1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

DITJEN APPS




Peradilan Tata Usaha Negara


PDFCetakE-mail

Senin, 06 November 2017

Perpisahan Dirbinganismintun, Yodi Martono Wahyunadi, Dengan Para Pejabat Struktural dan Staf di Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara

Jakarta - Selasa, 6 November 2017, diadakan acara perpisahan  Direktur Binganismin TUN dengan para Pejabat Struktural dan Staf di Lingkungan Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara. Karena pada keesokan harinya, Dr. H. Yodi Martono Wahyunadi, S.H., M.H. sudah dilantik menjadi Hakim Agung dan secara otomatis tidak lagi memimpin Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara. Acara perpisahan tersebut berjalan dengan sederhana dan cukup singkat, namun tidak kehilangan maknanya.

Selamat dan sukses kepada Bapak Dr. H. Yodi Martono Wahyunadi, S.H., M.H., selamat menjalankan tugas sebagai Hakim Agung, terimakasih atas bimbingan selama di Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Tata Usaha Negara, teriring doa kami dari segenap keluarga besar Badan Peradilan Militer dan Tata Usaha Negara. (ns)


PDFCetakE-mail

Senin, 06 November 2017

Kegiatan FGD Pengembangan Modul Monitoring dan Evaluation Pelatihan Berkelanjutan untuk Hakim TUN Putaran Kedua

Jakarta, selama dua hari (2–3 November 2017) bertempat di Hotel Akmani, Jl. KH. Wahid Hasyim No. 91, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat diadakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan Modul Monitoring dan Evaluation (monev) Pelatihan Berkelanjutan untuk Hakim dan Panitera PTUN. Maksud dan tujuan utama dari kegiatan monev yang akan dilakukan pada tahun 2018 nanti adalah untuk mengukur bagaimana efektifitas berbagai pelatihan yang telah diadakan selama kurun waktu tahun 2017, termasuk Diklat Sengketa TUN khusus bagi para Panitera PTUN pada Oktober 2016 lalu. Kegiatan FGD ini dimulai pukul 19.30 WIB (Kamis, 2 November 2017) dan sekaligus dibuka oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara Ditjenmiltun, Dr. H. Yodi Martono Wahyunadi, S.H., M.H. Kegiatan ini dihadiri oleh Dr. Arifin Marpung, S.H., M.Hum. (Wakil Ketua PTTUN), H. Lulik Tri Cahyaningrum (Hakim Tinggi Bawas MARI), Ujang Abdullah, S.H., M.Si (Ketua PTUN Jakarta), Sudarsono, S.H., M.H. (Hakim Yustisal Ditjenmiltun) dan Enrico Simanjuntak, S.H., M.H. (Hakim Yustisial Ditjenmiltun). Sedangkan dari pihak EU-Sustain-UNDP diwakili oleh Bpk. Robby Rahman, Bernadeta Yuni, Tyas Purbasari, Adinda Sekar Prastantri. Dalam arahannya Dirbinganismin Diltun, menyampaikan agar materi Monev yang akan disusun selama dua hari ini mampu mengarahkan dan mengembangkan sepenuhnya bagaimana kemampuan kepemimpinan (leadership) dari para Ketua PTUN dan para Hakim Peratun. Selain itu, materi Monev yang akan disusun diharapkan sekaligus mampu untuk menangkap dan mengidentifikasi manfaat nyata yang berdampak bagi peningkatan kualitas pelayanan organisasi kepada publik dari setiap kegiatan Diklat yang diadakan oleh Ditjenmiltun bekerjasama dengan EU SUSTAIN UNDP selama tahun 2017 ini. Materi pertanyaan yang akan disusun nantinya akan ditindaklanjuti dengan kunjungan langsung (on the spot) ke 5 (lima) sampel PTUN yang sebagai representasi unit kerja yang akan dilakukan monitoring dan evaluation.(enrico/ns)

PDFCetakE-mail

Kamis, 02 November 2017

Rapat Evaluasi Materi dan Kegiatan Pelaksanaan Akreditasi Penjaminan Mutu Peradilan Tata Usaha Negara Tahun 2017

