Berita & Informasi

Kegiatan Bimbingan Teknis Panitera Peradilan Militer T.A. 2017

Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Ditjen Badilmiltun telah mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis untuk Panitera di lingkungan Peradilan Militer sejak tanggal 17 - 19 Mei 2017 di Hotel Arjuna, Yogyakarta. Acara dibuka oleh Dirjen Badilmiltun, Dr. Mulyono, S.H., S.IP., M.H. pada hari rabu malam, 17 Mei 2017 tepat pukul 19.00 Wib. Pada kesempatan tersebut Dirjen Badilmiltun berpesan agar para peserta yang berjumlah 35 orang berasal dari semua satuan kerja Pengadilan Militer seluruh Indonesia, harus serius dan fokus dalam mengikuti setiap sesi materi yang diberikan oleh para narasumber selama kegiatan berlangsung sehingga dapat mengambil ilmu dan pelajaran penting demi meningkatkan pengetahuan dan penerapannya di satuan kerja Pengadilan Militer masing-masing. Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan pembekalan oleh Dirjen Badilmiltun dan sesi materi tentang Sosialisasi Reformasi Birokrasi yang disampaikan oleh Sekretaris Ditjen Badilmiltun, Jeanny H.V. Hutauruk, S.E., Ak., M.M.

Pada keesokan harinya, Kamis tanggal 18 Mei 2017, dilaksanakan sesi I yang berisi tentang Teknik Pembuatan Berita Acara Sidang (BAS) dan produk-produk Kepaniteraan oleh narasumber Mayor Chk Abdul Rochim, S.H., M.H. hingga memasuki waktu siang hari. Setelah itu dilanjutkan dengan sesi Materi ke II tentang Kode Etik Panitera dengan narasumber Dr.H. Teuku Ilzanor, S.H., S.E., M.Hum dilanjutkan dengan sesi materi ke III tentang Kapita Selekta Hukum Acara Pidana Militer yang disampaikan oleh Kolonel (Purn) Jacob Luna Sumuk, S.H. dan diakhiri sesi ke IV tentang Integritas Panitera Ditinjau dari Mental Kejuangan Prajurit TNI oleh Kolonel Sus Dr. H. Muhammad Kemalsyah, S.Ag.

Pada Bimtek Panitera Militer ini diadakan pre-test kepada peserta yang dilakukan sebelum sesi materi dimulai untuk mengetahui sejauh mana kemampuan para peserta sebelum mengikuti sesi pemberian materi dan pada hari Jumat, 19 Mei 2017 dilaksanakan post-test kepada para peserta setelah mendapatkan berbagai materi dari kegiatan ini. Setelah sesi evaluasi yang disusun oleh para peserta dan dibacakan oleh satu orang perwakilan peserta, kegiatan Bimbingan Teknis Panitera Militer T.A. 2017 pun secara resmi ditutup oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer, Kolonel Chk Agung Iswanto, S.H., M.H. pada pukul 10.00 Wib.

Demikian kegiatan Bimbingan Teknis Panitera Militer T.A. 2017 yang dilaksanakan oleh oleh Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer. Secara keseluruhan acara berjalan dengan lancar, semua peserta juga mengikuti kegiatan dengan serius dan khidmat sehingga diharapkan dapat menambah khazanah keilmuan setiap peserta untuk dapat diterapkan dan dikembangkan pada satuan kerja Pengadilan Militer masing-masing demi meningkatkan kinerja, pelayanan dan kemajuan lingkungan Peradilan Militer Mahkamah Agung Republik Indonesia. (drm).

Share to Social Media

Tekan play untuk mengaktifkan fitur baca