1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

20 Februari 2018

Permintaan Pengiriman Data Dukung Persekot Pegawai 

Berdasarkan Surat dari Kepala Biro Keuangan Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI Nomor : B - 07/Bua.3/KU.01/02/2018 tanggal 20 Februari 2018 perihal tentang Permintaan Pengiriman Data Dukung Persekot Pegawai, maka dengan ini disampaikan Surat Pemberitahuan yang ditujukan Kepada Yang Terhormat Kuasa Pengguna Anggaran Pengadilan Tingkat Banding (sesuai daftar terlampir) dan Kuasa Pengguna Anggaran Pengadilan Tingkat Pertama (sesuai daftar terlampir), mengenai data hasil monitoring pelunasan persekot pegawai tahun anggaran 2017 per-tanggal 19 Februari 2018. Berdasarkan hal tersebut, dimohon untuk satuan kerja yang belum melengkapi data dukung pelunasan persekot gaji agar segera melengkapi data dukung dokumen pelunasan persekot pada Aplikasi Komdanas. 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunduh Surat Pemberitahuannya melalui tautan berikut : http://www.ditjenmiltun.net/b_07_bua3_ku_01_02_2018.pdf

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia 

(@x_cisadane)


20 Februari 2018

Pemberitahuan Perihal Dokumen Pendukung Laporan Keuangan Perkara  

Berdasarkan surat Dirjen Badilmiltun No. 251/DJMT/B/2/2018 tanggal 05 Februari 2018 perihal Permintaan Dokumen Pendukung Laporan Keuangan Perkara, bersama ini kami beritahukan satker yang belum mengirimkan dokumen yang dimaksud,  yaitu :

PTTUN Medan

Agar segera mungkin mengirimkan data pendukung tersebut, berupa :

1. Rekening koran keuangan perkara per tanggal 31 Desember 2017

2. Berita Acara Penutupan Kas keuangan perkara tahun 2017 (file pdf)

Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.


19 Februari 2018

Rapat Pembahasan Draft PERMA tentang Implementasi Teknologi Informasi dalam Administrasi Perkara di Pengadilan (Hari Pertama) 


Jakarta - ditjenmiltun.net. Berkenaan telah dilakukannya kegiatan pengkajian dan pengamatan langsung terkait pendaftaran, pembayaran dan pemanggilan secara elektronik di Pengadilan, maka Mahkamah Agung menyelenggarakan kegiatan rapat penyusunan dasar hukum, peraturan (role), kebijakan dan hal-hal yang berkaitan dengan aspek legal dalam implementasi Teknologi Informasi dalam Administrasi Perkara di Pengadilan. Kegiatan ini berlangsung selama 3 (hari), yaitu dari tanggal 19 Februari 2018 sampai dengan tanggal 21 Februari 2018 bertempat di The Media Hotel & Tower, Jl. Gunung Sahari Raya No. 3 Jakarta. Pada hari pertama, kegiatan dibuka pada pukul 19.30 WIB dengan kata pengantar dari Dr. Syamsul Maarif S.H., L.L.M, Ph.D. (Hakim Agung), kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Soltoni Mohdally S.H., M.H. (Ketua Kamar Perdata). 

Pada hari pertama dilakukan paparan pembahasan Konsep Rancangan (Draft) PERMA Implementasi Teknologi Informasi dalam Administrasi Perkara di Pengadilan oleh Aria Suyudi, S.H., L.L.M (Tim Asistensi Pembaruan Peradilan Mahkamah Agung). Menurut Aria Suyudi, S.H., L.L.M, saat ini Mahkamah Agung sedang bertransformasi menuju Peradilan yang Agung (modern, berbasikan teknologi informasi) dimana pada saat ini pengadilan dituntut agar dapat mengatasi segala hambatan dan rintangan sehingga peradilan yang sederhana, cepat dan berbiaya ringan dapat terwujud. Disamping itu tuntutan para pencari keadilan yang seiring dengan perkembangan zaman mewajibkan pelayanan administrasi perkara di pengadilan agar mengimplementasikan teknologi informasi untuk mempermudah access to justice, dengan demikian diharapkan Mahkamah Agung dapat mengatur hal-hal yang diperlukan bagi kelancaran penyelenggaraan administrasi perkara di pengadilan yang berbasikan teknologi informasi. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka diperlukanlah penyusunan, pembahasan, penetapan dan pengesahan PERMA tentang Implementasi Teknologi Informasi dalam Administrasi Perkara di Pengadilan oleh Mahkamah Agung RI. 

