1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

11 Agustus 2017


PELUNCURAN INOVASI E-BOOK PEDOMAN KERJA PENGADILAN TATA USAHA NEGARA TANJUNG PINANG

Batam – Pengadilan Tata Usaha Negara Tanjung Pinang melaksanakan acara Launching Inovasi E-Book Pedoman Kerja PTUN Tanjung pinang pada tanggal 11 Agustus 2017 di Batam. Acara ini merupakan bentuk perwujudan komitmen dalam menciptakan berbagai inovasi yang telah dilakukan dan akan terus ditingkatkan oleh seluruh warga peradilan untuk memberikan pelayanan hukum yang berkualitas, sejak diluncurkannya Cetak Biru (Blue Print) Mahkamah Agung.

Acara tersebut dihadiri oleh bapak Dr. H. Nurdin Basirun, S.Sos, M.Si. (Gubernur Kepulauan Riau), DR. H. Supandi, S.H., M.Hum. (Ketua Kamar Peratun), H. Bambang Edy Sutanto Soedewo S.H., M.H. (KPT TUN Medan), Sulistyo S.H., M.Hum. (KPT TUN Surabaya), DR. Kadar Slamet S.H., M.Hum. (Wakil KPT TUN Jakarta), H. Oyo Sunaryo S.H., M.H. (Wakil PT TUN Medan). Selain itu juga hadir Ketua PA Batam dan para Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara wilayah Medan serta para Hakim dan Panitera Pengadilan Tata Usaha Negara Medan.

Acara dimulai dengan sambutan oleh bapak H. Bambang Edy Sutanto Soedewo S.H., M.H.  (Ketua PT TUN Medan). Pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan apresiasi dan ucapkan terima kasih, kepada keluarga besar pengadilan TUN Tanjung Pinang meskipun baru berusia 6 (enam) tahun, namun mampu terus melakukan perubahan-perubahan dan peningkatan yang dapat membanggakan semua pihak.

Kemudian dilanjutkan dengan Sambutan oleh Dirjen Badilmiltun MA RI, Dr. Mulyono, S.H., S.I.P., M.H. Dalam sambutannya, tak lupa pula Dirjen menyampaikan rasa syukur, apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Ketua PTUN Tanjung pinang, H. Andri Mosepa, S.H., M.H., beserta seluruh jajarannya yang telah berhasil membuat inovasi E-Book Pedoman Kerja Pengadilan Tata Usaha Negara Tanjungpinang. “Saya berharap Pengadilan Tata Usaha Negara Tanjungpinang bisa terus melakukan inovasi baru yang lainnya yang bisa bermanfaat serta bisa dicontoh oleh Pengadilan Tata Usaha Negara lainnya dan Badan Peradilan lainnya untuk mencapai visi “Terwujudnya Badan Peradilan Indonesia yang Agung”, Ucap Dirjen Badilmiltun.

Selanjutnya, diikuti oleh sambutan Ketua Kamar TUN, DR. H. Supandi, S.H., M.Hum. Dalam sambutannya, beliau juga menyampaikan rasa bangga dan sangat mengapresiasi hasil kerja keras PTUN Tanjung Pinang. “Dengan lahirnya e-book pedoman kerja menjadi salah satu bentuk kesiapan Pengadilan Tata Usaha Negara Tanjung pinang dalam hal penerapan tekhnologi informasi di pengadilan”, ucap TUAKA TUN (11/08/2017).

“Ide dan gagasan dalam penyusunan e-book pedoman kerja ini bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan kesiapan dan keberanian yang kuat serta komitmen dari pimpinan dan seluruh jajarannya, hal ini dapat dilihat dari isi e-book pedoman kerja yang jika di susun dalam bentuk hardcopy akan membutuhkan puluhan ribu lembar kertas yang harus disediakan dengan biaya yang tidak sedikit, bayangan tumpukan puluhan ribu kertas tersebut sirna, setelah melihat pemanfaatan tekhnologi informasi yang dilakukan oleh Pengadilan Tata Usaha Negara Tanjungpinang yang diwujudkan dalam bentuk buku elektronik (e-book) yang tidak memerlukan biaya dan mudah dioperasikan”, Lanjut TUAKA TUN.

