1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

29 September 2017

87 Akademisi dari 21 Perguruan Tinggi Negeri dan 1 Perguruan Tinggi Swasta Menguji Calon Hakim

Seleksi Calon Hakim melalui formasi Pegawai Negeri Sipil tahun 2017 tidak saja menguji Mahkamah Agung sebagai Lembaga yang merekrut Calon Hakim, melainkan juga menguji Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta. Semua Perguruan Tinggi mendapatkan tantangan hebat, jika alumninya dapat diterima mendaftar menjadi Calon Hakim melalui formasi Pegawai Negeri Sipil. Syarat untuk dapat diterima mendaftar saja harus memenuhi kreteria, yaitu Program studinya harus akreditasi minimal B. Sedangkan khusus formasi Cumlaude Program Studi harus terakreditasi A dan Universitasnya juga Terakreditasi A. Dengan adanya persyaratan tersebut, maka semua perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta harus berlomba-lomba meningkatkan kualitas dan kuantitas menajerialnya.

Perguruan Tinggi yang dilibatkan untuk menguji Wawancara yaitu : Universitas Indonesia Jakarta, Universitas Gajah Mada Yogyakarta, Universitas Airlangga Surabaya, Universitas Pajajaran Bandung, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Sumatera Utara Medan, Universitas Andalas Padang, Universitas Udayana Denpasar Bali, Universitas Hasanuddin Makassar dan Universitas Parahyangan Bandung, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Jati Bandung, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Universitas Islam Negeri Ponorogo, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang dan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Aceh. Disamping melibatkan akademisi, juga melibatkan para Hakim Tinggi / Hakim Tingkat Banding. Baik para akademisi maupun Hakim Tinggi / Hakim Tingkat Banding pada 4 (empat) lingkungan peradilan. 

Menurut amanat Ketua Mahkamah Agung RI, bahwa syarat mutlak untuk menjadi penguji wawancara adalah kompeten, berintegritas, obyektif dan tidak boleh memiliki konflik kepentingan, serta  bersedia mendandatangani pakta integritas serta mengucapkan sumpah sebelum menjalankan tugasnya. Segala upaya yang dilakukan tersebut untuk membuktikan kepada masyarakat, bahwa seleksi penerimaan Calon Hakim tersebut adalah obyektif, transparan dan akuntabel.


Baca Selengkapnya


29 September 2017

Pelaksanaan Kegiatan Seleksi Profile Assessment dan Wawancara Calon Hakim Ad-Hoc Tipikor Tahap IX tahun 2017

Sehubungan akan dilaksanakannya ujian Profile Assessment dan Wawancara Seleksi Calon Hakim Ad-Hoc Pengadilan Tindak Pidana Korupsi tahap IX tahun 2017 pada tanggal 16 – 19 Oktober 2017, bertempat di Gedung Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung, adapun nama – nama peserta terlampir pada surat pemberitahuan. 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunduh Surat Pemberitahuan melalui tautan berikut : http://www.ditjenmiltun.net/48_pansel_ad_hoc_tpk_ix_2017.pdf

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia 

(@x_cisadane)


29 September 2017

Pengumuman Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Berdasarkan Surat Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 882/SEK/HM.01.2/09/2017 tentang Pengumuman Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2017, maka dengan ini disampaikan surat pemberitahuan yang ditujukan kepada Yang Terhormat Kepala Pengadilan Militer Utama, Para Ketua Pengadilan Tinggi, Para Ketua Pengadilan Tinggi Agama, Para Ketua Pengadilan Tinggi Militer, Para Ketua Pengadilan Tinggi TUN, Para Ketua Pengadilan Negeri, Para Ketua Pengadilan Agama, Para Ketua Pengadilan Militer dan Para Ketua Pengadilan TUN di Seluruh Indonesia. 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunduh Surat Pemberitahuannya melalui tautan berikut : http://www.ditjenmiltun.net/882_sek_hm_01_2_09_2017_.pdf

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia 

(@x_cisadane)


28 September 2017

Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Cakim MA - RI T.A. 2017

Bersama ini disampaikan Pengumuman Dari Panitia Seleksi Penerimaan Calon Hakim (CaKim) di Lingkungan Mahkamah Agung RI T.A. 2017 berdasarkan surat dengan Nomor : 06/Pansel/MA/09/2017 tanggal 28 September 2017 tentang Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Hakim (CaKim) di Lingkungan Mahkamah Agung RI. 

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor : 20 Tahun 2017 dan Nomor : 22 Tahun 2017, serta surat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor : K26-30/V109-1/22 tanggal 26 September 2017 tentang Penyampaian Hasil SKD CPNS Calon Hakim Mahkamah Agung RI Tahun 2017, maka dengan ini diumumkan nama-nama peserta Seleksi Calon Hakim Mahkamah Agung RI tahun anggaran 2017 yang memenuhi passinggrade dan berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang terdiri atas Tes Kompetensi Bidang Hukum menggunakan CAT, Psikotes dan Wawancara, serta jadwal dan lokasi tempat pelaksanaan SKB. 