Turut hadir pula dalam kegiatan ini beberapa Hakim Agung, Pejabat Eselon II, Pejabat Eselon III dan Perwakilannya di lingkungan Mahkamah Agung RI dan Direktorat Jenderal Badan Peradilan, Perwakilan Kepaniteraan Mahkamah Agung RI, Perwakilan Ketua Pengadilan Negeri se-Jakarta, Tim Asistensi Pembaruan Peradilan, Perwakilan Tim Development Mahkamah Agung RI, adapun Perwakilan dari Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara, yaitu : 

  1. Sudarsono, S.H., M.H. (Hakim Yustisial pada Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara. 
  2. Ambar Sri Susilowati S.H., M.H. (Kepala Sub. Direktorat Pembinaan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara). 
  3. Stefanus Dwi Putra Medisa, S.Kom (selaku Perwakilan Tim Development pada Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara)

(@x_cisadane)


19 Februari 2018

Tindak Lanjut Sosialisasi Peraturan Menteri Keuangan Nomor 182/PMK.05/2017 

Berdasarkan Surat Kepala Biro Keuangan Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI Nomor : B.05/Bua.3/KU.01/02/2018 tanggal 8 Februari 2018 perihal Tindak Lanjut Sosialisasi Peraturan Menteri Keuangan Nomor : 182/PMK.05/2017, maka dengan ini disampaikan Surat Pemberitahuan yang ditujukan Kepada Yang Terhormat Kuasa Pengguna Anggaran di 4 (empat) Lingkungan Peradilan di Seluruh Indonesia. 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunduh Surat Pemberitahuannya melalui tautan berikut : http://www.ditjenmiltun.net/b_05_bua3_ku01_02_2018.pdf

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia 

(@x_cisadane)


19 Februari 2018

Pelaksanaan Ujian Dinas Elektronik (e-Exam) pada Mahkamah Agung RI tahun 2018 

Berdasarkan Surat Dari Kepala Biro Kepegawaian Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI Nomor : 17/Bua.2/Kp.04.I/2/2018 tanggal 19 Februari 2018 perihal Pelaksanaan Ujian Dinas Elektronik (e-EXAM) pada Mahkamah Mahkamah Agung RI tahun 2018, serta menindaklanjuti Surat dari Sekretaris Mahkamah Agung RI tanggal 15 Desember 2017 Nomor : 58/SEK/SK/12/2017 perihal Pelaksanaan Ujian Dinas Elektronik (e-EXAM) pada Mahkamah Mahkamah Agung Republik Indonesia, dengan ini kami sampaikan Surat Pemberitahuan mengenai Pelaksanaan Ujian Dinas Elektronik (e-EXAM) yang ditujukan Kepada Yang Terhormat Para Pejabat Eselon I di lingkungan Mahkamah Agung RI, Para Kepala Biro di lingkungan Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI, Para Ketua/Kepala Pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama pada 4 (empat) Lingkungan Peradilan. 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunduh Surat Pemberitahuannya melalui tautan berikut : http://www.ditjenmiltun.net/17_bua_2_kp_04_1_2_2018.pdf

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia 

(@x_cisadane)