Acara selanjutnya adalah penekanan tombol oleh Ketua Kamar TUN didampingi Gubernur Kepulauan Riau, Dirjen badilmiltun MA RI serta Ketua PT TUN Medan dan Ketua PTUN Tanjung Pinang.  Pada akhir sesi, acara dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan yang diserahkan oleh Dirjen Badilmiltun MA RI.

Adapun Penggunaan E-Book memberikan manfaat sebagai berikut:

  1. Praktis.
  2. Hemat Biaya dan Tempat.
  3. Tahan Lama.

Untuk dapat diketahui bersama, bahwa E-Book Pedoman Kerja ini memuat 494 halaman (11 MB), ditambah lampiran berupa 11.662 peraturan perundang-undangan (termasuk peraturan intern Mahkamah Agung) dengan total kapasitas 3,41 GB. E-Book ini berisi kumpulan ketentuan yang harus dipedomani dalam bekerja yaitu Visi-Misi Mahkamah Agung, Visi-Misi Pengadilan Tata Usaha Negara Tanjungpinang, Arti lambang Mahkamah Agung, Hakim dan Panitera, Kode Etik Hakim dan Non Hakim, Alur Penyelesaian Sengketa Tata Usaha Negara, Tugas dan Fungsi maupun Standar Operasional Prosedur (SOP) dari masing-masing bagian di Pengadilan Tata Usaha Negara Tanjungpinang, selain itu juga dilengkapi dengan kumpulan peraturan perundang-undangan termasuk Peraturan Mahkamah Agung, Surat Edaran Mahkamah Agung, Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung maupun Keputusan Sekretaris Mahkamah Agung (hr).


11 Agustus 2017

Uji Coba SIPP Versi 3.2.0 di Empat Lingkungan Peradilan 

Menindak lanjuti Bimbingan Teknis untuk Training of Trainers Sistem Informasi Penelusuran Perkara  (SIPP) versi 3.2.0 yang diselenggarakan di Badan Diklat Kumdil Litbang Mahkamah Agung , Bogor, tanggal 31 Juli s.d 5 Agustus 2017. Mahkamah Agung akan melakukan Uji Coba SIPP Versi 3.2.0 sebelum aplikasi versi mutakhir tersebut diimplementasikan di seluruh pengadilan pada empat lingkungan peradilan. Untuk pengadilan yang tidak ditunjuk sebagai tester aplikasi agar tidak meng-upgrade versi di satkernya (hr).

Silahkan unduh surat pada link berikut ini, untuk informasi selengkapnnya :

Surat Uji Coba SIPP Versi 3.2.0


11 Agustus 2017

Desmon : “Lapas Bukan Ruang Hukuman” 









Desmon J. Mahesa, Wakil Ketua Komisi III DPR RI memimpin rombongannya untuk melakukan Kunjungan Kerja Masa Reses Tahun 2016-2017  ke Pengadilan Tinggi Maluku pada 7 Agustus 2017. Kunker yang berlokasi di Aula Pengadilan Tinggi Ambon ini bertujuan untuk melihat dan mendengar langsung permasalahan yang dihadapi oleh warga pengadilan di wilayah Ambon. Rapat dihadiri oleh 12 (dua belas) anggota komisi III DPR RI, Ketua Pengadilan Tinggi Ambon beserta Ketua Pengadilan Negeri se-wilayah Ambon, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Ambon beserta Ketua Pengadilan Agama se-wilayah Ambon, Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Ambon, Kepala Pengadilan Militer III Ambon,  dan Para Hakim Tinggi se-wilayah Ambon. 

Sebagaimana diketahui, Pengadilan Tinggi Ambon membawahi 4 (empat) Pengadilan Negeri, yaitu Pengadilan Negeri Ambon, Pengadilan Negeri Tual, Pengadilan Negeri Masohi dan Pengadilan Negeri Saumlaki. Dalam pemaparannya Ketua Pengadilan Tinggi Ambon Respatun Wisnu Wardoyo, S.H mengatakan bahwa SK pembangunan 4 (empat) Pengadilan Negeri baru sudah ditandatangani oleh Presiden, hanya proses pembangunannya saja yang belum mulai. “Tanah sudah diberikan oleh Pemda, tinggal menunggu anggaran pembangunannya saja.” Kata Respatun. “Jika gedung baru ini sudah berdiri, tentu saja masyarakat pencari keadilan dari berbagai pulau seperti di Maluku bisa lebih mudah dalam mengurus perkara ke pengadilan.” Terangnya. 