Untuk lebih jelasnya para peserta diminta untuk mengunduh, membuka dan membaca dengan seksama lampiran 1 sampai dengan 6 pada pengumuman yang dilampirkan dalam tautan sebagai berikut : 


  1. Surat Pengumuman : http://www.ditjenmiltun.net/06_pansel_ma_09_2017_hasil_skd.pdf
  2. Lampiran I - Daftar Kelulusan dan Peringkat : http://www.ditjenmiltun.net/lampiran_daftar_kelulusan_dan_peringkat.pdf
  3. Lampiran II - Daftar SKB : http://www.ditjenmiltun.net/lampiran_daftar_peserta_skd.pdf
  4. Lampiran III - Lokasi Tes : http://www.ditjenmiltun.net/lampiran_daftar_lokasi_dan_jadwal_skb.pdf
  5. Tata Tertib SKB : http://www.ditjenmiltun.net/tata_tertib_skb.pdf
  6. Template Kartu Peserta : http://www.ditjenmiltun.net/6_TEMPLATE KARTU.docx


Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia 

(@x_cisadane)


28 September 2017

Pemberitahuan Kepada para Ketua/Kepala Pengadilan Tingkat Banding tentang Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang CaKim MA RI T.A. 2017

Bersama ini disampaikan Surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor : 885/SEK/KP.00.2/09/2017 tanggal 27 September 2017 tentang Pemberitahuan Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Hakim Mahkamah Agung R.I T.A. 2017 yang ditujukan Kepada Yth. Para Ketua/Kepala Pengadilan Tingkat Banding pada 9 (sembilan) Wilayah.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunduh Surat Pemberitahuannya melalui tautan berikut : 

  1. Surat Sekretaris Mahkamah Agung : http://www.ditjenmiltun.net/885_SEK_KP_00_2_09_2017.pdf
  2. Lampiran Jumlah Peserta : http://www.ditjenmiltun.net/jumlah_peserta_ujian_tkb.pdf
  3. Surat Permohonan ke BKN : http://www.ditjenmiltun.net/878_sek_kp_00_2_09_2017.pdf

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia 

(@x_cisadane)


27 September 2017

Daftar Hasil Rapat Promosi Mutasi dan Penyesuaian Eselonoring Pejabat Kesektariatan Pengadilan di Lingkungan Mahkamah Agung RI

Sehubungan dengan Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor : 1 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor : 7 Tahun 2015 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kepaniteraan dan Kesekretariatan Peradilan dan Menindaklanjuti Hasil Rapat Promosi dan Mutasi Tanggal 20 - 24 Juli 2017 dan 24 - 26 Agustus 2017, dengan ini disampaikan Daftar Hasil Rapat Promosi/Mutasi dan Penyesuaian Eselonering Pejabat Kesektariatan Pengadilan di Lingkungan Mahkamah Agung RI. 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunduh Surat Pemberitahuan beserta Lampirannya melalui tautan berikut : 



Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia 

(@x_cisadane)


27 September 2017

Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2017

Berdasarkan Surat dari Menteri Sekretaris Negara RI Nomor : B-908/M.Sesneg/Set/TU.00.04/09/2017 tanggal 25 September 2017 perihal sebagaimana tersebut pada pokok surat, maka dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila tanggal 1 Oktober 2017, dengan ini diintruksikan kepada seluruh Pengadilan pada 4 (empat) lingkungan peradilan untuk menyelenggarakan upacara bendera pada hari Senin, tanggal 02 Oktober 2017 sesuai instruksi Sekretaris Mahkamah Agung dalam surat Surat Sekretaris Mahkamah Agung yang di tujukan kepada Yang Terhormat Kepala Pengadilan Militer Utama, Para Ketua Pengadilan Tinggi, Para Ketua Pengadilan Tinggi Agama, Para Kepala Pengadilan Militer Tinggi, Para Ketua Pengadilan Tinggi TUN, Para Ketua Pengadilan Negeri, Para Ketua Pengadilan Agama, Para Kepala Pengadilan Militer dan Para Ketua Pengadilan TUN di seluruh Indonesia (sesuai daftar terlampir). 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunduh Surat Sekretaris Mahkamah Agung beserta Lampiran Surat dari Mensetneg melalui tautan berikut :


  1. Surat Sekretaris Mahkamah Agung : http://www.ditjenmiltun.net/882_sek_hm_01_2_09_2017.pdf 
  2. Lampiran Surat Mensetneg : http://www.ditjenmiltun.net/surat_dari_mensetneg_upacara_hari_kesaktian_pancasila.pdf 


Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia 

(@x_cisadane)


26 September 2017

Paripurna DPR Mensahkan dan Menyetujui 5 Hakim Agung 















Jakarta - Selasa, 26 September 2017. DPR RI menetapkan 5 (lima) nama calon anggota Hakim Agung yang diajukan oleh Komisi Yudisial (KY) dalam Rapat Paripurna DPR RI. Rapat paripurna yang dipimpin Fahri Hamzah, Fadli Zon, dan Agus Hermanto meminta persetujuan anggota DPR yang hadir dan mensahkan kelima Calon Hakim Agung tersebut. Sekitar 200-an Anggota DPR RI yang hadir serentak menyatakan setuju, dan Fahri segera mengetukkan palu tanda disetujuinya lima Calon Hakim Agung yang telah lolos uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR RI menjadi Hakim Agung. 

Sebelumnya, Ketua Komisi III DPR RI Bambang Soesatyo melaporkan hasil uji kelayakan dan kepatutan terhadap lima Calon Hakim Agung pada forum rapat paripurna. Menurut Bambang, Komisi III menyelenggarakan uji kelayakan dan kepatutan terhadap lima nama Calon Hakim Agung pada 13 September lalu. Dalam surat Wakil Ketua Mahkamah Agung RI tertanggal 08 Februari 2017, disebutkan bahwa terdapat kekosongan 6 (enam) jabatan Hakim Agung di Mahkamah Agung RI dan terdapat 2 (dua) Hakim Agung di Mahkamah Agung yang akan memasuki masa pensiun. Untuk itu, Komisi Yudisial mengajukan sebanyak lima nama Calon Hakim Agung. 

Bambang Soesatyo mengungkapkan, ke-lima nama tersebut telah lolos setelah menjalani serangkaian tahapan Uji Kelayakan dan Kepatutan di Komisi III DPR RI. “Proses uji kelayakan terhadap Calon Hakim Agung merupakan rangkaian yang diamanatkan dalam UUD 1945 dan Putusan Mahkamah Konstitusi. Karena itu, DPR juga turut melakukan uji kelayakan sebagai bagian dari prinsip akuntabilitas dan transparansi antara lembaga,” ujarnya. Diharapkan ke-lima Calon Hakim Agung Terpilih dapat menjadi Hakim Agung yang mampu meningkatkan citra dan wibawa Mahkamah Agung sebagai lembaga peradilan tertentu.

Ke-lima nama Haking Agung tersebut adalah : 


  1. Kol (Chk) Hidayat Manao S.H., M.H., Kepala Pengadilan Militer Tinggil II Jakarta, untuk mengisi Kamar Militer. 
  2. Dr. H. Yodi Martono Wahyunadi S.H., M.H., Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Tata Usaha Negara Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Badan Peradilan Tata Usaha Negara Mahkamah Agung RI, untuk mengisi Kamar Tata Usaha Negara. 
  3. Dr. Gazalba Saleh, S.H., M.H., Hakim Ad Hoc Tipikor pada Pengadilan Negeri Bandung, untuk mengisi Kamar Pidana. 
  4. Dr. H. Yasardin S.H., M.Hum, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banten, untuk mengisi Kamar Agama. 
  5. Dr. Drs. Muhammad Yunus Wahab S.H., M.H., Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Palembang, untuk mengisi Kamar Perdata.


Di akhir sambutannya, Bambang Soesatyo menitipkan pesan kepada ke-lima Hakim Agung terpilih untuk senantiasa menjaga keadilan bagi masyarakat. “Kami titipkan palu Tuhan kepada yang mulia untuk berpihak kepada hukum dan kebenaran. Sebagai benteng terakhir, di pundak yang mulia rasa keadilan masyarakat dipertaruhkan. Demikian laporan ini kami sampaikan, dan sekali lagi kami ingatkan kepada yang mulia tegakkan hukum walau langit runtuh,” kata Bambang Soesatyo. 

Berita ini dikutip dari Portal Berita Online Antaranews, Portal Berita Online Tribunnews, dan Portal Berita Online Detak.co

Segenap Keluarga Besar Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Badan Peradilan Tata Usaha Negara Mahkamah Agung RI mengucapkan Selamat dan Sukses kepada Kol (Chk) Hidayat Manao S.H., M.H. dan Dr. H. Yodi Martono Wahyunadi S.H., M.H. atas disahkannya Jabatan Hakim Agung.

(@x_cisadane)


20 September 2017

PERUBAHAN WAKTU DAN PERSYARATAN ADMINISTRASI PENDAFTARAN REKRUTMEN CALON HAKIM MILITER DITJEN BADILMILTUN TAHUN ANGGARAN 2017

Diberitahukan dengan hormat bahwa pelaksanaan pendaftaran dan persyaratan administrasi kegiatan Rekrutmen Calon Hakim Militer Ditjen Badilmiltun Tahun Anggaran 2017 mengalami perubahan. Untuk lebih jelasnya dapat diunduh pada Surat Dirjen Badilmiltun No. 1188/Djmt/B/9/2017 di bawah ini.