19 Februari 2018

Permintaan Dokumen Laporan PNBP Perkara

Menindaklanjuti Surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor : 91/SEK/KU.00/02/2018 tanggal 12 Februari 2018 perihal sebagaimana tersebut pada pokok surat, maka dengan ini diinstruksikan kepada Saudara untuk segera memenuhi permintaan dokumen Laporan PNBP Perkara (terlampir) dengan ketentuan sebagai berikut : 

  1. Laporan dikirimkan dengan format excel dan pdf setelah ditandatangani Ketua Pengadilan dan distempel. 
  2. Laporan dikirimkan melalui email dengan alamat Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya dengan subyek Satker-Wilayah.dokumen PNBP BPK 2018. Contoh : PT.TUN Jakarta.Dokumen PNBP BPK 2018
  3. Laporan diterima Ditjen Badilmiltun paling lambat tanggal 20 Februari 2018
  4. Meningat pentingnya permintaan dokumen tersebut, diminta kepada Pimpinan Pengadilan untuk melakukan pengawasan dalam proses pengisian dan memastikan data yang dikirim sudah benar.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunduh Surat Pemberitahuan dan Lampirannya melalui tautan berikut : 

(@x_cisadane)


15 Februari 2018

Pembukaan Rekening Tabungan Bank Bagi CPNS/Calon Hakim Mahkamah Agung RI tahun 2017 

Berdasarkan Surat Dari Kepala Biro Kepegawaian Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI Nomor : 85/Bua.2/07/02/2018 tanggal 15 Februari 2018 perihal tentang Pembukaan Rekening Tabungan Bank Bagi CPNS/Calon Hakim Mahkamah Agung RI tahun 2017, serta Menindaklanjuti Surat Sekretaris Mahkamah Agung RI tanggal 12 Februari 2018 Nomor : 90/SEK/KP.00.3/2/2018 perihal Penempatan, Pembinaan, Administrasi, dah Hak-hak Kepegawaian CPNS/Calon Hakim, maka dengan ini disampaikan Surat Pemberitahuan yang ditujukan Kepada Yang Terhormat Para CPNS/Calon Hakim. 

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka perlu diberitahukan hal-hal  sebagai berikut : 

  1. Surat Kepala Biro Kepegawaian. 
  2. Lampiran I Daftar Nama Bank Rekanan. 
  3. Lampiran II Surat Pernyataan Kepemilikan Nomor Rekening. 
  4. Lampiran III Formulir Rekening Tabungan Bank CPNS/Calon Hakim. 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunduh Surat Pemberitahuan dan Lampirannya melalui tautan berikut : 

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia 

(@x_cisadane)


15 Februari 2018

Pendaftaran Calon Asisten Hakim Agung/ Panitera Pengganti Mahkamah Agung Tahun 2018

Sehubungan dengan adanya formasi jabatan Asisten Hakim Agung/ Panitera Pengganti Mahkamah Agung pada Kamar Peradilan tata Usaha Negara Mahkamah Agung RI, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara akan melaksanakan Tes Kemampuan Teknis Hukum dan Penilaian (profile assesment) bagi hakim.

Untuk informasi selengkapnya, silahkan unduh surat pada link dibawah ini :

*Suratnya

(hr)


13 Februari 2018

Pemberitahuan Terkait Penyelenggaraan Kegiatan Laporan Tahunan Mahkamah Agung dan Persiapan Pelaksanaan Kegiatan Kampung Hukum Mahkamah Agung 

Dalam rangka penyelenggaraan kegiatan Laporan Tahunan Mahkamah Agung tahun 2017 dan persiapan Pelaksanaan Kegiatan Pameran Kampung Hukum Mahkamah Agung tahun 2018 yang akan dilaksanakan pada tanggal 01 Maret 2018, berdasarkan hasil rapat persiapan penyelenggaraan kegiatan Pameran Kampung Hukum Mahkamah Agung tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara pada tanggal 12 Februari 2018, dengan ini diinstruksikan kepada seluruh jajaran Pengadilan Militer, Pengadilan Tata Usaha Negara dan Pengadilan Pajak agar segera mengirimkan video profile inovasi, aplikasi unggulan (inovasi) maupun dokumentasi foto-foto inovasi pengadilan melalui email ke Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya paling lambat tanggal 20 Februari 2018. 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunduh Surat Pemberitahuannya melalui tautan berikut : http://www.ditjenmiltun.net/Surat_Pemberitahuan_Pameran_Kampung_Hukum.pdf

