1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

04 Agustus 2017

Rapat Koordinasi dan Evaluasi Kegiatan Sekretariat Ditjen Badilmiltun Semester I TA 2017


Jakarta – 3 Agustus 2017 Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara menyelenggarakan Rapat Koordinasi Sekretariat, bertempat di Gedung Sekretariat Mahkamah Agung RI Jalan Jend A. Yani, Jakarta. Rapat koordinasi dihadiri oleh para Pejabat Eselon II, para Pejabat Eselon III, para Pejabat Eselon IV, Staf dan Honor, Kegiatan Rapat dimulai pukul 10.00 WIB, dibuka oleh Sekretaris Ditjen Badilmiltun Ibu Jeanny Hilderia Veronica Hutauruk, S.E., Ak., M.M. kemudian dilanjutkan oleh para Eselon III untuk menyampaikan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh masih masing bagian.

Presentasi Para Eselon III  (Bagian Kepegawaian)  mengenai Cuti Tahunan Tahun 2017, Kekosongan Jabatan dilingkungan Ditjen Badilmiltun, Persyaratan dan Pengangkatan Dalam Jabatan Struktural.

Presentasi Para Eselon III  (Bagian Perencanaan dan Keuangan)  mengenai Laporan Keuangan Semester I, Kordinasi Terkait Dengan LHP Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Mengenai Pengembalian Kelebihan Pembayaran Ditjen Badilmiltun Pph 21, Pengusulan Anggaran 2018 Sudah sampai Pagu Indikatif 2018, Realisasi Bagian Keuangan Samapai Dengan Semester I sebesar 57.20%, Realisasi Kegiatan Kesekretariatan Masih Ada Yang Belum Terlaksana (Bagian Ortala).

Presentasi Para Eselon III (Bagian Ortala) mengenai Penandatangan Pakta Integritas dan Perjanjian Kinerja Tahun 2017 (4 Januari 2017), Partisipasi pada Pameran Kampung Hukum 2017 dan Laporan Tahunan Mahkamah Agung   2016 (9 Februari 2017), Finalisasi Laporan Tahunan Ditjen Badilmiltun 2016 (24 Februari 2017), Finalisasi LKJIP Ditjen Badilmiltun 2016 (17 April 2017), EVALUASI SOP (6 Juni 2017 (saat ini SOP Ditjen Badilmiltun berjumlah ), Penyempurnaan Indikator Kinerja Utama MA-RI th 2017 (20 Juni 2017)

Presentasi Para Eselon III (Bagian Umum) mengenai Pembayaran Bahan Bakar Minyak (BBM) Berjalan Dengan Lancar, Penyiapan Ruang Rapat dan Konsumsi Rapat Berjalan Dengan Baik, Pemakaian Mobil Operasional Dibolehkan Untuk Kegiatan Operasional Perkantoran Laporan Semester I Sudah Berjalan Lancar, Pencentakan Toga Sudah Dilaksanakan, Pengadaan Pakaian Dinas dan Baju Batik Akan Dilaksanakan, Biaya Pengiriman Pos Berjalan Dengan Baik, Dalam Permintaan Nomor Dimohon Untuk Langsung Menyrahkan Arsip, Permintaan Bon Untuk Penomoran Surat Diperbolehkan Dengan Menyertai Alasan. (wiwit)

 

 

 

 

 

 

 

 


04 Agustus 2017

Inovasi Pelayanan Publik Terpadu (Excellent Service) dan E-Book 


Jum’at, 04 Agustus 2017, Bertempat di ruang rapat Wakil ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial Dr. H. M. Syarifuddin, S.H.,M.H.,  Ketua Kamar Tata Usaha Negara Dr. Supandi, S.H.,M.H. beserta Kepala Biro Hukum dan Humas MA dan Sekretaris Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara Jeanny Hilderia Veronica Hutauruk, S.E., Ak., M.M. menerima Kunjungan Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Serang Dr. Bambang Priyambodo, S.H., M.H. dan Pengadilan Tata Usaha Negara Tanjung Pinang H. Andri Mosepa, S.H., M.H. dalam rangka presentasi Inovasi Pelayanan Publik Terpadu (Excellent Service) pada Pengadilan Tata Usaha Negara Serang dan E-Book Pedoman Kerja Pada  Pengadilan Tata Usaha Negara Tanjung Pinang. 