Jakarta - Pada hari Rabu, 1 November 2017, Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara menyelenggarakan Rapat Evaluasi Bahan dan Kegiatan Pelaksanaan Akreditasi Peratun Tahun 2017 yang dihadiri oleh para Assessor dari Ditjen Badilmiltun. Rapat dipimpin oleh Boy Mirwadi, S.H., M.H, Hakim Tinggi PTTUN Jakarta mengantikan Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi yang berhalangan hadir karena harus menghadiri agenda rapat lainnya. Didalam rapat tersebut dibahas mengenai masukan-masukan dan koreksi terhadap materi Akreditasi, termasuk juga menelaah/membandingkan Akreditasi Peratun dengan konsep penjaminan mutu dari ICCE (International Consortium for Court Excellent) dan ICPE (Indonesian Court Performance Excellent). Selain itu dibicarakan juga mengenai kekurangan-kekurangan dalam pelaksanaan akreditasi, yaitu pada saat Tim Assessor turun ke lapangan (ke satker Pengadilan). Diharapkan dengan adanya evaluasi ini, pada Akreditasi Peratun Tahun 2018 akan menjadi lebih baik lagi. Hasil rapat kemudian akan dilaporkan kepada Direktur untuk mendapatkan arahan selanjutnya. (ns)


PDFCetakE-mail

Kamis, 26 Oktober 2017

Pelaksanaan Akreditasi Penjaminan Mutu PTUN Jakarta

Jakarta - Masih dalam rangkaian kegiatan akreditasi Peradilan Tata Usaha Negara, pada hari Kamis - Jumat, tanggal 19-20 Oktober 2017, Tim Akreditasi dari Ditjen Badilmiltun melaksanakan assessment di PTUN Jakarta. Tim diterima oleh Ketua PTUN Jakarta, H. Ujang Abdullah, S.H., M.Si di Ruang Ketua. Selanjutnya seluruh pegawai dan tenaga teknis di PTUN Jakarta berkumpul di Ruang Sidang Utama untuk dibacakan taklimat awal oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan TUN, Dr. H. Yodi Martono Wahyunadi, S.H., M.H. Selanjutnya tim langsung melakukan ssessment dengan memeriksa evidence, wawancara dan memeriksa langsung kondisi di setiap bagian. Pemeriksaan masih berlanjut keesokan harinya, dan pada sore harinya diumumkan langsung hasil akreditasi PTUN Jakarta oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis. (ns)

PDFCetakE-mail

Jumat, 20 Oktober 2017

Tim Akreditasi Ditjen Badilmiltun Melaksanakan Assesment  pada PTUN Serang

Tim Akreditasi Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara kembali melaksanakan Akreditasi Penjaminan Mutu. Sesudah melaksanakan Akreditasi Penjaminan Mutu di Pengadilan Tata Usaha Negara Bandung dan Pengadilan Tata Usaha Negara Tanjung Pinang, pada tanggal 16-18 Oktober 2017 kemarin Tim Akreditasi melaksanan assesmen di Pengadilan Tata Usaha Negara Serang.

Tim yang diketuai Bapak Boy Mirwadi, S.H. memulai rangkaian proses Akreditasi dengan melaksanakan Taklimat Awal di Pengadilan TUN Tanjung Pinang pada hari Senin tanggal 16 Oktober 2017, yang dihadiri oleh seluruh warga Pengadilan Tata Usaha Negara Serang. Sesudah Taklimat Awal, Tim Akreditasi mulai bergerak melakukan proses pemeriksaan/validasi pada semua area yang telah ditentukan hingga hari terakhir pada 18 Oktober 2017. Dalam Akreditasi ini, Tim mendapatkan beberapa temuan dan memberikan beberapa catatan serta saran perbaikan bagi Pengadilan Tata Usaha Negara Serang agar segera diperbaiki dan disempurnakan.

Rangkaian Proses Akreditasi Penjaminan Mutu di Pengadilan Tata Usaha Negara Serang ini ditutup dengan Taklimat Akhir, yang diantaranya terdiri atas Pembacaan Kesimpulan Hasil Assesment, Pemberitahuan Hasil Assesmen serta rekomendasi batas waktu perbaikan, dan Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Ketua Tim Assesmen dan Pimpinan Assessee tentang komitmen untuk menindaklanjuti dan memperbaiki catatan hasil temuan dalam jangka waktu yang telah disepakati.(sudarsono/hr)




JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL


informasi Terkini

User Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday2309
mod_vvisit_counterYesterday5634
mod_vvisit_counterThis week10944
mod_vvisit_counterAll days8218635

We have: 79 guests, 1 members, 4 bots online
Your IP: 3.231.226.211
 , 
Today: Nov 12, 2019