(@x_cisadane)


13 Februari 2018

Permintaan Dokumen 

Sekretaris Mahkamah Agung A.S Pudjoharsoyo meminta kepada Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama, dan Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan TUN untuk memenuhi permintaan dokumen terkait Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari pendaftaran biaya perkara, hak redaksi, sisa panjar biaya perkara dan PNBP lainnya pada Pengadilan Tingkat Pertama (PN, PA, PTUN) dan Pengadilan Tingkat  Banding (PT,PTA,PTIUN) yang  berada di bawah Mahkamah Agung RI. Permintaan ini sehubungan dengan surat Ketua Tim Badan Pemeriksa Keuangan RI Nomor : 02/LK-MA/02/2018 tanggal 09 Februari 2018. 

Dokumen tersebut diharapkan dapat dikirimkan kepada Tim BPK melalui alamat email : Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya  dan Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya  dengan tembusan ke Mahkamah Agung cq Bagian PNBP Biro Keuangan alamat email : Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya  dokumen tersebut  diterima paling lambat tanggal 21 Februari 2018

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunduh Surat Pemberitahuannya melalui tautan berikut : http://www.ditjenmiltun.net/91_sek_ku_00_02_2018.pdf

Pengumuman ini dikutip dari Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia 

(@x_cisadane)



JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL


Karya Tulis
Makalah

Tulisan dan Artikel warga Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara ( kirimkan tulisan anda pada kami melalui email ke redaksi@ditjenmiltun.net)

>> Klik disini <<

 
Serba Serbi
 
 
 
Aplikasi MA-RI
SIKEP MA-RI

Why IceTheme Club System Informasi Kepegawaian Online Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses oleh seluruh Pegawai Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Indonesia.

 
Keuangan Perkara

Why IceTheme Club Pelaporan Keuangan Perkara Online berbasis SMS yang bisa diakses dalam interface website ini berguna agar pelaporan keuangan perkara pengadilan ke Mahkamah Agung dapat terupdate secara cepat dan akurat.

 
Kumpulan Putusan

Easy Setup Kumpulan Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bisa diakses secara online di Portal Mahkamah Agung, modul putusan ini adalah program pelayanan Mahkamah Agung agar masyarakat dapat secara cepat mengetahui putusan yang sudah berkekuatan hukum tetap.

 
 
 
Berita Video

SELAMAT IDUL FITRI 1433H

Lihat Video Lainnya

 
Polling

Bagaimana dengan website kami

 

 

 

  Hasil

 
 

  • banner 1.jpg
  • banner 2.jpg
  • banner 3.jpg
  • banner 4.jpg
  • banner 5.jpg

informasi Terkini

Transparansi Kami

Keuangan


Seputar Informasi Keuangan Ditjen Badilmiltun

Read more ...

Link Pengadilan dan Instansi Terkait

Informasi Alamat dan Link Website Pengadilan Militer dan Pengadilan Tata Usaha Negara.

Read more ...

Dapur Redaksi

REDAKSI

Read more ...

Kontak Kami & Pengaduan

Email Peradilan Militer

Email Peradilan TUN

Makalah & Artikel

Serba - Serbi

Blog Kami

WEB LINK


User Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1035
mod_vvisit_counterYesterday1547
mod_vvisit_counterThis week13264
mod_vvisit_counterAll days6576599

We have: 45 guests, 1 bots online
Your IP: 54.166.212.152
 , 
Today: Mei 25, 2018

peraturan-button