Berita & Informasi

Kegiatan Fit and Proper Test Calon Pimpinan Pengadilan Militer Tipe A dan Calon Wakil Ketua Pengadilan Tingkat Pertama Pengadilan Tata Usaha Negara Ditjen Badilmiltun

Pada tanggal 23-24 Mei 2017 Direktorat Jenderal Peradilan Militer dan Tata Usaha Negara telah menyelenggarakan kegiatan Fit and Proper Test bagi Calon Pimpinan Pengadilan Militer Tipe A dan Calon Wakil Ketua Pengadilan Tingkat Pertama Pengadilan Tata Usaha Negara bertempat di Aula Badan Pengawasan lantai 11 Gedung Sekretariat Mahkamah Agung RI, Jl. Jend. A. Yani Kav 58 By pass Cempaka Putih Jakarta Pusat. Peserta terdiri dari 14 orang Hakim Pengadilan Militer dan 8 orang Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara yang diuji oleh 7 orang penguji diantaranya 5 orang penguji peserta bagi kedua lingkungan peradilan, yaitu Wakil Ketua MA Bidang Non Yudisial, H. Suwardi, SH., MH., sebagai Ketua Tim Penguji, kemudian Wakil Ketua Bidang Yudisial, Dr. H.M. Syarifuddin, SH., MH., Dirjen Badilmiltun Dr. Mulyono, SH., S.IP., MH., Ketua Kamar Pembinaan Prof. Dr. H. Takdir Rahmadi, SH., LLM. dan Ka Bawas Nugroho Setiadji, SH., sedangkan penguji khusus untuk lingkungan Pengadilan Militer adalah Ketua Kamar Peradilan Militer, Mayjen TNI (purn) Timur P. Manurung, SH., MM. dan Hakim Agung Dr. Drs. Burhan Dahlan, SH., MH. Untuk penguji khusus dari lingkungan Pengadilan Tata Usaha Negara adalah Ketua Kamar Peradilan TUN Dr. H. Supandi, SH., M.Hum dan Hakim Agung Dr. H. Yulius, SH., MH.

Kegiatan diawali dengan pengarahan oleh Ketua Tim Penguji H. Suwardi, SH., MH. kepada para peserta yang dilanjutkan dengan sesi interview oleh para penguji. Dijelaskan bahwa kegiatan Fit and Proper Test ini adalah untuk mencari calon-calon pimpinan bagi Pengadilan Militer Tipe A dan Wakil Ketua Pengadilan TUN tingkat pertama yang kompatibel, mampu menjawab tantangan innovasi dan menterjemahkan kebijakan-kebijakan pimpinan tingkat pusat dengan baik.

Kegiatan berlangsung selama 2 hari ini berjalan dengan lancar kemudian dilanjutkan dengan rapat pleno Tim Penguji yang dilaksanakan di Gedung Mahkamah Agung RI, Jl. Medan Merdeka Utara No. 9-13 Jakarta Pusat. Hasil dari rapat pleno diharapkan nantinya menghasilkan calon-calon pimpinan yang eligible dan kompatibel menjawab tantangan-tantangan kemajuan masa mendatang di lingkungan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara. (drm)

Share to Social Media

Tekan play untuk mengaktifkan fitur baca