militer bintek surabayaSURABAYA - Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Militer Ditjen Badilmiltun menggelar acara Bintek Hakim Militer yang bertema “Bimbingan Kompetensi Tenaga Teknis Hakim Militer Guna Meningkatkan Kualitas Putusan” dan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 4 – 6 Mei 2011 bertempat di Garden Palace Hotel Kota Surabaya.

militer bintek surabayaSURABAYA - Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Militer Ditjen Badilmiltun menggelar acara Bintek Hakim Militer yang bertema “Bimbingan Kompetensi Tenaga Teknis Hakim Militer Guna Meningkatkan Kualitas Putusan” dan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 4 – 6 Mei 2011 bertempat di Garden Palace Hotel Kota Surabaya.

Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang peserta hakim militer yang mewakili Dilmil dari seluruh Indonesia dan dibuka oleh Tuada Uldilmil Mahkamah Agung RI, Yang Mulia Bapak H.M. Imron Anwari, SH. SpN. MH. pada hari Rabu tepat pukul 19.00 Wib. Dalam pidato pembukaannya, beliau berpesan agar kegiatan Bintek ini dapat dimanfaatkan oleh para peserta untuk meningkatkan kinerja, pola pikir dan pola tindak dalam membuat putusan yang berkualitas demi terciptanya perangkat hukum yang handal dan profesional di masa kini dan masa mendatang sebagai perwujudan Peradilan yang Agung dan berwibawa dengan bekerja lebih efektif dan efisien sehingga dinamika perubahan bisa berjalan secara terus menerus dan perhatian serta tingkat kepercayaan publik terhadap perangkat peradilan di Mahkamah Agung RI akan menjadi lebih baik lagi. Lebih lanjut beliau mengingatkan agar para aparat peradilan khususnya peradilan militer dalam menyelesaikan suatu perkara harus selalu tanggap dan berusaha memenuhi asas peradilan untuk masyarakat yaitu peradilan yang cepat, mudah dan biaya ringan sesuai dengan Surat Edaran Mahkamah Agung RI No. 6 Tahun 1992. Sementara Kadilmiltama, Mayjen TNI Drs. Burhan Dahlan, SH., MH. dalam sesi pembinaan menambahkan agar para peserta harus lebih mempersiapkan diri untuk menjadi kader-kader penerus sebagai pemimpin yang handal di masa mendatang sehingga dapat melanjutkan pembaharuan-pembaharuan yang lebih kreatif dan inovatif di peradilan militer khususnya serta di Mahkamah Agung RI yang menjadi sentral utama empat lingkungan peradilan.

Kegiatan Bintek ini secara umum berjalan dengan baik dimana semua peserta aktif bertanya, mengeluarkan pendapat, memecahkan masalah, berdiskusi serta menyimak dengan serius pembahasan-pembahasan yang dipandu oleh tiga narasumber yaitu Laksma TNI AR. Tampubolon, SH., MH. yang menjabat sebagai Anggota Pokkimmiltama, lalu Direktur Pratalakmil, Kolonel Chk (purn) H. Santoso, SH., MH. serta Panmud Peradilan Militer Kolonel Chk (K)(purn) Siti Rafeah, SH. Masing-masing narasumber memberikan bahan materi untuk di diskusikan diantaranya Paparan Hasil Eksaminasi Putusan serta Diskusi dan Pembahasan Masalah Teknis Materi, Format dan Administrasi Putusan. Pada bagian akhir acara dihasilkan beberapa makalah tentang permasalahan teknis yang berhasil disusun oleh seluruh peserta sebagai output dari kegiatan Bintek Tenaga Teknis Hakim Militer ini.

Pada hari terakhir, Plt. Dirjen Badilmiltun, Bapak Sonson Basar, SH. memberikan pengarahan dan pembinaan yang sangat berguna untuk bekal para peserta sebagai seorang aparat perangkat hukum. Beliau antara lain mengingatkan tentang pentingnya kesadaran untuk tetap menjunjung tinggi asas keadilan, lurus dan jujur dalam bertindak, konsekuen menjalankan amanah yang diemban dan wajib untuk tetap setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berlandaskan pada Pancasila dan UUD 1945. Acara kegiatan ini ditutup oleh Laksma TNI AR. Tampubolon, SH. MH. pada pukul 11.15 Wib tanggal 6 Mei 2011. Diharapkan seluruh peserta dapat menyerap secara baik semua materi yang dibahas pada acara ini sehingga dapat membawa dinamika pembaharuan yang akan diterapkan di Peradilan Militer masing-masing daerah yang berimplementasi pada meningkatnya nilai dan kualitas putusan peradilan militer yang dihasilkan. (drm)

Share to Social Media

Tekan play untuk mengaktifkan fitur baca