1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

DITJEN APPS




Peradilan Militer

PDFCetakE-mail

Jumat, 14 Juni 2019

SURAT EDARAN SIRATMIL DAN SIPPINTTER DI LINGKUNGAN PERADILAN MILITER

Jakarta - ditjenmiltun.net. Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara mengeluarkan Surat Edaran tentang Pemberlakuan Aplikasi  Sistem Informasi Administrasi Terpadu Peradilan Militer (SIRATMIL) dan Surat Edaran tentang Pemberlakuan Aplikasi Sistem Peradilan Pidana Militer Terpadu (SIPPINTTER) di Lingkungan Peradilan Militer.

Untuk Aplikasi  Sistem Informasi Administrasi Terpadu Peradilan Militer (SIRATMIL) disampaikan dengan hormat kepada Kadilmiltama, Para Kadilmilti dan Para Kadilmil agar memberlakukan penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Administrasi Terpadu Peradilan Militer (SIRATMIL) pada Lingkungan Peradilan Militer dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Para Kepala Pengadilan agar menerapkan Aplikasi Sistem Informasi Administrasi Terpadu Peradilan Militer (SIRATMIL) di satuan kerjanya.
  2. Para Kepala Pengadilan dalam Lingkungan Peradilan sebagai Penanggung Jawab Pengelolaan Aplikasi.
  3. Para Kepala Pengadilan untuk mengangkat Sekretaris sebagai Pengelola Aplikasi Sistem Informasi Administrasi Terpadu Peradilan Militer (SIRATMIL).
  4. Dalam penginstalan Aplikasi Sistem Informasi Administrasi Terpadu Peradilan Militer (SIRATMIL) agar berkoordinasi dengan Dilmil III-17 Manado.
  5. Melaporkan hasil pelaksanaannya kepada Dirjen Badilmiltun MARI.
Untuk Aplikasi Sistem Peradilan Pidana Militer Terpadu (SIPPINTTER)disampaikan dengan hormat kepada Para Kepala Pengadilan Militer Tinggi dan Para  Kepala Pengadilan Militer agar memberlakukan penggunaan Aplikasi Sistem Peradilan Pidana Militer Terpadu (SIPPINTTER) pada Lingkungan Peradilan Militer dengan ketentuan sebagai berikut :
  1. Para Kepala Pengadilan Militer Tinggi dan Para Kepala Pengadilan agar menerapkan Aplikasi Sistem Peradilan Pidana Militer Terpadu (SIPPINTTER) disatuan kerjanya.
  2. Para Kepala Pengadilan Militer Tinggi dan Para Kepala Pengadilan dalam Lingkungan Peradilan sebagai Penaggung Jawab Pengelolaan Aplikasi.
  3. Para Kepala Pengadilan untuk mengangkat Panitera sebagai Pengelola Aplikasi Sistem Peradilan Pidana Militer Terpadu (SIPPINTTER).
  4. Dalam pengintalan Aplikasi Sistem Peradilan Pidana Militer Terpadu (SIPPINTTER) agar berkoordinasi dengan Dilmil II-11 Yogyakarta.
  5. Melaporkan hasil pelaksanaannya kepada Dirjen Badilmiltun MARI.