Berita ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia 

(@x_cisadane)


03 Agustus 2017

Permintaan Laporan Progress Pengadaan Barang Jasa Tahun Anggaran 2017 

Sehubungan dengan pelaksaan DIPA Tahun Anggaran 2017 di Lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia dan Badan Peradilan di bawahnya, Kepala Biro Perlengkapan Badan Urusan Administrasi, Drs. Muhamad Ashar, S.H., M.H. mengharapkan seluruh Kepala Unit Layanan Pengadaan (ULP) di Lingkungan MA dan Badan Peradilan di bawahnya untuk menyampaikan laporan progres pelaksanaan pengadaan barang jasa tahun anggran 2017. Laporan tersebut dibuat dalam format Excel dan diemail ke Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya paling lambat 7 Agustus 2017. Laporan tersebut akan direkapitulasi untuk memenuhi permintaan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) terkait laporan progres pengadaan barang/jasa dan laporan kepada Pimpinan Mahkamah Agung sebagai bahan evaluasi anggran dan kinerja. 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunduh Surat Pemberitahuan dan Form lampirannya melalui tautan berikut : 

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia

(@x_cisadane)


03 Agustus 2017

Bimtek ToT SIPP Versi 32 Tahap I 












Ciawi-Bogor. Bagian Pengembangan Sistem Informatika pada Biro Hukum dan Humas Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI menyelenggarakan Bimbingan Teknis Trainer of Trainer (ToT) Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) Versi 3.2 Tahap I. Pelaksanaan kegiatan ini bertempat di Auditorium Gedung Pusdiklat Mahkamah Agung RI Mega Mendung, Bogor, Jawa Barat, pada Rabu malam pukul 20.00 WIB tanggal 2 Agustus 2017. Kegiatan ini diawali dengan laporan dari Ketua Panitia yaitu Kepala Bagian Pengembangan Sarana Informatikan Biro Hukum dan Humas Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI Supriyadi Gunawan, S. Sos., M.M.,. Kegiatan Bimbingan Teknis Trainer of Trainer (ToT) SIPP Tahap I pada 4 (Empat) Lingkungan Peradilan Seluruh Indonesia ini diikuti sebanyak 79 peserta.

Para peserta ini telah dipilih dan ditentukan oleh Tim Development Aplikasi SIPP yang akan dijadikan sebagai agen–agen atau para trainer untuk disebar ke seluruh pengadilan, kegiatan ini berlangsung selama empat hari ke depan yang dimulai pada tanggal 2 Agustus sampai dengan tanggal 5 Agustus 2017. Para peserta akan mendapatkan materi pelatihan SIPP Versi 3.2 tahap I dari para Tim Development dalam hal ini selaku pengembang Aplikasi SIPP Mahkamah Agung RI. Mengawali sambutannya Kepala Biro Hukum dan Humas Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI menyatakan bahwa Reformasi Birokrasi Mahkamah Agung RI dalam hal pengembangan IT merupakan komitmen pimpinan MA, seperti aplikasi SIPP ini akan mengubah system data manual ke digital, kegiatan bimbingan teknis ToT SIPP tahap I ini merupakan aplikasi SIPP versi 3.2 yang telah disempurnakan dari SIPP versi sebelumnya. 

Mahkamah Agung RI telah memiliki banyak website seperti masing-masing Dirjen dan Badan di lingkungan MA ada web badilum, badilag, badimiltun, bawas, balitbang diklat, bua dan kepaniteraan sehingga banyak membingungkan masyarakat, kedepan diharapkan agar satu jendela aplikasi website Mahkamhah Agung RI agar dapat memudahkan masyarakat. Dengan system aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah, sehingga  kedepannya sumber daya manusia di pengadilan tidak perlu banyak direpotkan oleh aplikasi IT, kecuali teknis, teknis junga mengalami suatu perubahan dengan adanya bentuk template putusan dan berita acara yang sudah disediakan formatnya dengan tujuan 1 day publish dan 1 day minuteering dapat terlaksana di tahun 2018. 