Desmon, selaku ketua rombongan komisi III mengatakan Maluku yang merupakan wilayah kepulauan terbesar di Indonesia memang memerlukan pembangunan pengadilan gedung baru, agar masyarakat bisa lebih mudah menjangkau pengadilan. Selain itu Desmon juga mengatakan agar para hakim lebih teliti dalam memutus perkara, bisa memberi putusan yang adil dan bijak. Dia menjelaskan bahwa sekarang ini lapas-lapas di seluruh Indonesia selalu penuh bahkan overload. “Lapas itu bukan ruang hukuman, karena sesuai Undang-Undang Lapas adalah untuk membina mereka yang berbuat kejahatan agar menjadi lebih baik.” Kata Desmon.  “Sebelum ke sini saya melakukan kunjungan ke Lapas Ambon, di situ saya berbicara dengan seorang ibu tua usianya sekitar 60-an, dihukum 17 tahun penjara dengan tuduhan membunuh suaminya. Ini adalah tahun keduanya di lapas. Berapa lama lagi dia akan tinggal di situ? Dia mengaku tidak melakukan apa yang dituduhkan. Dan tidak punya uang untuk membayar pengacara agar bisa mengurus kasasinya.” Lanjut Desmon. “Saya hanya bisa pasrah Pak.” Kata Desmon menirukan ucapan sang Ibu.  Desmon berharap bukan hanya kepada hakim tetapi juga kepada jaksa-jaksa di Ambon agar menjalankan tugas dengan baik agar masyarakat bisa mendapatkan keadilan. Menanggapi hal tersebut, Respatun mengatakan bahwa pengadilan bersifat pasif, artinya menyidangkan sesuai dengan bukti yang diberikan oleh kejaksaan dan memberikan putusan sesuai dengan bukti-bukti yang ada. 

Berita ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia 

(@x_cisadane)


Ditulis oleh firman 10 Agustus 2017

Ralat Jadwal Bimtek Pidmil 2017

RALAT PELAKSANAAN KEGIATAN BIMTEK

KETATALAKSANAAN PERKARA PIDANA MILITER TAHUN 2017

Bahwa sehubungan dengan surat kami Nomor 51/Djmt.4/B/7/2017 tanggal 31 Juli 2017 perihal permohonan peserta Bimtek perkara Pidana Militer yang akan dilaksanakan pada tanggal 13 September 2017 sampai dengan 15 September 2017 di Surabaya.

Dengan ini sesuai dengan petunjuk Bapak Dirjen Badilmiltun, kami meralat waktu pelaksanaan kegiatan Bimtek tersebut menjadi tanggal 6 September 2017 sampai dengan tanggal 8 September 2017 di Surabaya

Demikian untuk menjadi maklum 

Lampiran Surat Nomor 54/Djmt.4/B/8/2017 


10 Agustus 2017

PEMBUKAAN UNTUK PENERIMAAN PESERTA SELEKSI CALON HAKIM MILITER TAHUN ANGGARAN 2017

Dalam rangka pengisian jabatan Hakim di lingkungan Peradilan Militer, Mahkamah Agung R.I. akan melaksanakan seleksi Calon Hakim Militer Tahun Anggaran 2017. Untuk itu kepada seluruh personil yang memenuhui persyaratan dipersilahkan untuk mengikuti seleksi ini. Adapun waktu pelaksanaan pendaftaran peserta berupa persyaratan administrasi dimulai tanggal 10 Agustus sampai dengan 25 September 2017 dan berkas pendaftaran ditujukan kepada Dirbin Ganisminmil Ditjen Badilmiltun Mahkamah Agung R.I. up. Panitia Seleksi Calon Hakim Peradilan Militer yang beralamat di Gedung Sekretariat Jenderal Mahkamah Agung R.I. Lantai 10, Jl. Ahmad Yani Kav. 58 By Pass Jakarta Pusat Kode Pos 10510 PO. BOX 1148 dan diterima oleh Panitia paling lambat pada tanggal 25 September 2017. Demikian pemberitahuan ini di informasikan dan untuk keterangan lebih jelasnya dapat diunduh pada file dibawah ini. (drm1075).