PDFCetakE-mail

Jumat, 03 Mei 2019

AKREDITASI PENJAMINAN MUTU DI PENGADILAN MILITER I-01 BANDA ACEH

Foto Akreditasi Dilmil Banda AcehFoto Akreditasi Dilmil I-01 Banda Aceh

Jakarta - ditjenmiltun.net. Tim Akreditasi Penjaminan Mutu Ditbin Ganisminmil Ditjen Badilmiltun Mahkamah Agung RI yang dipimpin oleh Ketua Tim, Letkol Chk Anton M. Tambunan, S.H. bersama dua orang Anggota Tim, Mayor Chk Heriyanto, S.H. dan Arianie Amanda, S.E. telah melaksanakan assesmen akreditasi penjaminan mutu di Pengadilan Militer I-01 Banda Aceh pada tanggal 28 sd 30 April 2019. Kegiatan tersebut diikuti oleh Kadilmil I-01 Banda Aceh, Letkol Sus Tri Achmad B, S.H., M.H. beserta segenap jajaran personilnya meliputi 7 AREA masing-masing, Assesmen Kepemimpinan (Leadership) Di Peradilan Militer (AREA 1), Assesmen Pola Bindalmin dan Standard Operational Procedure (SOP) Penyelesaian Perkara (Management Process) Peradilan Militer (AREA 2), Assesmen Sarana dan Prasarana (Performance Result) di Peradilan Militer (AREA 3), Assesmen E-Judiciary di Peradilan Militer (AREA 4), Assesmen Layanan Pengadilan Di Peradilan Militer (AREA 5), Assesmen Kepegawaian dan Tata Laksana  (Resources Management) Di Peradilan Militer (AREA 6) dan Assesmen Perencanaan, Keuangan dan Pelaporan (Strategic Planning) Di Peradilan Militer (AREA 7) yang diawali dengan Taklimat Awal kemudian dilanjutkan assesmen akreditasi seluruh AREA. Pengadilan Militer I-01 Banda Aceh membuktikan kesiapan dan kesungguhan menghadapi akreditasi ini dengan melengkapi evidence dalam semua AREA walaupun pada pelaksanaannya masih ditemukan beberapa kekurangan yang harus diperbaiki.

Akhirnya, setelah kurang lebih 3 hari kegiatan assesmen akreditasi, Tim menyatakan bahwa Pengadilan Militer I-01 Banda Aceh berhasil meraih status Terakreditasi dengan predikat Sangat Baik. Hasil ini disampaikan Ketua Tim, Letkol Chk Anton M. Tambunan, S.H. pada saat Taklimat Akhir sekaligus menutup rangkaian kegiatan assesmen Akreditasi Penjaminan Mutu di Dilmil I-01 Banda Aceh. Selamat kepada Pengadilan Militer I-01 Banda Aceh, semoga predikat ini dapat lebih memacu semangat dan meningkatkan kinerja seluruh personil Pengadilan Militer I-01 Banda Aceh dalam menciptakan ide-ide kreatif dan mengembangkan inovasi demi kemajuan Peradilan Militer dan Ditjen Badilmiltun Mahkamah Agung Republik Indonesia di masa-masa yang akan datang. (AA)

PDFCetakE-mail

BIMBINGAN TEKNIS HAKIM DI LINGKUNGAN PERADILAN MILITER TA 2019

Foto Bimtek Hakim Militer TA 2019

Denpasar - Jumat, 26 April 2019. Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer  kembali mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Hakim Militer Tahun Anggaran 2019. Acara dibuka oleh Dirjen Badilmiltun Dr. Mulyono, S.H., S.IP., M.H. Maksud dan tujuan dari bimtek yang dilaksanakan ini adalah untuk memberi pengetahuan dan wawasan kepada para hakim militer tentang perkembangan ilmu hukum dan bagaimana hakim memutus suatu perkara dengan putusan yang berkualitas. Tema yang diangkat dalam bimtek yaitu “Melalui Bimtek Hakim Militer kita tingkatkan kualitas putusan menuju Peradilan Militer yang modern

Dengan banyaknya permasalahan-permasalahan  hukum yang   sebagian besar ditemukan dalam pemeriksaan perkara kasasi/ peninjauan kembali,  untuk itu, guna meningkatkan profesionalitas hakim, dalam bimtek ini akan diberikan materi tentang Permasalahan Hukum dalam Putusan Kasasi dengan narasumber  Yang Mulia Ketua Kamar Militer Mayjen TNI (Purn) Dr.Drs. H.Burhan Dahlan, S.H., M.H.

Demikian pula untuk menambah pengetahuan dan wawasan hakim militer guna menjaga kemandirian hakim,  dalam bimtek ini akan diberikan pula materi “Kedudukan Hakim sebagai Pejabat Negara dalam rangka mewujudkan Independensi Yudisial” dengan narasumber Dr. Siti Nurjanah, S.H.,  M.H.

Untuk itu agar hakim dalam menyelesaikan perkara dapat bekerja secara jujur, bersih, dan adil dalam bimtek ini akan diangkat materi Membangun Kepercayaan dengan sikap kejujuran dan keadilan (perspektif keimanan dalam refleksi taqwa). yang akan diberikan oleh Kolonel Sus Dr. Kemalsyah, M.Ag.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dimulai dari tanggal 24 April 2019 hingga 26 April 2019 di Hotel Kuta Bex Denpasar. Acara Penutupan Bimtek Hakim Militer ditutup oleh Dirjen Badilmiltun dan beliau berpesan agar sekembalinya dari kegiatan bimtek ini  para peserta mempunyai wawasan baru dan mengetahui terkait permasalahan hukum dalam putusan kasasi yang dapat disosialisaikan kepada para hakim di tempat bertugas.