Sekarang MA telah memulai perubahan data atau migrasi data dari manual ke era digital yang berbasi aplikasi IT, aplikasi SIPP ini yang mengerti hanya orang pengadilan, namun institusi penegakan hukum lainnya seperti kepolisian, kejaksaan dan rutan belum mengenal aplikasi SIPP ini yang merupakan produk unggulan Mahkamah Agung RI. Diharapkan ke depan para ketua pengadilan dapat mensosialisasikan aplikasi ini ke para instansi terkait seperti kepolisian, kejaksaan dan rutan/lapas. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Karo Humas Abdullah dengan ketukan palu sebanyak tiga kali. Kegiatan bimbingan teknis ini diakhiri dengan pemaparan singkat dari Tim Development aplikasi SIPP versi 3.2 tahap I dan do’a yang dipimppin oleh Karo Humas. 

Berita ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia 

(@x_cisadane)


02 Agustus 2017

Percepatan Penyerapan Anggaran T.A. 2017 

Menindaklanjuti Surat Kepala Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI Nomor : 151.a/BUA/KU.01/08/2016 Perihal Percepatan Penyerapan Anggaran T.A 2017, maka dengan ini disampaikan surat pemberitahuannya. 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunduh Surat Pemberitahuannya melalui tautan berikut : http://www.ditjenmiltun.net/151.a_bua_ku_01_07_2017.pdf

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia

(@x_cisadane)


RAPAT PERSIAPAN KEGIATAN REKRUTMEN CALON HAKIM PERADILAN MILITER TAHUN ANGGARAN 2017

01 Agustus 2017

Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer Ditjen Badilmiltun Mahkamah Agung R.I mengadakan rapat persiapan untuk kegiatan Rekrutmen Calon Hakim di Lingkungan Peradilan Militer Tahun Anggaran 2017 yang dilaksanakan di ruang rapat Dirjen Badilmiltun MA-RI dimulai sejak pukul 10.00 Wib sampai dengan pukul 15.30 Wib. Rapat persiapan ini dipimpin langsung oleh Dirjen Badilmiltun, DR. Mulyono, S.H., S.I.P., M.H. dihadiri oleh Dirbin Ganisminmil, Kol. Chk Agung Iswanto, S.H., M.H. serta pejabat eselon III, eselon IV dan staf di unit Ditbin Ganisminmil.

Rapat persiapan masih akan dilanjutkan kembali untuk memastikan kesiapan penyelenggaraan kegiatan di lingkungan Peradilan Militer ini. (drm)


Ditulis oleh firman 31 Juli 2017

Permintaan Peserta Bimtek Pidmil 2017

PERMOHONAN PESERTA BIMBINGAN TEKNIS

KETATALAKSANAAN PERKARA KASASI, PENINJAUAN KEMBALI DAN GRASI PIDANA MILITER

TAHUN 2017

Bahwa dalam rangka melaksanakan kegiatan DIPA tahun 2017, Direktorat Pranata dan Tata Laksana Perkara Pidana Militer akan mengadakan Bimbingan Teknis Ketatalaksanaan Perkara Kasasi, Peninjauan Kembali dan Grasi Pidana Militer pada tanggal 13 September 2017 sampai dengan 15 September 2017 di Surabaya.

Sehubungan dengan hal tersebut, guna menginventarisir peserta yang ikut dalam acara tersebut, di mohon para Kepala Pengadilan Militer untuk mengirimkan data peserta terdiri dari Nama, NRP/NIP, Pangkat/Golongan dan Jabatan, kepada kami selambat-lambatnya tanggal 8 Agustus 2017, PESERTA ADALAH PANITERA ATAU PETUGAS YANG MENANGANI PEMBERKASAN PERKARA.