File Pembukaan Penerimaan Peserta Seleksi Cakimmil TA. 2017


10 Agustus 2017

Sebanyak 228 Cakim Ad Hoc Tipikor Mengikuti Tes Tertulis

Yang Di Selenggarakan Oleh MA di 16 Wilayah Povinsi









Setelah Mahkamah Agung RI mengumumkan pelamar Calon Hakim Ad-Hoc Tipikor Tahap IX Tahun 2017, yang dinyatakan lulus seleksi administrasi sebanyak 228 (dua ratus dua puluh delapan) pada hari Senin tanggal 17 Juli 2017, pada hari ini (Kamis, 10/08) Secara serentak di 16 (enam belas) Wilayah Pengadilan Tinggi Tingkat Provinsi. Untuk Wilayah Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Penyelenggaraan Ujian Tes Tertulis Calon Hakim Ad-Hoc Tindak Pidana Korupsi Tahap IX Tahun 2017. Diawali dengan pembacaan tata tertib tes tertulis yang dibacakan oleh Panitera PT DKI Jakarta DR. H. Teuku Ilzanor, SH., SE., M.Hum, dan dibuka secara resmi oleh Yang Mulia Hakim Agung MA Dr. Suhadi, SH., MH, (selaku Ketua Tim Pengawas dari MA) dengan didampingi Panitia Pusat Panitera Mahkamah Agung RI Made Rawa Aryawan, SH., M. Hum, Sekretaris Mahkamah Agung RI Achmad Setyo Pudjoharsoyo, SH., M. Hum, Kepala Badan Urusan Administrasi Dr. Drs. Aco Nur, MH, dan Panitia Daerah Ketua Pengadilan Tinggi DKI Jakarta Dr. H. Muh. Daming Sunusi, SH., M.Hum. 

Dalam sambutannya Suhadi menyatakan bahwa Mahkamah Agung RI menyelenggarakan seleksi ujian tes tertulis Calon Hakim Ad-Hoc Tipikor yang ke-IX kalinya, tes ini dilaksanakan secara serentak di 16 (enam belas) Wilayah Pengadilan Tinggi Tingkat Provinsi para peserta ini ini telah melewati seleksi berkas administrasi dan tes tertulis. Bagi mereka yang lulus seleksi tertulis ini nantinya berhak mengikuti tahapan berikutnya, yaitu profile assessment dan wawancara. Hari ini sebanyak 228 (dua ratus dua puluh delapan) Calon Hakim Ad-Hoc Tipikor mengikuti ujian tes tertulis yang diselenggarakan oleh Mahkamah Agung RI yang tersebar di 16 (enam belas) Pengadilan Tinggi di antaranya wilayah Pengadilan Tinggi (PT) : 

1. Banda Aceh 8 Peserta (PT. 5, PN. 3),

2. PT Medan 21 Peserta (PT. 7, PN. 14),

3. PT Padang 12 Peserta (PT. 6, PN. 6),

4. PT Pekanbaru 17 Peserta (PT. 0, PN. 17),

5. PT Palembang 5 Peserta (PT. 1, PN. 2),

6. PT Banten 6 Peserta (PT. 4, PN. 2),

7. PT Tanjung Karang 13 Peserta (yang ikut ujian pelamar dari PT Tanjung Karang, PT. 5, PN. 6 dan PT. Bengkulu, PT. 0, PN. 2),

8. PT Bandung 31 Peserta (PT. 15, PN. 16),

9. PT Semarang 22 Peserta (PT. 9, PN. 13),

10. PT Yogyakarta 5 Peserta (PT. 2, PN. 3),

11. PT Surabaya 18 Peserta (yang ikut ujian pelamar dari PT Surabaya, PT. 3, PN. 7, dari PT Banjarmasin 4 Peserta PT. 0, PN. 4, dari PT Palangkaraya 2 Peserta PT. 1, PN. 1, dari PT Samarinda 2 Peserta PT. 1, PN. 1),