Dengan materi “Kedudukan hakim sebagai pejabat negara dalam rangka mewujudkan independensi yudisial” para hakim militer dapat mengimplementasikannya KEPPH dalam perbuatan dan prilakunya sehari-hari dalam menjaga kemandirian dan indepedensinya sebagai hakim, sehingga tidak ada lagi hakim yang melakukan perbuatan tercela ataupun perbuatan yang melanggar hukum karena hakim merupakan wakil Tuhan di dunia, sehingga segala perbuatannya yang telah dilakukannya, kelak akan dimintakan pertanggungjawabannya  dihadapan Tuhan Yang Maha Esa.

Selain  itu beliau berpesan kepada  para perserta bimtek, setelah menerima materi “membangun kepercayaan dengan sikap kejujuran dan keadilan (perspektif keimanan dalam refleksi taqwa)” diharapkan para hakim militer dalam menyelesaikan perkara dapat bekerja secara jujur, bersih, dan adil. “Putusan adalah mahkota seorang hakimmaka kehormatan hakim akan tercermin dalam putusan yang dibuatnya. (AA)


PDFCetakE-mail

16 April 2019

PENGUMUMAN HASIL RAPAT PIMPINAN TIM PROMOSI DAN MUTASI DI LINGKUNGAN PERADILAN MILITER DAN PERADILAN TATA USAHA NEGARA MAHKAMAH AGUNG R.I. TA. 2019

Bersama ini disampaikan hasil Rapat Pimpinan Tim Promosi dan Mutasi (TPM) Mahkamah Agung R.I. Di Lingkungan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara yang telah dilaksanakan pada tanggal 16 April 2019 di Gedung Mahkamah Agung R.I.

Hasil Rapim TPM Lingkungan Peradilan Militer

Hasil Rapim TPM Lingkungan Peradilan TUN

PDFCetakE-mail

23 Maret 2019

PENGADILAN MILITER III-18 AMBON BERHASIL MERAIH STATUS TERAKREDITASI


Pada tanggal 20-22 Maret 2019, Tim Akreditasi Penjaminan Mutu Ditbin Ganisminmil Ditjen Badilmiltun Mahkamah Agung RI yang dipimpin oleh Ketua Tim, Letkol Chk Anton M. Tambunan, S.H. bersama dua orang Anggota Tim, Mayor Chk Agustono, S.H., M.H. dan Hari Arief Darmawan, S.H. telah melaksanakan assesmen akreditasi penjaminan mutu pada Pengadilan Militer III-18 Ambon. Kegiatan tersebut diikuti oleh Kadilmil III-18 Ambon, Kolonel Sus Immanuel P. Simanjuntak, S.H., M.Si beserta segenap jajaran personilnya meliputi 7 AREA masing-masing, Assesmen Kepemimpinan (Leadership) Di Peradilan Militer (AREA 1), Assesmen Pola Bindalmin dan Standard Operational Procedure (SOP) Penyelesaian Perkara (Management Process) Peradilan Militer (AREA 2), Assesmen Sarana dan Prasarana (Performance Result) di Peradilan Militer (AREA 3), Assesmen E-Judiciary di Peradilan Militer (AREA 4), Assesmen Layanan Pengadilan Di Peradilan Militer (AREA 5), Assesmen Kepegawaian dan Tata Laksana  (Resources Management) Di Peradilan Militer (AREA 6) dan Assesmen Perencanaan, Keuangan dan Pelaporan (Strategic Planing) Di Peradilan Militer (AREA 7) yang diawali dengan Taklimat Awal kemudian dilanjutkan assesmen akreditasi seluruh AREA. Pengadilan Militer III-18 Ambon membuktikan kesiapan dan kesungguhan menghadapi akreditasi ini dengan melengkapi evidence dalam semua AREA walaupun pada pelaksanaannya masih ditemukan beberapa kekurangan yang harus diperbaiki.

