1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

DITJEN APPS




PDFCetakE-mail

 

Penutupan Rakernas MA RI 2011

penutupan rakernasJakarta - Kamis (22/9), bertempat di Hotel Mercure Ancol, pukul 10.00 WIB, digelar acara penutupan Rakernas MA RI yang dilaksanakan mulai tanggal 18 September 2011.  Acara dimulai dengan pembacaan laporan pelaksanaan kegiatan Rakernas MARI 2011 oleh  ketua panitia yang menyebutkan bahwa Rakernas kali ini berbeda dengan rakernas tahun-tahun sebelumnya, dimana rakernas tahun ini menggunakan pendekatan IT yang lebih maksimal. Ia juga menyatakan bahwa pada awalnya ada kekhawatiran akan berhasilnya penyelenggaraan rakernas ini, karena sosialisasi rakernas dilakukan menggunakan portal Rakernas, bagaimana jika ada pengadilan yang tidak tahu informasi, tidak mengakses internet dan membuka portal. Namun kekhawatiran tersebut tampaknya tidak terjadi, Rakernas sukses diselenggarakan dengan dihadiri 1735 peserta dari seluruh peradilan di Indonesia.Penerapan sistem paperless dalam rakernas tahun ini, memunculkan fenomena lainnya, yaitu hilangnya kebiasaan peserta mendatangi para asrot untuk meminta materi, karena seluruh peserta sudah dapat mengakses materi melalui portal Rakernas. Juga dilaporkan bahwa jumlah pengunjung hingga pagi ini adalah 91.566 pengunjung, 59 komentar, 57 berita, 49 materi, 28 informasi/pengumuman.

Acara ditutup langsung oleh Ketua Mahkamah Agung, Harifin Tumpa, dalam sambutannya ia mengucapkan rasa trimakasihnya kepada penanggung jawab, OC, SC, dan seluruh jajaran penyelenggara yang telah mampu mewujudkan Rakernas ini dengan terobosan pemanfaatan teknologi IT dan dengan biaya yang lebih murah. Harifin Tumpa juga menyatakan, bahwa telah banyak hal yang didiskusikan dalam rakernas ini, masalah-masalah yang dihadapi oleh lembaga peradlan, baik masalah teknis, administrasi atau keuangan. “Banyak pekerjaan yang telah diselesaikan, namun banyak pula pekerjaan yang masih menunggu untuk diselesaikan”, ujarnya. Ia juga meyebutkan bahwa Mahkamah Agung telah  menyelesaikan lebih dari 13.800 perkara mulai 2009, jumlah ini adalah jumlah terbesar yang pernah diselesaikan MA, namun ini belum berdampak secara signifikan dengan jumlah tunggakan perkara. Meskipun demikian, ia mengatakan bahwa ia bahagia mendengar bahwa tingkat kepercayaan public terhadap MA meningkat, demikian juga dengan penilaian KPK terhadap Mahkamah Agung.

Akhirnya, setiap peserta Rakernas akan mendapatkan compact disk yang berisi hasil Rakernas Mahkamah Agung 2011.


informasi Terkini

User Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1957
mod_vvisit_counterYesterday6013
mod_vvisit_counterThis week34757
mod_vvisit_counterAll days5742099

We have: 51 guests, 2 bots online
Your IP: 54.162.139.105
 , 
Today: Nov 25, 2017