12. PT Makassar 25 Peserta (yang ikut ujian pelamar dari PT Makassar, PT. 6, PN. 11, dari PT Palu 2 Peserta PT. 2, PN. 0, dari PT Manado 1 Peserta PT. 1, PN. 0, dari PT Gorontalo 3 Peserta PT. 0, PN. 3, dan dari PT Jayapura 2 Peserta PT. 1, PN. 1),

13. PT Denpasar 6 Peserta (PT. 2, PN. 4),

14. PT Mataram 9 Peserta (PT. 3, PN. 6),

15. Maluku Utara 7 Peserta (PT. 1, PN. 6).  

Dan terakhir 16. Untuk Wilayah Pengadilan Tinggi DKI Jakarta.

Peserta Ujian Cakim Ad-Hoc Tipikor yang hadir sebanyak 23 (dua puluh tiga) peserta antara-lain Pelamar untuk Tingkat Pertama 13 (tiga belas) Peserta dan Pelamar Tingkat Banding 8 (delapan) Peserta dari Jakarta dan yang Ikut di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta 1 (satu) Pelamar Tingkat Pertama dari Pengadilan Tinggi Bangka Belitung dan 1 (satu) Pelamar Tingkat Pertama dari Pengadilan Tinggi Pontianak. Ujian Tertulis ini pada sesi pertama dimulai pada pukul : 08.30 s/d 10.30 WIB dan untuk sesi kedua dimulai pukul 17.00 s/d selesai. Hadir pada saat pembukaan Panitia Daerah Sekretaris Pengadilan Tinggi DKI Jakarta para Kabag dan Kasubbag Pengadilan Tinggi DKI Jakarta serta Panitia Pusat Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung RI Dr. Abdullah, SH., MS., para Asisten, Kasubbag dan Staf dari Mahkamah Agung RI. 

Berita ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia 

(@x_cisadane)


09 Agustus 2017

PTWP PUSAT AKAN SELENGGARAKAN TURNAMEN TENIS DAN KONGRES LUAR BIASA

Pengurus Persatuan Tenis Warga Pengadilan (PTWP) Pusat akan menyelenggarakan Turnamen Tenis Perorangan Piala Ketua Mahkamah Agung pada tanggal 24-26 November 2017 di kota Bandung. Pada saat bersamaan, pengurus PTWP Pusat juga akan menyelenggarakan Kongres Luar Biasa. Demi suksesnya penyelenggaraan turnamen tersebut, Yang Mulia Syamsul Ma'aarif SH., LL.M., Ph.D selaku Ketua Umum PTWP Pusat meminta kepada Pengurus PTWP Daerah seluruh Indonesia untuk mempersiapkan diri. Untuk informasi selengkapnya silahkan unduh file pada link di bawah ini :

PTWP_2017.pdf

Berita ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia


Ditulis oleh firman 09 Agustus 2017

Konfirmasi Peserta Bimtek 2017

KONFIRMASI TIKET PESAWAT PESERTA BIMTEK

KETATALAKSANAAN PERKARA PIDANA MILITER TAHUN 2017

Ditujukan kepada para peserta Bimbingan Teknis Ketatalaksanaan Perkara Kasasi, Peninjauan Kembali dan Grasi Perkara Pidana Militer yang sudah diajukan oleh Kepala Pengadilan Militer masing-masing. untuk mengkonfirmasikan hari/jam keberangkatan dan hari/jam kepulangan kepada panitia dengan formulir terlampir.

Harap dikirim ke EMAIL :   Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya atau FAX : (021) 3861360

data Konfirmasi peserta kami terima selambat-lambatnya tanggal 15 Agustus 2017

Catatan :

berdasarkan jadwal Acara Pembukaan Bimtek akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 6 September 2017 Pukul 19.00 WIB diharapkan peserta hadir sebelum jadwal tersebut.