LAMPIRAN :

Surat Permohonan Nomor : 51/Djmt.4/B/7/2017

Jumlah peserta sesuai lampiran surat diatas


MONITORING DAN EVALUASI KE PTUN PONTIANAK TA 2017

Pontianak -  Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara kembali melaksanakan kegiatan Monitoring untuk tahun anggaran 2017. Kegiatan ini berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 26 s.d 28 Juli 2017. Tim Monitoring yang terdiri dari Dr. H. Yodi Martono Wahyunadi, S.H., M.H. (Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Diltun) selaku Ketua Tim, beranggotakan Hj Sri Agustin Surmaningrum, S.H., M.M. (Kasubdit Pengembangan Tenaga Teknis TUN), Kartono, S.H, M.H. (Kasubdit Pembinaan Administrasi TUN), Yuda Aji Wibawa, S.H., M.H. (Kasi Statistik dan Dokumentasi TUN), Enrico Simanjuntak, S.H., M.H. (Hakim Yustisial) dan Hilda Riandini, A.Md. (Staf Bimbingan dan Monitoring) tiba di Pontianak disambut baik oleh Yudi Rinaldi Surahman, S.H. (Hakim PTUN Pontianak) yang mewakili Ketua PTUN Pontianak, Joni Wanto (Sekretaris PTUN Pontianak), Sri Hastuti Ekawati, S.H. (Panitera) dan beserta keluarga besar pengadilan Tata Usaha Negara Pontianak.

Sesampainya di pengadilan TUN Pontianak, tim monitoring langsung melaksanakan tugas sesuai area masing-masing. Area monitoring ini terdiri dari 6 yaitu Pelaksanaan Pola Bindalmin, SOP, Penyelesaian Perkara, PNBP, Biaya Proses, Sarana dan Prasarana Pengadilan, Pelaksanaan Posyankum,  Aplikasi SIPP, Meja Informasi dan Pengaduan. Metode kerja yang dilakukan dengan cara wawancara serta melakukan observasi dan pemeriksaan fisik buku register induk perkara dan laporan-laporan. Selanjutnya pada hari kedua, tim monitoring kembali melanjutkan kegiatan monitoring dan menyimpulkan hasil, masukan serta saran/rekomendasi. 

Kegiatan diakhiri dengan pemaparan hasil monitoring oleh Direktur Binganismin Diltun, kemudian hasil monitoring ditandatangani oleh Ketua PTUN Pontianak dan diserahkan sebagai bahan evaluasi kedepannya. Dan tak lupa juga Direktur Binganismin Diltun melakukan pembinaan terhadap seluruh Tenaga Teknis dan Struktural serta staf dan honorer berada di pengadilan TUN Pontianak, agar kedepannya dapat meningkatkan kinerja serta pelayanan publik khususnya kepada para pencari keadilan.(hr)


26 Juli 2017

Pengumuman Hasil Eksaminasi Calon Hakim Tinggi TUN TA 2017

Sehubungan dengan keputusan Tim Penguji Eksaminasi Calon Hakim Tinggi Peradilan Tata Usaha Negara Nomor : 412/Djmt/Kep/7/2017 tentang Kelulusan Para Peserta Eksaminasi Calon Hakim Tinggi di Lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara Tahun Anggaran 2017 yang telah dilaksanakan pada tanggal 24 s.d 26 Juli 2017 bertempat di gedung Sekretariat Mahkamah Agung RI Jl Jenderal A. Yani Kav 58 lantai 11 Jakarta Pusat, bersama ini kami sampaikan nama-nama peserta yang dinyatakan lulus berdasarkan alfabet, sebagai berikut :

1. A.K. Setiyono, S.H., M.H.
2. Dr. Bambang Priyambodo, S.H., M.H.
3. H. Bambang Wicaksono, S.H., M.H.
4. Fari Rustandi, S.H., M.H.
5. Guruh Jaya Saputra, S.H., M.H.
6. Herman Baeha, S.H., M.H.
7. Jamres Saraan, S.H., M.H.
8. Kasim, S.H., M.H.
9. Mula Haposan Sirait, S.H., M.H.
10. H. Mustamar, S.H., M.H.
11. H. Satibi Hidayat Umar, S.H.
12. H. Ujang Abdullah, S.H., M.Si.
13. Wenceslaus, S.H., M.H.



