Jakarta - ditjenmiltun.net. Disaat kondisi masih pandemic Covid 19, Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu tetap dilaksanakan pada Pengadilan Militer II-08 Jakarta, dengan tetap memperhatikan protokoler kesehatan dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah setempat. Pelaksanaan dimulai pada tanggal 8 s.d. 9 Agustus 2022 oleh Tim Ditbinganisminmil Ditjen Badilmiltun Mahkamah Agung RI yang dipimpin oleh Ketua Tim, Kolonel Chk Muhaemin, S.H., M.H. (Kasubditbinminmil) beserta 4 (Empat) orang anggota Tim, Letkol Chk Datsun Riyanto, S.H. (Kasi Mutasi Panitera), Mayor Chk Kuat Gayu Raegen, S.H. (Hakim Yustisial), Dandy Capriyanto S., S.H., M.H. (Kasi Statistik dan Dokumentasi) dan Arianie Amanda, S.E. (Kasi Tata Kelola). Kegiatan tersebut diikuti oleh Letkol Sus Muhammad Idrsi, S.H. (Kadilmil II-08 Jakarta) beserta segenap jajaran personilnya yang meliputi 7 Area.

Area tersebut adalah Area 1 (Assesmen Kepemimpinan (Leader Ship) Di Peradilan Militer), Area 2 (Assesmen Pola Bindalmin dan Standard Operational Procedure (SOP) Penyelesaian Perkara (Management Proces) Peradilan Militer), Area 3 (Assesmen Sarana dan Prasarana (Performance Result) di Peradilan Militer),       Area 4 (Assesmen E-Judiciary di Peradilan Militer), Area 5 (Assesmen Layanan Pengadilan Di Peradilan Militer), Area 6 (Assesmen Sumber Daya Manusia (Resources Management) Di Peradilan Militer) dan Area 7 (Assesmen Perencanaan, Keuangan dan Pelaporan (Strategic Planning) Di Peradilan Militer). Surveillance Akreditasi diawali Taklimat Awal, kemudian dilanjutkan kegiatan Assesmen seluruh Area. Pengadilan Militer II-08 Jakarta mampu membuktikan kesiapannya dalam menghadapi kegiatan Assesmen ini dengan melengkapi evidence diseluruh Area, walaupun pada pelaksanaannya masih ada hal-hal kecil yang perlu dibenahi dan diperbaiki.

Setelah kurang lebih 2 (Dua) hari kegiatan Assesmen Surveillance Akreditasi, Tim Assesmen menyatakan bahwa Pengadilan Militer II-08 Jakarta dapat mempertahankan hasil nilai Akreditasi sebelumnya dengan predikat A (Excellent). Hasil ini disampaikan oleh Ketua Tim, Kolonel Chk Muhaemin, S.H., M.H. (Kasubditbinminmil) pada saat Taklimat Akhir sekaligus menutup rangkaian kegiatan Assesmen Surveillance Akreditasi. Selamat kepada Pengadilan Militer yang telah di Assesmen, semoga predikat ini bisa memacu semangat kinerja seluruh aparatur pengadilan yang profesional serta dapat menciptakan ide kreatif dan mengembangkan inovasi sehingga terwujudnya Peradilan Militer Yang Agung, dan khususnya untuk kemajuan Ditjen Badilmiltun Mahkamah Agung RI.

Dokumentasi :

WhatsApp Image 2022 08 09 at 085351

WhatsApp Image 2022 08 09 at 085353WhatsApp Image 2022 08 12 at 092120 2

WhatsApp Image 2022 08 12 at 092209

Pada hari Senin, tanggal 15 Agustus 2022 telah dilaksanakan Pra Rapim/TPM di Ruang Rapat Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Bidang Non Yudisial di Lt. 2 Gedung Tower Mahkamah Agung RI yang dipimpin oleh Yang Mulia Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Bidang Non Yudisial turut hadir Ketua Kamar Pembinaan Mahkamah Agung RI, Ketua Kamar Pengawasan Mahkamah Agung RI, Ketua Kamar Militer Mahkamah Agung RI, Hakim Agung Mahkamah Agung RI, Dirjen Badilmiltun Mahkamah Agung RI, Kepala Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, Dirbinganisminmil, Kasubdit Binganisminmil dan Kasi Mutasi Hakim Peradilan Militer.