Atas Perhatiannya diucapkan terima kasih

Lampiran Formulir pengisian


08 Agustus 2017

RAPAT LANJUTAN PERSIAPAN KEGIATAN REKRUTMEN CALON HAKIM LINGKUNGAN PERADILAN MILITER TAHUN ANGGARAN 2017

        

Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Lingkungan Peradilan Militer Ditjen Badilmiltun pada hari Senin, 07 Agustus 2017 mengadakan Rapat Lanjutan Persiapan untuk kegiatan Rekrutmen Calon Hakim Lingkungan Peradilan Militer Tahun Anggaran 2017 yang diselenggarakan di Ruang Rapat Besar Ditjen Badilmiltun, Gedung Sekretariat Jenderal Mahkamah Agung R.I. Lantai 9, Jl. Ahmad Yani Kav. 58 By Pass Jakarta Pusat. Rapat dipimpin langsung oleh Dirjen Badilmiltun, DR. Mulyono, S.H., S.I.P., M.H. dengan dihadiri oleh Dirbin Ganisminmil, Kolonel Chk Agung Iswanto, S.H., M.H., Sekretaris Ditjen Badilmiltun, Jeanny Hilderia V. Hutauruk, S.E., Ak., M.M., para pejabat eselon III dan IV serta staf di lingkungan Binganisminmil. Rapat juga dihadiri para tamu undangan diantaranya Mayjen TNI Markoni, S.H., M.H. (KABABINKUM TNI), Laksma TNI Bambang Angkoso Wahyono, S.H., M.Hum. (Waka Dilmiltama), Brigjen TNI Joko Purnomo, S.H., M.H. (Anggota Pokkimmiltama), Brigjen TNI Agus Dhani Mandaladikari, S.H., M.Hum. (Anggota Pokkimmiltama), Laksma TNI Supradono, S.H. (Kadiskumal), Kol. Chk DR. Wahyu Wibowo, S.H., M.H. (Wa Dirkumad), Kol. Sus Zainal Hakim, S.H., M.H. (Kadiskumau), Drs. H.M. Fauzi, M.H. (Kabag Mutasi II Biro Kepegawaian MA-RI), Kol. Chk DR. Slamet Sarwo Edhy, S.H., M.H. (Hakim Tinggi Yustisial Balitbang Diklat Kumdil MA-RI) dan Letkol ARH Yulian Iskandar, S.IP. (Pabandya-3/Jab Lustruk Paban III/Binkar Spers TNI).

Rapat ini merupakan rapat lanjutan untuk lebih memantapkan persiapan guna melaksanakan kegiatan Rekrutmen Calon Hakim Lingkungan Peradilan Militer T.A 2017 yang akan diselenggarakan oleh Ditjen Badilmiltun Mahkamah Agung R.I. pada sekitar bulan Oktober 2017. Dari hasil rapat kali ini telah banyak didapat masukan-masukan teknis maupun non teknis sebagai bahan acuan pada pelaksanaan kegiatan nanti. (drm1075)


05 Agustus 2017

MONITORING DAN EVALUASI KE PTUN JAMBI TA 2017

Jambi -  Tim monitoring dari Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara, kembali melanjutkan perjalanan untuk kegiatan monitoring dan evaluasi dan kali ini dilaksanakan di Pengadilan Tata Usaha Negara Jambi. Pelaksanaan monev berlangsung selama 3 hari pada tanggal 02 s.d 04 Agustus 2017. Kedatangan tim monev disambut baik oleh keluarga besar pengadilan Tata Usaha Negara Jambi. Tim kali ini dipimpin oleh Dr. Mulyono, S.H., S.I.P., M.H. (Dirjen Badilmiltun MA RI) dan beranggotakan; Hj Sri Agustin Surmaningrum, S.H., M.M. (Kasubdit Pengembangan Tenaga Teknis TUN), Kartono, S.H, M.H. (Kasubdit Pembinaan Administrasi TUN), Yuda Aji Wibawa, S.H., M.H. (Kasi Statistik dan Dokumentasi TUN), Enrico Simanjuntak, S.H., M.H. (Hakim Yustisial) dan Hilda Riandini, A.Md. (Staf Bimbingan dan Monitoring).