Akhirnya, setelah kurang lebih 3 hari kegiatan assesmen akreditasi, Tim menyatakan bahwa Pengadilan Militer III-18 Ambon berhasil meraih status Terakreditasi dengan predikat Sangat Baik. Hasil ini disampaikan Ketua Tim, Letkol Chk Anton M. Tambunan, S.H. pada saat Taklimat Akhir sekaligus menutup rangkaian kegiatan assesmen Akreditasi Penjaminan Mutu di Dilmil III-18 Ambon. Selamat kepada Pengadilan Militer III-18 Ambon, semoga predikat ini dapat lebih memacu semangat dan meningkatkan kinerja seluruh personil Pengadilan Militer III-18 Ambon dalam menciptakan ide-ide kreatif dan mengembangkan inovasi demi kemajuan Peradilan Militer dan Ditjen Badilmiltun Mahkamah Agung Republik Indonesia di masa-masa yang akan datang. (drm)




JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL


Karya Tulis
Makalah

Tulisan dan Artikel warga Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara ( kirimkan tulisan anda pada kami melalui email ke redaksi@ditjenmiltun.net)

>> Klik disini <<

 
Serba Serbi
 
 
 
Aplikasi MA-RI
SIKEP MA-RI

Why IceTheme Club System Informasi Kepegawaian Online Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses oleh seluruh Pegawai Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Indonesia.

 
Keuangan Perkara

Why IceTheme Club Pelaporan Keuangan Perkara Online berbasis SMS yang bisa diakses dalam interface website ini berguna agar pelaporan keuangan perkara pengadilan ke Mahkamah Agung dapat terupdate secara cepat dan akurat.

 
Kumpulan Putusan

Easy Setup Kumpulan Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses secara online di Portal Mahkamah Agung, modul putusan ini adalah program pelayanan Mahkamah Agung agar masyarakat dapat secara cepat mengetahui putusan yang sudah berkekuatan hukum tetap.

 
 
 
Berita Video

SELAMAT IDUL FITRI 1433H

Lihat Video Lainnya

 
Polling

Bagaimana dengan website kami

 

 

 

  Hasil

 
 

  • banner 1.jpg
  • banner 2.jpg
  • banner 3.jpg
  • banner 4.jpg
  • banner 5.jpg

informasi Terkini

Transparansi Kami

Keuangan


Seputar Informasi Keuangan Ditjen Badilmiltun

Read more ...

Link Pengadilan dan Instansi Terkait

Informasi Alamat dan Link Website Pengadilan Militer dan Pengadilan Tata Usaha Negara.

Read more ...

Dapur Redaksi

REDAKSI

Read more ...

Kontak Kami & Pengaduan

Email Peradilan Militer

Email Peradilan TUN

Makalah & Artikel

Serba - Serbi

Blog Kami

Link SIPP Web Peradilan Militer

Sistem Informasi Penelusuran Perkara Peradilan Militer

Pengadilan Tingkat Banding Pengadilan Tingkat Pertama Website SIPP Web
Pengadilan Militer UtamaPengadilan Militer UtamaLihat-
Pengadilan Militer Tinggi I MedanLihat-
Pengadilan Militer Tinggi II JakartaLihat
-
Pengadilan Militer Tinggi III SurabayaLihat
-
Pengadilan Militer Tinggi I Medan
Pengadilan Militer I-01 Banda AcehLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-02 MedanLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-03 PadangLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-04 PalembangLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-05 PontianakLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-06 BanjarmasinLihat
Lihat
Pengadilan Militer I-07 BalikpapanLihat
Lihat
Pengadilan Militer Tinggi II Jakarta
Pengadilan Militer II-08 JakartaLihat
Lihat
Pengadilan Militer II-09 BandungLihat
Lihat
Pengadilan Militer II-10 SemarangLihat
Lihat
Pengadilan Militer II-11 YogyakartaLihat
Lihat
Pengadilan Militer Tinggi III Surabaya
Pengadilan Militer III-12 SurabayaLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-13 MadiunLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-14 DenpasarLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-15 KupangLihat
Lihat
Pengadilan Militer III-16 Makassar
Lihat
Lihat
Pengadilan Militer III-17 Manado
Lihat
Lihat
Pengadilan Militer III-18 Ambon
Lihat
Lihat
Pengadilan Militer III-19 Jayapura
Lihat
Lihat


Read more ...

WEB LINK


User Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday3224
mod_vvisit_counterYesterday4088
mod_vvisit_counterThis week10262
mod_vvisit_counterAll days7682310

We have: 122 guests, 1 bots online
Your IP: 54.163.213.149
 , 
Today: Jun 25, 2019

peraturan-button