Ibadah qurban

Bintal :

Ibadah qurban mengingatkan kembali kepada kita tentang kisah Nabi Ibrohim Alaihissalaam.

Dalam surah Al-Baqoroh ayat 124 Alloh berfirman : وَإِذِ ابْتَلَى إِبْرَاهِيمَ رَبُّهُ بِكَلِمَاتٍ فَأَتَمَّهُنَّ
“Dan ketika Nabi Ibrohim diuji oleh Tuhannya dengan beberapa perintah, ternyata Ibrohim lulus memenuhi perintah-perintah tersebut”

Salah satu ujian yang diterima Nabi Ibrohim ialah ketika Alloh memberi titah agar beliau menyembelih anaknya yaitu Nabi Ismail, tentu saja terjadi perang batin dalam diri Nabi Ibrohim, apakah harus patuh kepada Alloh atau patuh kepada hawa nafsu ?, tetapi kemudian Nabi Ibrohim dan Ismail pun tunduk dan patuh serta sabar melaksanakan perintah dan ujian dari tuhannya, sehingga dengan ketaatan dan kesabaran mereka itu Alloh memberikan ganti sembelihan dengan seekor kambing gibas dari sorga.
Nabi Ibrahim dan Ismail telah memberikan inspirasi kepada kita arti dari sebuah ketunduk patuhan, tawakal dan sikap sabar yang sangat luar biasa.
Nabi Ibrahim dan Ismail telah mengajarkan kepada kita bahwa untuk bisa mengalahkan hawa nafsu itu memerlukan perjuangan dan keikhlasan yang tinggi memang tidak mudah untuk bisa taat kepada Alloh, karena kita harus memenangkan peperangan dalam menghadapi bujukan syetan yang ada pada diri kita. memang tidak mudah untuk bisa masuk sorga karena sorga itu memang dipagari dengan berbagai hal yang membencikan. sebagaimana sabda Rosululloh SAW:

حُجِبَتِ الْجَنَّةُ بِالْمَكَارِهِ وَحُجِبَتِ النَّارُ بِالشَّهوَاتِ
“sorga itu dipagari dengan hal-hal yang membencikan, dan sebaliknya adapun neraka dipagari dengan hal-hal yang menyenangkan.”
Maka dengan ketaqwaan dan kesabaran itulah diantaranya yang menjadikan kita layak sebagai calon penghuni sorga.

Penyembelihan Ismail AS



Share to Social Media

Tekan play untuk mengaktifkan fitur baca