Tiba di gedung Pengadilan Tata Usaha Negara Jambi, Dirjen Badilmiltun MA RI diikuti oleh tim monev langsung bergerak melakukan pemeriksaan sarana dan prasarana. Pemeriksaan dimulai dari gedung belakang dan pertama kali yang dicek yaitu kebersihan toilet, kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan semua ruangan yang ada di gedung tersebut. Dirjen Badilmiltun MA RI sangat peduli terhadap hal kebersihan karena dirasa penting demi terciptanya kenyamanan, baik bagi para pencari keadilan maupun semua pegawai yang berada di lingkungan pengadilan TUN Jambi. Setelah dilakukan pemeriksanaan terhadap sarana dan prasarana, didapatkan beberapa catatan penting yang menjadi ‘PR’ bagi PTUN Jambi untuk melakukan perubahan khususnya dalam hal kebersihan. Pada hari kedua, tim kembali melanjutkan pemeriksaan dan obeservasi serta tanya jawab. Kali ini lebih kompleks dan tim lebih berfokus untuk melakukan pengecekan terhadap Pelaksanaan Pola Bindalmin, SOP, Penyelesaian Perkara, PNBP, Biaya Proses, Pelaksanaan Posyankum,  Aplikasi SIPP, serta Meja Informasi dan Pengaduan. Pemeriksaan dilakukan secara mendetail dan cukup lama. Pada sesi ini ditemukan cukup banyak permasalahan.

Pada akhir kegiatan, seluruh tenaga teknis, para pejabat eselon dan para staf serta honorer PTUN Jambi berkumpul di Ruang Sidang Utama untuk mendengarkan pembinaan dari bapak Dr. Mulyono, S.H., S.I.P., M.H (Dirjen badilmiltun MA RI) dilanjutkan dengan pemaparan dan pelaporan hasil monitoring kepada Ketua PTUN Jambi (Bertha Sitohang, S.H.) dan seluruh pegawai yang hadir diruangan itu. Hasil monitoring kemudian ditandatangani oleh Ketua PTUN Jambi dan diserahkan sebagai bahan evaluasi baik PTUN Jambi maupun bagi Ditjen Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara khususnya Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara. Kedepannya diharapkan PTUN Jambi lebih maksimal lagi dalam memberikan pelayanan terhadap publik dan dapat mengikuti keberhasilan pengadilan – pengadilan yang telah berkembang dan maju di depan. (hr)



JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL


Karya Tulis
Makalah

Tulisan dan Artikel warga Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara ( kirimkan tulisan anda pada kami melalui email ke redaksi@ditjenmiltun.net)

>> Klik disini <<

 
Serba Serbi
 
 
 
Aplikasi MA-RI
SIKEP MA-RI

Why IceTheme Club System Informasi Kepegawaian Online Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses oleh seluruh Pegawai Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Indonesia.

 
Keuangan Perkara

Why IceTheme Club Pelaporan Keuangan Perkara Online berbasis SMS yang bisa diakses dalam interface website ini berguna agar pelaporan keuangan perkara pengadilan ke Mahkamah Agung dapat terupdate secara cepat dan akurat.

 
Kumpulan Putusan

Easy Setup Kumpulan Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses secara online di Portal Mahkamah Agung, modul putusan ini adalah program pelayanan Mahkamah Agung agar masyarakat dapat secara cepat mengetahui putusan yang sudah berkekuatan hukum tetap.

 
 
 
Berita Video

SELAMAT IDUL FITRI 1433H

Lihat Video Lainnya

 
Polling

Bagaimana dengan website kami

 

 

 

  Hasil

 
 

  • banner0.jpg
  • banner01.jpg
  • banner1.jpg
  • banner2.jpg
  • banner3.jpg
  • banner4.png
  • banner5.png
  • banner6.png

informasi Terkini

Transparansi Kami

Keuangan


Seputar Informasi Keuangan Ditjen Badilmiltun

Read more ...

Link Pengadilan dan Instansi Terkait

Informasi Alamat dan Link Website Pengadilan Militer dan Pengadilan Tata Usaha Negara.

Read more ...

Dapur Redaksi

REDAKSI

Read more ...

Kontak Kami & Pengaduan

Email Peradilan Militer

Email Peradilan TUN

Makalah & Artikel

Serba - Serbi

Blog Kami

WEB LINK


User Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday226
mod_vvisit_counterYesterday7006
mod_vvisit_counterThis week18843
mod_vvisit_counterAll days5139516

We have: 43 guests, 2 bots online
Your IP: 23.20.60.138
 , 
Today: Agus 22, 2017

peraturan-button