan Plt. Gubernur Provinsi Gorontalo), dan Prof. Dr. M. Guntur Hamzah, S.H.,M.H (Anggota Penyusun RUU Administrasi Pemerintahan, sekarang Sekretaris Jenderal Mahkamah Konstitusi RI sejak Tahun 2015), namun demikian cukup disayangkan Prof. Guntur berhalangan hadir. Materi yang diberikan oleh para narasumber mengenai kompetensi absolut Peradilan Tata Usaha Negara, perkembangan hukum tata usaha negara, UU Administrasi Pemerintahan sebagai model penegakan hukum baru untuk memberikan perlindungan dan kepastian hukum, dan UU Administrasi Pemerintahan sebagai paradigma baru penyelenggaraan pemerintahan. Selama seminar para peserta juga diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi langsung dengan para narasumber.

Dalam rangka HUT Peratun ini juga, Dr. H. Supandi, S.H., M.Hum membagikan 3 buah buku yang ditulisnya, yaitu Kapita Selekta Hukum Tata Usaha Negara, Hukum Peradilan Tata Usaha Negara (Revisi), dan Keberadaan Pegadilan Pajak Dalam Sistem Peradilan Nasional Indonesia (Revisi) yang dapat diambil dan dibawa pulang oleh setiap peserta seminar.

Menurut beberapa peserta yang hadir, acara HUT PERATUN ke-26 kali ini merupakan perayaan yang paling sederhana dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya namun demikian tetap berkesan karena bisa bertemu dengan rekan-rekan dari Pengadilan Tata Usaha Negara seluruh Indonesia selain menambah ilmu dan wawasan. Kegiatan Seminar Sehari tersebut selesai pada pukul 13.00. (ns)

Share to Social Media

Tekan play untuk mengaktifkan fitur baca