Kemudian pada hari yang sama kegiatan dilanjutkan Rapim/TPM di Ruang Rapat Ketua Mahkamah Agung RI di Lt. 13 Gedung Tower Mahkamah Agung RI, rapat dipimpin oleh Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung RI, turut hadir Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Bidang Non Yudisial, Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Bidang Yudisial, para Ketua Kamar Mahkamah Agung RI, para Hakim Agung Mahkamah Agung RI, Dirjen Badilmiltun Mahkamah Agung RI, Kepala Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, Dirbinganisminmil, Kasubdit Binganisminmil dan Kasi Mutasi Hakim Peradilan Militer.

Pra Rapim dan Rapim/TPM membahas pola promosi dan mutasi guna mengisi beberapa kekosongan jabatan Kepala/Wakil Pengadilan Militer dan para Hakim di Lingkungan Pengadilan Militer, demi tercapainya Peradilan Militer yang Profesional dan Pelayanan Hukum bagi personil TNI yang membutuhkan.

Dokumentasi Pra Rapim:

WhatsApp Image 2022 08 16 at 075850 1

WhatsApp Image 2022 08 16 at 075850WhatsApp Image 2022 08 16 at 075849 1

WhatsApp Image 2022 08 16 at 075851

Dokumentasi Rapim :

WhatsApp Image 2022 08 15 at 094046

WhatsApp Image 2022 08 15 at 094048WhatsApp Image 2022 08 15 at 094049

Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 252/DjMT/KEP/OT.01.3/VI/2O22 tentang Pedoman Pelaksanaan Pelayanan Bagi Penyandang Disabilitas Di Lingkungan Peradilan Militer, Pelaksanaan Pelayanan Bagi Penyandang Disabilitas terdapat pada lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari keputusan ini, dimana sebagai negara hukum Indonesia menjamin hak-hak setiap warga negara untuk memperoleh akses terhadap masyarakat pencari keadilan.

SK Pedoman Pelaksanaan Pelayanan Bagi Penyandang Disabilitas.

Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara mengeluarkan Surat Keputusan, agar Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer khususnya Sub Direktorat Pengembangan Tenaga Teknis Nomor : 229/DjMT/KEP/PP.00.2/IV/2022 tentang Penyelenggaraan Penunjukan Penanggung Jawab, Narasumber, Moderator, Panitia dan Peserta Bimbingan Teknis Panitera/Panitera Pengganti Peradilan Militer Tahun Anggaran 2022. Pelaksanaan Bimtek selama 3 hari, dimulai pada Hari Senin s.d Rabu tanggal 23 s.d 25 Mei 2022, kegiatan berlangsung di Hotel Manhattan, Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Bimtek Hakim kali ini mengangkat tema Meningkatkan Kompetensi dan Profesionalisme Panitera/Panitera Pengganti di Lingkungan Peradilan Militer dalam Pengajuan Perlawanan ke Pengadilan Militer Tingkat Banding.

Kegiatan Bimtek Panitera/Panitera Pengganti ini dibuka secara resmi oleh Dirjen Badilmiltun (Hj. Lulik Tri Cahyaningrum, S.H., M.H.), dan kegiatan ini di ikuti oleh peserta secara Luring/Daring,  yang terdiri dari 12 orang peserta secara Luring dan 30 orang peserta secara Daring. Turut mengundang Narasumber dari Anggota Komisi Yudisial RI  dan Akademisi, yaitu Dr. Joko Sasmito, S.H., M.H. (Anggota Komisi Yudisial RI), Kolonel Laut (KH) (Purn) Maryanto Bandji, S.H.,M.H. (Akademisi), Letkol Chk (Purn) Abdul Rochim, S.H., M.H. (Akademisi).

Dr. Joko Sasmito, S.H., M.H. dari Anggota Komisi Yudisial RI memberikan materi tentang Pengaruh Upaya Hukum Perlawanan Terhadap Putusan Sela, Kolonel Laut (KH)(Purn) Maryanto Bandji, S.H.,M.H. dengan materi Persyaratan Berkas yang dilampirkan Dalam Pengajuan Perlawanan, Letko, Chk (Purn) Abdul Rochim, S.H.,M.H. dengan materi Mekanisme Pengajuan Perlawanan ke Tingkat Banding.

Bimtek Panitera/Panitera Pengganti berjalan dengan lancar selama 3 (tiga) hari, dan penutupan secara resmi ditutup oleh Dirjen Badilmiltun (Hj. Lulik Tri Cahyaningrum, S.H., M.H.). dengan kegiatan Bimtek Panitera/Panitera Pengganti diharapkan agar para Panitera/Panitera Pengganti yang berada di Lingkungan Peradilan Militer lebih profesional lagi dalam menjalankan tugasnya sehari-hari dan dapat tercapainya Misi dan Visi Mahkamah Agung RI menuju Peradilan yang Agung.

