Berita & Informasi

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Penerapan Aplikasi SIPP Lingkungan Peradilan Militer Di Dilmilti III dan Dilmil III-12 Surabaya

 

Pada tanggal 24-26 Agustus 2016, Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer kembali melakukan kegiatan Monev SIPP ke satker Dilmilti III dan Dilmil III-12 Surabaya guna melanjutkan program dukungan pada pelaksanaan implementasi aplikasi SIPP terintegrasi 4 lingkungan Peradilan di satuan kerja peradilan militer. Tim Monev SIPP Ditbin Ganisminmil dibagi menjadi dua, Tim 1 dipimpin oleh Sutikno Effendi, S.H. beranggotakan Hari Arief Darmawan, S.H. dan Arianie Amanda, S.E. melakukan monitoring dan evaluasi untuk Dilmilti III Surabaya, sedangkan Tim 2 dipimpin oleh Arif Zainuri, S.H., M.H. beranggotakan Serka TTU/W Dede Santi Oktavia dan Nandayu Anisa Ajitrisnani, S.T. melakukan monitoring dan evaluasi untuk Dilmil III-12 Surabaya.

Seperti kegiatan Monev SIPP sebelumnya, misi yang diemban tetap sama, yaitu melihat sampai sejauh mana pelaksanaan penerapan aplikasi SIPP di satker tujuan, check infrastruktur yang tersedia, pendampingan terhadap user aplikasi SIPP, inventarisasi masukan dan pemetaan masalah sekaligus pemberian solusinya, sosialisasi kebijakan pimpinan Mahkamah Agung R.I. mengenai pedoman pelaksanaan aplikasi SIPP terintegrasi 4 (empat) lingkungan Peradilan serta penandatanganan Surat Pernyataan Berkomitmen oleh Kadilmilti III dan Kadilmil III-12 Surabaya yang isinya mendukung penuh pelaksanaan implementasi aplikasi SIPP di satkernya masing-masing secara maksimal. Tiba di Surabaya, rombongan Tim Monev SIPP Ditbin Ganisminmil di terima oleh Kadilmilti III Surabaya, Kolonel Laut (KH/W) Sinoeng Hardjanti, S.H., M.H. dan Kadilmil III-12 Surabaya, Letkol Laut (KH) Hari Aji Sugianto, S.H. beserta jajaran pejabat dan staf di kedua satker tersebut. Pada hari itu juga langsung diadakan koordinasi awal untuk merencanakan kegiatan yang akan dilaksanakan. Pada keesokan harinya, kamis tanggal 25 Agustus 2016 kegiatan diawali dengan sesi forum diskusi umum yang diadakan di ruang rapat Dilmilti III Surabaya dengan peserta diskusi para pejabat dan staf kedua satker yang berkaitan dengan aplikasi SIPP dan proses perkara. Cukup banyak permasalahan-permasalahan teknis maupun non teknis yang berhasil dihimpun pada sesi ini, ada beberapa permasalahan teknis yang bisa dicarikan solusinya saat itu, namun banyak juga permasalahan yang membutuhkan kebijakan pimpinan tingkat pusat seperti bagaimana menyikapi perbedaan proses perkara di peradilan militer yang notabene ada beberapa proses yang berbeda dengan proses perkara dengan 3 lingkungan peradilan lainnya, peradilan umum, agama dan TUN. sedangkan permasalahan yang berhubungan dengan faktor non teknis adalah prosedur penghapusan perkara di aplikasi SIPP, kesepakatan data perkara yang wajib di input di aplikasi SIPP serta beberapa hal lain. Kemudian pada sesi selanjutnya Tim bergerak terbagi dua, Tim 1 melaksanakan check on the spot di Dilmilti III Surabaya dan Tim 2 di Dilmilti III-12 Surabaya, meliputi monitoring infrastruktur pendukung aplikasi SIPP, check implementasi pelaksanaan SIPP ke user yang berwenang, check pelaksanaan prosedur penggunaan aplikasi SIPP dan ditutup dengan sesi simulasi proses input data perkara melalui aplikasi SIPP sampai dengan selesai (tahapan minutasi) oleh user yang berwenang.

Dari hasil monitoring dan evaluasi yang sudah dilaksanakan banyak didapat catatan, masukan dan pemetaan permasalahan teknis maupun non teknis yang dihasilkan sebagai pertimbangan bagi Tim Development SIPP agar dapat lebih menyempurnakan aplikasi secara teknis dan juga sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan oleh para pimpinan instansi Mahkamah Agung R.I. khususnya bagi Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer terkait pelaksanaan penerapan aplikasi SIPP. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan Monitoring dan Evaluasi aplikasi SIPP di lingkungan Peradilan Militer ini dapat lebih bisa meningkatkan hasil pelaksanaan aplikasi di satker Dilmilti III dan Dilmil III-12 Surabaya sekaligus juga dapat memberi masukan demi kesempurnaan aplikasi SIPP di masa mendatang. (drm)

Dokumentasi Foto

Dokumentasi Video

Share to Social Media

Tekan play untuk mengaktifkan fitur baca