25 Juli 2017

EKSAMINASI CALON HAKIM TINGGI DI LINGKUNGAN PERADILAN TUN TAHUN 2017

Jakarta - Selasa, 25 Juli 2017 Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara menyelenggarakan kegiatan Eksaminasi bagi para Calon Hakim Tinggi di lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara Tahun Anggaran 2017 bertempat di Gedung Sekretariat Mahkamah Agung RI Jalan Jend. A. Yani, Jakarta. Sejumlah 13 peserta yang terdiri dari 11 Ketua dan 2 Wakil Ketua dari 13 Satker Pengadilan Tata Usaha Negara mengikuti seleksi tersebut dengan para penguj Dr. Isriwibowo, S.H, M.H. (Ketua PTTUN Jakarta), H. Bambang Edy Sutanto S, S.H., M.H. (Ketua PTTUN Medan), Sulistyo, S.H, M.Hum. (Ketua PTTUN Surabaya), dan H.Syamsul Hadi, S.H. (Ketua PTTUN Makassar).

Kegiatan dibuka oleh Bapak Dr. Yodi Martono Wahyunadi, S.H., M.H. (Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan TUN) untuk memberikan pengarahan kepada seluruh peserta. Pada kesempatan tersebut Direktur menyampaikan bahwa dalam seleksi kali ini para peserta akan diuji dan dituntut untuk dapat menguasai bidang Teknologi Informasi, seiring era perkembangan teknologi  informasi yang semakin canggih, dan kini telah berkembang berbagai software sehingga dapat membantu dalam memberikan pelayanan secara mudah dan efisien. Sebelumnya para peserta eksaminasi diminta untuk mengirimkan softcopy dua salinan putusannya ke Ditjen Badimiltun sebagai salah satu materi uji. Dan diakhir kegiatan, ditutup dengan pembacaan doa oleh bapak H. Ishaka, S.H., M.H (Kasi Mutasi Hakim Diltun).(hr)



JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL


Karya Tulis
Makalah

Tulisan dan Artikel warga Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara ( kirimkan tulisan anda pada kami melalui email ke redaksi@ditjenmiltun.net)

>> Klik disini <<

 
Serba Serbi
 
 
 
Aplikasi MA-RI
SIKEP MA-RI

Why IceTheme Club System Informasi Kepegawaian Online Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses oleh seluruh Pegawai Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Indonesia.

 
Keuangan Perkara

Why IceTheme Club Pelaporan Keuangan Perkara Online berbasis SMS yang bisa diakses dalam interface website ini berguna agar pelaporan keuangan perkara pengadilan ke Mahkamah Agung dapat terupdate secara cepat dan akurat.

 
Kumpulan Putusan

Easy Setup Kumpulan Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses secara online di Portal Mahkamah Agung, modul putusan ini adalah program pelayanan Mahkamah Agung agar masyarakat dapat secara cepat mengetahui putusan yang sudah berkekuatan hukum tetap.

 
 
 
Berita Video

SELAMAT IDUL FITRI 1433H

Lihat Video Lainnya

 
Polling

Bagaimana dengan website kami

 

 

 

  Hasil

 
 

  • banner0.jpg
  • banner01.jpg
  • banner1.jpg
  • banner2.jpg
  • banner3.jpg
  • banner4.png
  • banner5.png
  • banner6.png

informasi Terkini

Transparansi Kami

Keuangan


Seputar Informasi Keuangan Ditjen Badilmiltun

Read more ...

Link Pengadilan dan Instansi Terkait

Informasi Alamat dan Link Website Pengadilan Militer dan Pengadilan Tata Usaha Negara.

Read more ...

Dapur Redaksi

REDAKSI

Read more ...

Kontak Kami & Pengaduan

Email Peradilan Militer

Email Peradilan TUN

Makalah & Artikel

Serba - Serbi

Blog Kami

WEB LINK


User Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday296
mod_vvisit_counterYesterday7006
mod_vvisit_counterThis week18913
mod_vvisit_counterAll days5139586

We have: 93 guests, 4 bots online
Your IP: 23.20.60.138
 , 
Today: Agus 22, 2017

peraturan-button