 

Dokumentasi :

WhatsApp Image 2022 05 30 at 150204WhatsApp Image 2022 05 30 at 150205

WhatsApp Image 2022 05 30 at 150205 1WhatsApp Image 2022 05 30 at 150206 1

WhatsApp Image 2022 05 30 at 150206WhatsApp Image 2022 05 30 at 150227

Pada hari Rabu tanggal 23 Maret 2022 Ditjen Badilmiltun khususnya Subdit Bangganismil melaksanakan Bimbingan Teknis Hakim TA. 2022, kegiatan dilaksanakan sesuai dengan arahan dan perintah dari pemerintah agar tetap melaksanakan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus covid-19. Bimtek Hakim dilaksanakan di Hotel Redtop Jl. Pecenongan 2 No 72 Jakarta Pusat, kegiatan ini dilaksanakan selama 3 (Tiga) hari dimulai dari tanggal 23-25 Maret 2022 dan diikuti oleh 40 orang peserta, yang terdiri dari 10 orang Luring (6 orang Pengadilan Militer, 4 Orang dari, Otmil II-07 Jakarta, Puspomad, Puspomal, Puspomau) dan 30 orang Daring terdiri dari jajaran Pengadilan Militer Seluruh Indonesia.

Bimtek kali ini mengangkat tema MENINGKATKAN KOMPETENSI DAN PROFESIONALISME HAKIM DALAM MEMBUAT PUTUSAN NIET ONTVANKELIJKE VERKLAARD (NO) DI LINGKUNGAN PERADILAN MILITER, dengan mengundang nara sumber dari berbagai instansi maupun akademisi yang terdiri dari  Komisioner Komisi Yudisial RI (Kolonel Chk (Purn) Dr. Joko Sasmito, S.H., M.H.), Hakim Agung RI (Brigjen TNI (Purn) Dr. Tama Ulinta Tarigan, S.H., M.Kn., Akademisi (Dr. Lilik Mulyadi, S.H., M.H.). Kegiatan Bimtek Hakim di buka oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara (Hj. Lulik Tri Cahyaningrum, S.H., M.H.), selanjutnya kegiatan disesuaikan yang telah dijadwalkan.

Kegiatan tersebut sangat antusias sekali diikuti oleh para peserta baik secara Daring/Luring dengan adanya tanya jawab ataupun diskusi antara peserta dengan nara sumber, karena diharapkan kedepannya para Hakim Militer agar lebih profesional dalam membuat putusan perkara. Selama 3 (Tiga) hari kegiatan Bimtek Hakim Peradilan Militer berjalan dengan lancar, aman dan tertib, kemudian kegiatan Bimtek Hakim ditutup oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara (Hj. Lulik Tri Cahyaningrum, S.H., M.H.).

Dokumentasi :

8

13

45

67

KEGIATAN MONITORING DAN EVALUASI PADA PENGADILAN MILITER I-04 PALEMBANG DAN PENGADILAN MILITER II-10 SEMARANG

Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Layanan Peradilan Di Lingkungan Peradilan Militer Tahun Anggaran 2021dilaksanakan secara bersamaan pada Pengadilan Militer I-04 Palembang dan Pengadilan Militer II-10 Semarang, kegiatan berlangsung selama 3 (tiga) hari pada tangal 21 s.d. 23 April 2021. Pelaksanaan kegiatan dibagi menjadi 2 (dua) Tim, untuk Monev Pengadilan Militer I-04 Palembang dilaksanakan oleh Kolenel Chk Anton M. Tambunan, S.H.., M.H. (Kasubdit Binminmil), Dandy Capriyanto H., S.H., M.M. (Kasubbag TU) dan Arianie Amanda (Kasi Tata Kelola), sedangkan Monev Pengadilan Militer II-10 Semarang dilaksnakan oleh Kolonel Chk (K) Jeli Rita, S.H., M.H. (Kasubdit Binganismil), Letkol Chk Datzun Riyanto, S.H. (Kasi Mutasi Panitera), Jefri Ardianto, S.T. (Kasubbag Perlengkapan), kedatangan tim monitoring dan evaluasi disambut baik oleh Kepala Pengadilan Militer. Sebelum kegiatan monev  dimulai terlebih dahulu masing-masing Ketua Tim melaksanakan pembinaan terhadap Personil Pengadilan Militer, selama 3 (tiga) hari pelaksanaan kegiatan monev dapat berjalan dengan baik dan lancar, semoga Peradilan Militer dapat mewujudkan peradilan yang Agung, Transparan dan Bermartabat.

Dokumentasi Pengadilan Militer I-04 Palembang

 

Share to Social Media

Tekan play untuk mengaktifkan fitur baca