Demikian mohon maklum. (drm)

Surat Dirjen Badilmiltun No. 1188/Djmt/B/9/2017


19 September 2017

Pelatihan Bagi Assessor Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara

Jakarta - Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara mengikuti Kegiatan Pelatihan bagi para Assessor Empat Badan Peradilan, yang diselenggarakan oleh Balitbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI. Pelatihan tersebut diaksanakan di Pusdiklat Mahkamah Agung, Mega Mendung, Bogor tanggal 18 - 20 September 2017. Untuk Badan Peradilan Militer dan Tata Usaha Negara, Pusdiklat MA RI mengundang 11 peserta dari Ditjen Badilmiltun, 8 peserta Hakim Tinggi TUN dan 8 peserta Hakim Tinggi Militer. Adapun narasumber yang dihadirkan antara lain Dr. Atja Sonjaya, S.H., M.H., Nugroho Setiadji, S.H. (Kabadan Pegawasan), Dr. Herri Swantoro, S.H., M.H. (Dirjen Badilum), Dr. Haswandi, S.H., M.H., Drs. Wahyudin, MSi dan Partini, S.H. serta para Auditor Badan Pengawasan MA RI. Dan materi yang diberikan antara lain Kebijakan Umum Akreditasi, Pedoman Akreditasi, Proses Audit Administrasi Umum, Keuangan dan Administrasi Perkara, Integritas dan Pengawasan, Proses Audit Administrasi Perkara, Audit Kesekertariatan (Umum dan Keuangan).

Diklat bagi para Assessor ini dimaksudkan untuk memberikan bekal kepada para Assessor yang akan bertugas memeriksa dan menilai Pengadilan, sudah pantas atau belum pengadilan tersebut mendapat predikat akreditasi. Idealnya para Assessor adalah orang-orang yang menguasai bidang-bidang yang menjadi bahan penilaian akreditasi tersebut. Akreditasi sendiri idealnya juga sudah harus mencakup semua hal mulai dari administasi perkara, administrasi kesekertariatan, manajemen kepemimpinan, pengelolaan anggaran, sarana prasarana, dan lain sebagainya. Hal inilah yang menjadi tugas setiap badan peradilan untuk merumuskan parameter dan alat penilaian yang akan digunakan oleh para Assessor nantinya. Diharapkan melalui program Akreditasi ini, Peradilan di Indonesia akan semakin dapat memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. (ns)



JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL


Karya Tulis
Makalah

Tulisan dan Artikel warga Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara ( kirimkan tulisan anda pada kami melalui email ke redaksi@ditjenmiltun.net)

>> Klik disini <<

 
Serba Serbi
 
 
 
Aplikasi MA-RI
SIKEP MA-RI

Why IceTheme Club System Informasi Kepegawaian Online Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses oleh seluruh Pegawai Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Indonesia.

 
Keuangan Perkara

Why IceTheme Club Pelaporan Keuangan Perkara Online berbasis SMS yang bisa diakses dalam interface website ini berguna agar pelaporan keuangan perkara pengadilan ke Mahkamah Agung dapat terupdate secara cepat dan akurat.

 
Kumpulan Putusan

Easy Setup Kumpulan Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses secara online di Portal Mahkamah Agung, modul putusan ini adalah program pelayanan Mahkamah Agung agar masyarakat dapat secara cepat mengetahui putusan yang sudah berkekuatan hukum tetap.

 
 
 
Berita Video

SELAMAT IDUL FITRI 1433H

Lihat Video Lainnya

 
Polling

Bagaimana dengan website kami

 

 

 

  Hasil

 
 

  • banner1.jpg
  • banner2.jpg
  • banner3.jpg
  • banner4.png
  • banner5.png
  • banner6.png

informasi Terkini

Transparansi Kami

Keuangan


Seputar Informasi Keuangan Ditjen Badilmiltun

Read more ...

Link Pengadilan dan Instansi Terkait

Informasi Alamat dan Link Website Pengadilan Militer dan Pengadilan Tata Usaha Negara.

Read more ...

Dapur Redaksi

REDAKSI

Read more ...

Kontak Kami & Pengaduan

Email Peradilan Militer

Email Peradilan TUN

Makalah & Artikel

Serba - Serbi

Blog Kami

WEB LINK


User Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday3551
mod_vvisit_counterYesterday8777
mod_vvisit_counterThis week31570
mod_vvisit_counterAll days5506862

We have: 140 guests, 1 bots online
Your IP: 54.80.148.252
 , 
Today: Okt 20, 2017

peraturan-button